Mereka Mendapat Pahala di Disi Tuhannya

Kajian Tafsir Surah Al-Baqarah ayat 277

0
273

Kajian Tafsir Surah Al-Baqarah ayat 277. Orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tidak pula bersedih hati. Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْ يَحْزَنُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tidak (pula) bersedih hati. (Q.S. Al-Baqarah : 277)

.

Tafsir Ibnu Abbas

Innal ladzīna āmanū (sesungguhnya orang-orang yang beriman) kepada Allah, Rasul-rasul-Nya, Kitab-kitab-Nya, serta pengharaman riba.

Wa ‘amilush shālihāti (dan mengerjakan amal saleh), yakni amal yang berhubungan dengan Rabb-nya, serta menghindari riba.

Wa aqāmush shalāta (dan mendirikan shalat), yakni menyempurnakan shalat lima waktu yang hukumnya wajib.

Wa ātuz zakāta (dan menunaikan zakat), yakni zakat harta mereka.

Lahum ajruhum (mereka akan mendapatkan pahala), yakni ganjaran.

‘Iηda rabbihim (di sisi Rabb mereka) di dalam surga.

Wa lā khaufun ‘alaihim (tidak ada kekhawatiran atas mereka) manakala al-maut (kematian) disembelih.

Wa lā hum yahzanūn (dan tidak pula mereka akan bersedih hati) manakala neraka telah ditutup.

.

Tafsir Jalalain

  1. (Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh serta mendirikan shalat dan membayar zakat, bagi mereka pahala di sisi Tuhan mereka, tak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka berduka cita)
Daftar isi: Kajian Tafsir Al-Qur’an Juz Ke-3

Tafsir Ibnu Katsir

Firman Allah Subhaanahu wa Ta’aala:

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Al-Baqarah: 277)

Ayat berikutnya: Tinggalkan Sisa Riba (Yang Belum Dipungut)

Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman seraya memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya yang mukmin agar bertakwa kepada-Nya dan melarang mereka melakukan hal-hal yang mendekatkan mereka kepada kemurkaan-Nya dan hal-hal yang menjauhkan diri mereka dari rida-Nya.

Hanya Allah Yang Maha mengetahui dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Berita sebelumyaLKPD Menyimpulkan Informasi Isi Teks Tanggapan
Berita berikutnyaMenyuburkan Sedekah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here