Lembar Soal Penilaian Cerita Inspiratif

0
549

Berdasarkan kisi-kisi soal yang telah disusun, maka dirumuskan butir soal pada lembar soal penilaian cerita inspiratif berikut.

Pilihlah pada jawaban yang paling tepat!

  1.  Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat!

Tanggal 24 Juni 1821 M, dini hari, Angkatan Perang Belanda bergerak lagi dengan dahsyatnya hingga menduduki benteng pertahanan Sultan Mahmud. (2) Sebenarnya Sultan tidak kalah perang namun diperdaya oleh Jenderal de Kock. (3) Ia tak pernah menyerah dan tidak pernah membuat suatu perjanjian. (4) Tanggal 24 Juni 1821 M Keraton Kuto Besak diduduki oleh angkatan perang Jenderl de Kock. (5) Ia dan Pangeran Ratu serta keluarga yang lainnya diberangkatkan ke Betawi 3 Juli 1821, kemudian diasingkan ke Ternate. (6) Kurang lebih 32 tahun hidup dalam pengasingan, ia senantiasa menunjukkan sifat keagungannya yang antara lain dinyatakan oleh Gubernur Jenderal Barron van der Capelen dalam buku hariannya, “Sama sekali tidak biadab, dalam peperangan ia tahu mempertahankan kedudukannya, orang ini betul-betul memperlihatkan sifat-sifat sebagai Raja.”

Pernyataan yang menjelaskan bahwa Sultan Mahmud Badaruddin II pernah diasingkan di Ternate selama kurang lebih 32 tahun ditandai dengan nomor ….

A. (1) dan (5)

B. (2) dan (5)

C. (4) dan (6)

D. (5) dan (6)

2.  Bacalah kutipan teks berikut!

Mendapati isyarat pengemis wanita itu, istri Budiman pun membalas isyarat dengan gerak tangannya seolah berkata, “Tidak… tidak, aku tidak akan menambahkan sedekah untukmu!” Ironisnya meski tidak menambahkan sedekahnya, istri dan putrinya Budiman malah menuju ke sebuah gerobak gorengan untuk membeli camilan. Pada kesempatan yang sama, Budiman berjalan ke arah ATM center guna mengecek saldo rekeningnya. Saat itu memang tanggal gajian, Budiman ingin mengecek saldo rekening dia.

Pernyataan pada paragraf tersebut merupakan rasa ….

A. simpati

B. empati

C. kepedulian

D. tidak peduli

3.  Bacalah kutipan teks berikut!

Sebuah botol jika diisi air mineral, harganya 3-5 ribuan. Jika diisi jus buah, harganya 10 ribuan. Jika diisi madu, harganya 100 ribuan. Jika diisi minyak wangi terkenal, harganya jutaan. Jika diisi air got, tidak berharga sama sekali, semua orang tidak ada yang suka, ingin cepat dibuang ke tong sampah.

Botol yang sama bernilai berbeda karena isinya berbeda. Botol seumpama manusia. Semua manusia pada dasarnya sama. Yang membedakan manusia di mata Tuhan bukanlah fisiknya, tetapi keimanan, kejujuran, kemuliaan, kebaikan dengan manusia lain. Hal baik di mata Tuhan pasti juga baik di mata manusia lainnya.

Keunggulan teks tersebut adalah ….

A. banyak menggunakan bahasa daerah

B. menggunakan sedut pandang orang pertama

C. isi cerita banyak memberikan inspirasi hidup

D. menggunakan alur campuran

4.  Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat!

Anggun berbakat dalam hal olahraga renang. Oleh sebab itu, dia menjadi salah satu atlet renang terbaik di sekolahnya. Bakat Anggun ini ternyata diwariskan oleh kedua orang tuanya yang merupakan atlet renang yang telah terkenal hingga ke Manca Negara. Meskipun begitu, Anggun tidak mau memanfaatkan nama baik kedua orang tuanya itu untuk meraih kesuksesan. Dia sangat tekun berlatih hingga lupa daratan. Prestasi yang pernah dicapainya adalah juara pertama di PON yang diadakan di Palembang beberapa tahun lalu.

Teks tersebut merupakan bagian dari struktur ….

A. resolusi

B. rangkaian Peristiwa

C. komplikasi

D. orientasi

5.  Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!

Chairil Anwar Chairil Anwar dilahirkan di Medan, 26 Juli 1922. Dia dibesarkan dalam keluarga yang cukup berantakan. Kedua orang tuanya bercerai, lalu ayahnya menikah lagi. Setelah lulus SMA, Chairil mengikuti ibunya ke Jakarta. Semasa kecil di Medan, Chairil sangat akrab dengan neneknya. Keakraban ini begitu member kesan. Dalam hidupnya ia jarang berduka, salah satu kepedihan terhebat yang ia alami adalah saat neneknya meninggal dunia. Chairil melukiskan kedukaan itu dalam sajak yang luar biasa pedih. Bukan kematian benar yang menusuk kalbu/ Keridlaanmu menerima segala tiba/ Tak kutahu setinggi itu atas debu/ Dan duka maha tuan bertahta. Sesudah nenek, ibu adalah wanita kedua yang paling Chairil puja. Dia bahkan terbiasa membilang nama ayahnya, Tulus, di depan sang Ibu, sebagai tanda menyebelahi nasib si ibu. Dan di depan ibunya, Chairil acapkali kehilangan sisinya yang liar. Beberapa puisi Chairil juga menunjukkan kecintaannya pada ibunya. (Sumber:http://biografi-chairil-anwar-1922-1949.html).

Ciri kebahasaan yang terdapat dalam teks tersebut adalah ….

