Lembar Soal Penilaian Teks Diskusi

0
125

Berdasarkan kisi-kisi soal yang telah disusun, maka dirumuskan butir soal pada lembar soal penilaian teks diskusi sebagai berikut.

Lihat: Kisi-kisi Penilaian Teks Diskusi

Pilihlah pada jawaban yang paling tepat!

  1.  Bacalah kutipan teks berikut!

Bu…, aku malu kepada Allah! Dia terima hanya 10 ribu begitu bersyukurnya dia kepada Allah dan berterima kasih kepadaku. Kalau memang demikian, siapakah yang pantas masuk ke dalam surga Allah, apakah dia yang menerima 10 ribu dengan syukur yang luar biasa, ataukah aku yang menerima jumlah lebih banyak dari itu, tetapi sedikitpun aku tak berucap hamdalah.”

Venus adalah planet dalam sistem tata surya kita. Venus besarnya sama dengan Bumi. Venus adalah planet. Warnanya oranye kekuningan dengan beberapa kehitaman. Venus merupakan planet kedua dari Matahari antara Merkurius dan Bumi. Venus mengedari Matahari selama 235 hari Bumi. Venus berotasi sekali setiap 244 hari Bumi. Venus sangat tua dan berbatu. Langitnya oranye dengan dengan kilatan cahaya petir.

Selain itu, bermain olahraga dalam tim sangat baik bagi anak-anak sebab dapat memperbanyak pertemanan. Mereka juga belajar bagaimana bekerja sama dalam satu tim dan saling membantu. Anak-anak yang tidak berolahraga tidak memiliki kesempatan untuk bersenang-senang dan memiliki banyak teman. Ini menyedihkan.

Selesai shalat, Kakek biasa mengontrol air sawah. Saya selalu menguntitnya dari belakang tanpa banyak bicara.  Barangkali anak lain akan mengeluh karena air dan udara sawah dingin. Akan tetapi, saya tidak. Saya menyukai kesegaran air dan udara itu. Tidak jarang saya mandi di pancuran sawah.

Yang termasuk teks diskusi ditandai dengan nomor ….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

2.  Bacalah kutipan paragraf berikut!

Anak-anak hampir di seluruh dunia, terutama di kota-kota besar, kini semakin gemuk dan semakin diperburuk dengan gaya hidup yang tidak sehat. Lalu, bagaimana kita dapat mengatasinya? Cara terbaik adalah bermain olahraga bagi anak-anak semua usia. Beraktivitas melalui permainan olahraga akan menjaga anak-anak tetap kuat, bugar, dan sehat.

Pokok pikiran paragraf tersebut adalah ….

A. Gaya hidup yang tidak sehat.

B. Cara mengatasi anak-anak yang bertambah gemuk.

C. Bermain olahraga bagi anak-anak semua usia.

D. Beraktivitas melalui permainan olahraga.

3.  Bacalah penggalan teks berikut!

Kemandirian bangsa Indonesia akan tercapai jika kesadaran rakyat membayar pajak sudah tinggi. (2) Sumber pembiayaan negara terbagi tiga: pinjaman luar negeri dan dalam negeri, penjualan sumber daya alam, dan penerimaan pajak. (3) Utang luar negeri dan dalam negeri dapat memberatkan posisi APBN RI karena utang luar negeri tersebut harus dibayarkan beserta dengan bunganya. (4) Negara akan dicap sebagai negara miskin dan tukang utang karena tidak mampu mengatasi perekonomian negara sendiri.

Kalimat utama paragraf teks tersebut ditandai dengan nomor ….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

4.  Bacalah kutipan teks berikut!

Ada banyak jenis permainan olahraga yang dapat dimainkan anak-anak mulai dari yang tradisional seperti galasin dan lompat tali hingga yang umum seperti sepak bola, futsal, bulu tangkis, voli, senam, dan bola basket. Bersyukur kita tinggal di Indonesia dapat memainkan semua olahraga tersebut sepanjang tahun. Jadi, tidak masalah jenis olahraga mana yang kamu suka atau di mana kamu tinggal, selalu ada jenis olahraga bagi siapa saja. Tidak ada alasan mengeluh merasa bosan.

Ide pokok teks tersebut terdapat pada kalimat ….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

5.  Bacalah kutipan teks berikut!

Internet telah banyak menolong manusia dalam segala unsur kehidupan jadi internet memiliki andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet, apa pun bisa kita perbuat baik hal positif maupun hal negatif. Sebagai media komunikasi, internet bisa dipakai untuk berkomunikasi dengan pemakai lainnya di semua dunia.

Keberadaan internet memberikan fungsi positif bagi dunia informasi, tetapi banyak juga pengaruh negatifnya. Banyak siswa yang memperoleh ilmu dengan bantuan internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun saat ini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet. Tidak bisa dipungkiri adanya internet memberikan pengaruh terhadap pelajar.

Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif internet, bagai valuta dengan dua sisi, bergantung pada gimana kita menghadapinya.

Informasi yang terdapat pada penggalan teks tersebut adalah ….

