Latihan Soal-soal Teks Diskusi

0
508

Latihan soal-soal teks diskusi berikut merupakan lanjutan dari butir-butir soal sebelumnya.

Pilihlah pada jawaban yang paling tepat!

11. Bacalah kutipan teks berikut!

Dengan beberapa cara tersebut, diharapkan masyarakat mulai mengerti untuk membuang sampah pada tempatnya. Dengan kesadaran masyarakat yang baik Indonesia bisa mengurangi bahaya yang akan terjadi, dan bisa menjadi bangsa yang maju.

Struktur teks tersebut merupakan bagian ….

A. pendahuluan

B. isi

C. simpulan

D. pengenalan isu

Sebelumnya: Lembar Soal Penilaian Teks Diskusi

12. Bacalah kutipan teks berikut!

(1) Di zaman yang modern ini, perkembangan internet meluas di seluruh dunia, tak terkecuali negara kita. Game online memang permainan yang bisa dimainkan pada komputer, laptop, tablet, atau bahkan handphone.

(2) Di satu sisi, banyak pihak yang setuju permainan game online ini, terutama para gamers yang ada di negeri ini. Mereka beranggapan tidak ada salahnya bermain games karena dilakukan hanya untuk kesenangan semata. Selain itu, anak-anak juga perlu hiburan. Jadi, wajar saja jika anak-anak di Indonesia senang sekali bermain game online ini. Ada beberapa game online yang bersifat mendidik sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan kecerdasan anak.

(3) Kita sebagai remaja yang bijak dan berkarakter, tentunya harus bisa melihat hal ini sebagai sesuatu yang positif. Bukan tidak boleh memainkan game online, tetapi kita harus membatasinya. Jadikan game online ini hanya sebagai hiburan untuk sementara saja.

(4) selain kesadaran diri para remaja tersebut, para orang tua juga sebaiknya harus dapat mengontrol semua kegiatan anak, sehingga apa yang dilakukan oleh anak mereka adalah hal yang benar-benar bermanfaat.

Pernyataan yang merupakan argumen mendukung pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

13. Bacalah kutipan teks berikut!

(1) Banyak orang berasumsi bahwa sampah ialah sesuatu yang tidak diperlukan lagi, maka dari itu sampah harusnya dimusnahkan dengan cara di bakar. (2) Tetapi bagi mereka yang mencintai alam, cara ini dianggap bukan sebagai solusi melainkan sebagai sebuah bencana baru. (3) Sampah-sampah yang dibakar bakal menghasilkan polusi udara berupa aroma yang tidak sedap asap pembakaran yang bisa menipiskan lapisan ozon. (4) Pada dasarnya sampah bisa diolah dan dimanfaatkan kembali. (5) Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan ialah cara paling cocok dan sesuai untuk menyelesaikan perasalahan sampah yang ada. (sumber: https://pelajaranbro.com/2018/01/-contoh-teks-diskusi.html).

Pernyataan yang merupakan argumen menentang pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….

A. (2) dan (3)

B. (3) dan (4)

C. (4) dan (5)

D. (1) dan (5)

14. Bacalah kutipan teks berikut!

Pelarangan membawa handphone ke sekolah sebenarnya bukan hal yang baru. Di beberapa sekolah pelarangan itu sudah diterapkan sejak lama. Seperti halnya pada kebijakan-kebijakan lainnya, yang selalu saja akan melahirkan sebuah pro dan kontra di masyarakat. Bagi yang pro kebijakan ini, beranggapan bahwa membawa hanphone ke sekolah menyebabkan para siswa mudah dalam mengkases konten-konten porno dan sejenisnya. Mereka malah mengguakan hanphone-nya itu pada kegiatan-kegiatan yang justru mengganggu sekolah mereka. Apalagi sekarang, rata-rata hanphone yang dimiliki oleh siswa merupakan hanphone berteknologi tinggi. Hanphone mereka tidak sekadar dipakai untuk bertelepon dan mengirim SMS saja, tetapi lebih dari pada itu. Mereka pun bisa mengakses gambar, video, dan informasi-informasi yang berefek negatif.

Struktur teks tersebut merupakan bagian ….

A. pendahuluan

B. isi

C. simpulan

D. pengenalan isu

15. Bacalah kutipan teks berikut!

Banyak juga orang yang merasa tidak perlu menyumbang kepada negara. Mereka berpikir negaralah yang harus menyejahterakan rakyatnya. Mereka adalah sekelompok masyarakat kontraprestasi pajak, menolak membayar pajak dengan melakukan demonstrasi. Padahal, mereka justru kelompok penikmat pajak, bukan pembayar pajak yang juga dikenal sebagai anggota masyarakat yang tergolong sebagai penikmat pajak tanpa berkontribusi. Yang patut disayangkan, ada juga anggota masyarakat yang merusak fasilitas umum yang dibiayai oleh pajak. Tindakan ini seperti merusak barang yang kita beli dengan keringat sendiri.