A. kata depan ataupun nomina yang berkenaan dengan urutan waktu

B. pronomina (kata ganti) orang ketiga tunggal, kata kerja tindakan, kata depan, dan kata kerja pasif

C. kata kerja yang berhubungan dengan aktivitas mental

D. kata sambung, kata depan ataupun nomina yang berkenaan dengan urutan waktu

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 6 s.d. 8!

Jenderal sudirman adalah seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Beliau lahir tanggal 24 Januari 1916 di Purbalingga.

Sudirman adalah seorang siswa yang rajin dan sangat aktif dalam kegiatan ekstra kurikuler terutama program kepanduan (pramuka) yang dijalankan oleh organisasi Muhammadiyah. Beliau sangat dihormati oleh masyarakat karena ketaatannya pada ajaran Islam. Pada tahun 1936, ia menjadi guru kemudian menjadi kepala sekolah di sekolah dasar Muhammadiyah.

Tahun 1944, Sudirman bergabung dengan tentara peta (Pembela Tanah Air) yang dibentuk oleh Jepang. Ia menjabat sebagai Batalion di Banyumas. Karena melakukan pemberontakanbersama prajurit lainnya, ia kemudian diasingkan ke Bogor. Setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya, beliau terpilih menjadi panglima besar, tepatnya pada tanggal 12 November 1945. Dalam keadaan sakitpun beliau tetap memimpin perang gerilya melawan Belanda yang ingn menguasain kembali Indonesia. Pada tanggal 29 Januari 1950, pada usia 34 tahun, beliau wafat kurang lebih satu bulan setelah Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia. Jenderal Sudirman sosok panutan untuk pemimpin sekarang.

6.  Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ….

A. lahir tanggal 24 Januari 1916 di Purbalingga

B. melakukan pemberontakan bersama prajurit lainnya

C. dihormati masyarakat karena ketaatannya pada ajaran Islam

D. menjadi panglima besar pertama setelah kemerdekaan Indonesia

7.  Sikap/tindakan Jenderal Sudirman yang patut diteladani adalah ….

A. sangat menyukai organisasi kepanduan

B. bergabung dengan tentara Pembela Tanah Air (PETA)

C. seorang guru yang menjadi kepala sekolah di SD Muhammadiyah

D. tetap bergerilya melawan Belanda walaupun dalam keadaan sakit

8.  Pendapat penulis pada teks tersebut adalah ….

A. Ingin menajadi Jenderal seperti Jenderal Sudirman.

B. Sedih karena mengetahui Jenderal sudirman sakit.

C. Jenderal Sudirman sosok panutan untuk pemimpin sekarang.

D. Bahagia karena menjadi guru yang kemudian menjadi kepala sekolah.

9.  Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat!

Taufik Hidayat adalah salah satu pebulu tangkis Indonesia yang cukup disegani di seluruh dunia. Ia menekuni profesi sebagai pebulu tangkis sejak dia masih kecil. Sejak kecil Taufik memiliki hobi bermain bulu tangkis dengan ayahnya. Dia terus berlatih keras dan dididik dengan sangat disiplin. Taufik Hidayat juga pernah mengalami kegagalan beberapa kali. Namun, dia tidak pernah menyerah, sehingga dia menjadi pebulu tangkis yang handal. Taufik Hidayat pernah memenangi Kejuaraan All England dan beberapa medali emas dari kejuaraan lainnya.

Keunggulan tokoh yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ….

A. Taufik Hidayat adalah pebulu tangkis yang ditakuti di seluruh dunia.

B. Taufik Hidayat sangat tekun, disiplin dan tidak mudah menyerah.

C. Taufik Hidayat dilatih oleh ayahnya sendiri.

D. Taufik Hidayat pernah menjuarai All England

10. Bacalah kutipan teks berikut!

Nama Nh. Dini merupakan singkatan dari Nurhayati Srihardini. Nh. Dini dilahirkan pada tanggal 29 Februari 1936 di Semarang. Ayahnya, Salyowijoyo, seorang pegawai perusahaan kereta api. Ibunya bernama Kusaminah. Bakat menulis Dini tampak sejak berusia sembilan tahun. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan. Namun, ia tidak dapat mewujudkan cita-cita itu karena oranf tuanya tidak mampu membiayainya. Ia hanya dapat mencapai pendidikannya sampai sekolah menengah atas jurusan sastra. Dini menabah pengetahuan di bidang lain yaitu menari Jawa dan memainkan gamelan. Meskipun demikian, ia lebih berkonsentrasi pada kegiatan menulis. Hasil karya yang berupa puisi dan cerpen dimuat dalam majalah Budaya dan Gajah Mada di Yogyakarta (1952). Pada tahun 1955, ia memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio dalam Festival Sandiwara Radio di seluruh Jawa Tengah.

Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ….

A. Anak seorang pegawai perusahaan kereta api dan ibu rumah tangga.

B. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan ternama sejak kecil.

C. Dini memiliki bakat menulis sejak berusia sembilan tahun.

D. Dini memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio se-Jawa Tengah.

Bahan bacaan: Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Cerita Inspiratif

Kunci jawaban

  1. D
  2. D
  3. C
  4. A
  5. B
  6. D
  7. D
  8. C
  9. D
  10. D

Demikian, salam belajar.

Berikutnya: Latihan Soal Struktur dan Kebahasaan Cerita Inspiratif

Sumber:

Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas IX. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. Cetakan ke-2, 2018 (Edisi Revisi)

Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas IX. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. Cetakan ke-2, 2018 (Edisi Revisi)

Paket Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2019.

Berita sebelumyaLatihan Soal Struktur dan Kebahasaan Cerita Inspiratif
Berita berikutnyaContoh Kisi-kisi Penilaian Teks Cerita Inspiratif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here