A. dampak internet bagi pelajar

B. manfaat internet bagi pelajar

C. dampak internet bagi masyarakat

D. manfaat internet bagi masyarakat

6.  Bacalah kutipan teks berikut!

Banjir yang sering terjadi di Indonesia tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk membuang sampah pada tempatnya menjadi salah satu penyebab. Jika terus terjadi, tidak hanya banjir yang akan terjadi. Membuang sampah sembarangan dapat mencemari lingkungan. Jika tidak dihentikan hal ini dapat menyebabkan dampak negatif terhadap masa depan bangsa.

Teks diskusi tersebut berisi tentang ….

A. argument yang mendukung gagasan

B. latar belakang masalah

C. gagasan untuk menunjukkan perubahan pendapat

D. evaluasi argumen yang paling efektif

7.  Bacalah kutipan teks berikut!

Pertumbuhan fisik memerlukan banyak latihan gerak setiap hari dan cara terbaik melakukannya adalah dengan berolahraga. Para ilmuwan sudah menunjukkan bahwa anak yang berolahraga memiliki sedikit masalah kesehatan dibanding anak-anak yang hanya duduk di rumah banyak menonton televisi atau bermain video game. Ada banyak jenis permainan olahraga yang dapat dimainkan anak-anak mulai dari pendukung yang tradisional seperti galasin dan lompat tali hingga yang umum seperti sepak bola, futsal, bulu tangkis, voli, senam, dan bola basket. Bersyukur kita tinggal di Indonesia dapat memainkan semua olahraga tersebut sepanjang tahun. Jadi, tidak masalah jenis olahraga mana yang kamu suka atau di mana kamu tinggal, selalu ada jenis olahraga bagi siapa saja. Tidak ada alasan mengeluh merasa bosan.

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ….

A. Berolahraga dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan.

B. Berolahraga merupakan cara terbaik untuk pertumbuhan fisik.

C. Jenis permainan olahraga terbaik bagi anak-anak adalah jenis permainan tradisional.

D. Jenis olahraga yang kamu pilih sebaiknya disesuaikan dengan di mana kamu tinggal.

8.  Bacalah kutipan teks berikut!

Pemerintah pusat dan daerah sejak beberapa tahun lalu mencoba agar masyarakat lebih mudah bergaya hidup hijau. Mereka menyediakan tong sampah dengan warna berbeda agar masyarakat mengetahui di mana membuang sampahnya. Tong sampah berwarna juga ditambahkan dengan gambar yang menunjukkan benda mana yang boleh pada masing-masing tong sampah. Bahkan, pada tong sampah juga ditambah pandang dengan tulisan. Warna merah untuk limbah bahan beracun dan berbahaya (B3); hijau untuk limbah organik (sisa makanan, tulang, daun); kuning untuk bungkus kemasan makanan, plastik, kaleng; biru untuk kardus dan kertas; abu-abu untuk pembalut wanita, popok bayi, puntung rokok, permen karet.

Pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi teks tersebut adalah ….

A. Bagaimana caranya agar masyarakat lebih mudah bergaya hidup hijau?

B. Di manakah kita dapat menemukan tong sampah yang berwarna-warni?

C. Apakah perbedaan tong sampah merah dan tong sampah berwarna hijau?

D. Apa upaya pemerintah pusat dan daerah agar masyarakat lebih mudah bergaya hidup hijau?

9.  Bacalah kutipan teks berikut!

Wajib pajak yang patuh membayar pajak adalah patriot bangsa. Mereka membela negara, membangun negara, mengangkat harkat dan derajat bangsa di mata dunia dengan membayar pajak. Pajak untuk kemandirian bangsa agar kita menjadi bangsa yang kuat dan disegani di dunia.

Simpulan pendapat penulis pada teks tersebut adalah tentang ….

A. manfaat pajak

B. jenis-jenis pajak

C. tujuan membayar pajak

D. wajib pajak yang patuh

10. Bacalah kutipan teks berikut!

Sangat jelas bahwa semua anak sebaiknya harus bermain olahraga. Olahraga membantu mereka memiliki teman baru, menjaga kebugaran dan kesehatan, dan belajar bagaimana bekerja sama dengan orang lain. Bermain olahraga sangat menyenangkan jauh lebih baik daripada bosan dan suntuk di rumah.

Pernyataan tersebut berupa ….

A. Pernyataan untuk membatasi topik.

B. Latar belakang topik.

C. Sudut pandang berbeda yang akan dibahas.

D. Rekomendasi satu sudut pandang berdasarkan argumen yang disajikan.

Kunci Jawaban

  1. C
  2. B
  3. A
  4. A
  5. C
  6. B
  7. B
  8. D
  9. D
  10. D

Demikian, semoga bermanfaat!

Soal nomor 11 s.d. 20: Latihan Soal-soal Teks Diskusi

Sumber:

Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas IX. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. Cetakan ke-2, 2018 (Edisi Revisi)

Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas IX. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. Cetakan ke-2, 2018 (Edisi Revisi)

Paket Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2019.

Berita sebelumyaLatihan Soal-soal Teks Diskusi
Berita berikutnyaKisi-kisi Penilaian Teks Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here