Berikut ini contoh RPP Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017: 1.1.2 Tema 1: Diriku. Subtema 1: Aku dan Teman Baru. Pembelajaran 2.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK TERPADU
(RPP 1.1.2)
Sekolah : SDN Cikaro 1
Kelas/Semester : I/1 (Satu)
Tema : 1. Diriku
Subtema: : 1.1 Aku dan Teman Baru
Pembelajaran : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 5 X 35 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
- Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Bahasa Indonesia
3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah. 4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan. |
·• berjalan lurus ke satu arah dengan tepat
·• bekerjasama dengan teman |
PJOK
3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. |
· • mengikuti aturan sebuah permainan
·• mengingat nama lengkap dan panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain |
C. Tujuan Pembelajaran
- Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
- Dengan permainan sederhana, siswa dapat bekerjasama dengan teman.
- Dengan bermain “cerita teman”, siswa dapat mengikuti aturan sebuah permainan.
- Setelah bermain “cerita teman”, siswa dapat mengingat nama lengkap dan panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain.
D. Materi Pembelajaran
- Berjalan lurus ke satu arah
- Bekerjasama dengan teman
- Mengikuti aturan sebuah permainan
- Mengingat nama lengkap dan panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain
- Bergerak Bersama Teman
- Bermain sambil Mengenal Teman Baru
E. Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Permainan
- Penugasan
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Pembuka
- Guru memberi salam kepada siswa saat akan memulai pelajaran.
- Guru menanyakan kabar kepada siswa.
“Bagaimana keadaan kalian? Sehat?”
“Apakah kalian masih ingat nama teman-teman baru?”
- Guru menunjuk salah satu siswa dan meminta siswa tersebut untuk mengingat 3-5 nama teman baru sambil menunjuk teman yang dimaksud.
Kegiatan ini dilakukan dua kali, sekadar pengulangan untuk mengamati apakah para siswa masih ingat nama teman barunya.
Bisa juga metode bentuk pengulangan materi dengan menyanyikan lagu “Siapa Namamu?”
- Setelah kegiatan pengulangan, lalu guru memulai pembelajaran.
- Kegiatan Inti
- Guru menyampaikan kepada siswa mereka akan bermain di luar kelas.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, perempuan dan laki-laki terpisah.
- Guru meminta setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke belakang. Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di depannya.
Semua barisan kelompok berdiri di garis awal yang sudah ditentukan oleh guru. Setelah diberi aba-aba, semua kelompok akan berlomba berjalan lurus ke satu arah menuju garis akhir yang sudah diberi tanda oleh guru.
- Guru mengulangi kegiatan ini sebanyak dua kali. Siswa yang tadi berdiri paling depan pindah ke urutan paling akhir, lalu siswa yang berdiri di urutan kedua maju menjadi siswa yang paling depan.
- Setelah kegiatan bermain di luar selesai, siswa dipersilakan beristirahat di dalam kelas.
- Selesai beristirahat, guru mengajak siswa bermain “Cerita Teman” untuk mengenal lebih dekat teman barunya. Siswa akan berbagi informasi mengenai nama lengkap dan panggilan teman yang duduk di sebelahnya.
- Guru meminta siswa kembali berkumpul bersama teman kelompok yang sama saat bermain di luar kelas dan membentuk lingkaran.
- Guru memberi contoh cara bermain “Cerita Teman” (Lihat Buku Siswa halaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok.
- Setiap kelompok memilih teman yang akan memberi aba-aba dalam permainan tersebut.
- Siswa yang menerima saputangan mengucapkan terima kasih sebelum dan sesudah mengenalkan teman di sebelah kanannya.
- Siswa kedua yang menerima saputangan juga melakukan hal yang sama.
- Begitu seterusnya sampai semua siswa mendapat giliran.
- Siswa yang lain mendengar dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai.
- Kegiatan Penutup
- Setelah selesai, guru melakukan refleksi bersama siswa. Guru dan siswa menyimpulkan bahwa semua siswa mempunyai nama lengkap dan panggilan. Nama-nama mereka semuanya bagus. Adanya nama membuat kita menjadi saling mengenal.
- Refleksi ditutup dengan doa karena kegiatan hari ini telah selesai. Guru memimpin doa. Guru mengingatkan siswa agar selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan di rumah.
- Guru memberikan salam penutup, siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
G. Penilaian Pembelajaran
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
Penilaian pengetahuan:
-Tes tertulis
(Guru meminta siswa menyebutkan 5 nama panggilan dan lengkap teman baru di kelas. Selain itu bisa guru mengembangkan jenis pertanyaan yang akan diberikan, misalnya siswa menyebutkan nama teman sambil menunjuk orang yang dimaksudatau menyebutkan ciri-ciri teman tersebut
Penilaian Keterampilan
Penilaian Unjuk kerja: Berjalan lurus ke satu arah
No. |
Nama Siswa |
Kriteria |
Predikat |
|||
Berbaris lurus memegang pundak |
Berjalan lurus ke satu arah |
Mulai dan berhenti berjalan sesuai aba-aba |
Rapi dan teratur |
|||
Penilaian: Unjuk kerja: Memperkenalkan teman lewat permainan
Kriteria |
Baik Sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu Pendampingan |
1. Kemampuan memperkenalkan teman di kelas. | Siswa mampu menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman di kelas dengan mandiri. | Siswa mampu menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman di kelas dengan arahan dari guru satu kali. | Siswa mampu menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman di kelas dengan arahan dari guru lebih dari satu kali. | Siswa belum mampu menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman di kelas. |
2. Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan. | Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengarahan ulang. | Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan ulang. | Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan, tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang. | Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan. |
H. Media dan Alat Pembelajaran
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Buku siswa SD/MI Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1 Halaman 9-11.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas I. Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1 Halaman 9-15.
- Saputangan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
……………………………… NIP. ………………………… |
Ibun, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran
Ii Syamsul Farid, S.Pd. NIP. 19680514 199301 1 001 |
Buka RPP 1.1.3 Tematik Terpadu Kelas 1 : di sini ….
Daftar RPP Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Sumber:
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Buku siswa SD/MI Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas I. Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Hands-Out Bahan Pelatihan Materi Umum Materi Pokok Sekolah Dasar.