Pernyataan pada teks diskusi tersebut berisi ….

A. argumen tentang pentingnya membayar pajak

B. argumen tentang kesadaran rakyat dalam membayar pajak

C. pendapat pro dari permasalahan pajak

D. pendapat kontra dari permasalahan pajak

16. Bacalah kutipan teks berikut!

Berdasarakan pendapat-pendapat tersebut, dapatkah disimpulkan bahwa penggunaan kendaraan pribadi akan lebih baik dikurangi; bukan berarti dilarang sama sekali. (2) Dengan pembatasan tersebut diharapkan jumlah kendaraan jalan raya bisa menurun dan kemacetan pun bisa teratasi. (3) Hal itu bukan berarti tidak boleh tetapi dikurangi penggunaannya, karena jika semua bersama-sama mengurangi penggunaan kendaraan pribadinya dan beralih ke kendaraan umum, pelayanan pada kendaraan-kendaraan umum pun perlu ditingkatkan. (4) Dengan demikian, para penumpang bisa lebih nyaman dan nyaman seperti halnya mereka naik kendaraan pribadi.

Pernyataan yang menunjukkan pertentangan dengan sisi lain pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (2) dan (4)

17. Bacalah kutipan teks berikut!

Fasilitas pada kendaraan pribadi lebih memuaskan daripada fasilitas kendaraan umum, fasilitas kendaraan pribadi dapat berupa seperti adanya AC, bisa memutar musik dan video, bagasi yang luas dan lain sebagainya. Adapun pada kendaraan umum tentu fasilitas-fasilitas tersebut sangat terbatas atau bahkan tidak ada.

Ciri bahasa pada kutipan teks tersebut adalah ….

A. bahasa yang kuat, emotif, dan persuasif

B. kalimatnya berbelit-belit

C. menggunakan majas personifikasi

D. terdapat unsur bahasa daerah

18. Bacalah kutipan teks berikut!

Ada beberapa [1] yang bisa dilakukan untuk mengatasi kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk membuang sampah pada tempatnya. Pertama, dengan [2], terutama pada anak-anak, sehingga mereka memiliki pemahaman yang baik untuk membuang sampah pada tempatnya. Kedua, pemerintah harus bertindak tegas dalam memberikan hukuman atau penjara bagi orang yang membuang sampah sembarangan. Ketiga, mengadakan lomba mengolah barang bekas atau limbah sampah. Keempat, memberitahu orang-orang untuk menyimpan sampah sebelum menemukan tempat sampah.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

A. [1] sosialisasi [2] solusi

B. [1] sosialisme [2] resolusi

C. [1] resolusi [2] sosialita

D. [1] solusi [2] sosialisasi

19. Bacalah kalimat berikut!

Meskipun banyak manfaat dari meminum teh, […] kebiasaan mengonsumsi teh secara berlebihan bisa menimbulkan kerugian.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

A. melainkan

B. maupun

C. tetapi

D. sedangkan

20. Bacalah kutipan teks berikut!

(1) Hal itu bukan berarti tidak boleh tetapi dikurangi penggunaannya, karena jika semua bersama-sama mengurangi penggunaan kendaraan pribadinya dan beralih ke kendaraan umum, pelayanan pada kendaraan-kendaraan umum pun perlu ditingkatkan.

(2) Dengan pembatasan tersebut diharapkan jumlah kendaraan jalan raya bisa menurun dan kemacetan pun bisa teratasi.

(3) Berdasarakan pendapat-pendapat tersebut, dapatkah disimpulkan bahwa penggunaan kendaraan pribadi akan lebih baik dikurangi; bukan berarti dilarang sama sekali.

(4) Dengan demikian, para penumpang bisa lebih nyaman dan nyaman seperti halnya mereka naik kendaraan pribadi.

Urutan kalimat-kalimat bagian simpulan teks diskusi tersebut agar padu adalah ….

A. 2 – 4 – 1 – 3

B. 2 – 3 – 1 – 4

C. 3 – 2 – 1 – 4

D. 3 – 4 – 1 – 2

Kunci Jawaban

  1. C
  2. B
  3. A
  4. B
  5. D
  6. B
  7. A
  8. D
  9. C
  10. C
Lihat materi: Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

Demikian, salam belajar.

Sumber:

Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas IX. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. Cetakan ke-2, 2018 (Edisi Revisi)

Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas IX. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. Cetakan ke-2, 2018 (Edisi Revisi)

Paket Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2019.

Berita sebelumyaSedekah Secara Sembunyi-sembunyi atau Secara Terbuka?
Berita berikutnyaLembar Soal Penilaian Teks Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here