Digiring ke Dalam Neraka Jahannam

Kajian Tafsir Surah Ali Imran ayat 12

0
160

Kajian Tafsir Surah Ali Imran ayat 12. Menerangkan tentang Sunnatullah (berupa azab-Nya) terhadap orang-orang kafir yang disebabkan dosa mereka sekaligus sebagai ancaman-Nya kepada mereka, mereka pasti akan dikalahkan (di dunia ini) dan akan digiring ke dalam neraka Jahannam. Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ لِلَّذِينَ كَفَرُوا سَتُغْلَبُونَ وَتُحْشَرُونَ إِلَى جَهَنَّمَ وَبِئْسَ الْمِهَادُ

Katakanlah kepada orang-orang yang kafir: Kamu pasti akan dikalahkan (di dunia ini) dan akan digiring ke dalam neraka Jahannam. Dan itulah seburuk-buruk tempat tinggal. (Q.S. Ali Imran : 12)

.

Tafsir Ibnu Abbas

Qul (katakanlah), hai Muhammad!

Lil ladzīna kafarū (kepada orang-orang kafir), yakni orang-orang kafir Mekah.

Sa tughlabūna (Kalian pasti akan dikalahkan), yakni kalian pasti akan terbunuh.

Wa tuhsyarūna (dan akan digiring) pada hari kiamat.

Ilā jahannam, wa bi’sal mihād (ke dalam neraka jahannam. Dan itulah tempat yang seburuk-buruknya), yakni seburuk-buruk tempat tidur dan tempat kembali.

.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an

  1. Katakanlah kepada orang-orang yang kafir[3]: Kamu pasti akan dikalahkan (di dunia ini)[4] dan akan digiring ke dalam neraka Jahannam. Dan itulah seburuk-buruk tempat tinggal.

[3] Ayat ini turun ketika Nabi Muhammad ﷺ memerintahkan orang-orang Yahudi masuk Islam sepulang Beliau dari peperangan Badar, lalu mereka mengatakan, Janganlah sekali-kali membuat anda terpedaya karena berhasil membunuh beberapa orang Quraisy yang tidak ahli dan tidak mengenal taktik perang.

[4] Baik dengan dibunuh, ditawan maupun dengan ditetapkan membayar jizyah (pajak), dan hal itu telah terjadi.

.

Tafsir Jalalain

  1. (Katakanlah) hai Muhammad (kepada orang-orang kafir) kepada golongan Yahudi itu, (Kamu nanti akan menderita kekalahan) memakai ta dan ya, di alam dunia ini dengan dibunuh, ditawan dan membayar upeti dan itu telah terjadi (dan akan dihimpun) juga dengan memakai ta dan ya, di akhirat nanti (ke neraka Jahanam) lalu memasukinya (dan Jahanam itu adalah seburuk-buruk hamparan) tempat tinggal.
Daftar isi: Kajian Tafsir Al-Qur’an Juz Ke-3

Tafsir Ibnu Katsir

Katakanlah kepada orang-orang yang kafir, Kalian pasti akan dikalahkan (di dunia ini) dan akan digiring ke dalam neraka Jahannam. Dan itulah tempat yang seburuk-buruknya. Sesungguhnya telah ada tanda bagi kalian pada dua golongan yang telah bertemu (bertempur). Segolongan berperang di jalan Allah dan (segolongan) yang lain kafir yang dengan mata kepala melihat (seakan-akan) orang-orang muslim dua kali jumlah mereka. Allah menguatkan dengan bantuan-Nya siapa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai mata hati.

Allah berfirman:

قُلْ

Katakanlah. (Ali Imran: 12)

Yakni kepada orang-orang kafir itu, hai Muhammad.

سَتُغْلَبُونَ

Kalian pasti akan dikalahkan. (Ali Imran: 12)

Yaitu di dunia ini.

وَتُحْشَرُونَ

Dan akan digiring. (Ali Imran: 12)

Maksudnya, kalian kelak akan digiring pada hari kiamat.

إِلى جَهَنَّمَ وَبِئْسَ الْمِهادُ

Ke dalam neraka Jahannam. Dan itulah tempat yang seburuk-buruknya. (Ali Imran: 12)

Muhammad ibnu Ishaq ibnu Yasar meriwayatkan dari Asim ibnu Amr ibnu Qatadah, bahwa Rasulullah ﷺ setelah memperoleh kemenangan dalam Perang Badar dengan kemenangan yang gemilang, lalu beliau kembali ke Madinah. Maka orang-orang Yahudi melakukan perkumpulan di pasar Bani Qainuqa’, lalu Rasulullah ﷺ bersabda:

 يَا مَعْشَرَ يَهُودَ، أَسْلِمُوا قَبْلَ أَنْ يُصِيبَكُمُ اللَّهُ مَا أَصَابَ قُرَيْشًا

Hai orang-orang Yahudi, masuk islamlah sebelum Allah menimpakan atas kalian apa yang telah menimpa orang-orang Quraisy.

Mereka menjawab, Hai Muhammad, janganlah engkau berbangga diri karena engkau telah mengalahkan segolongan kaum Quraisy; mereka adalah orang-orang yang tolol, tidak mengerti berperang. Sesungguhnya kamu, demi Allah, sekiranya kamu memerangi kami, niscaya kamu akan mengetahui bahwa kami adalah orang-orang yang ahli dalam berperang, dan kamu pasti belum pernah menjumpai lawan seperti kami.

Ayat berikutnya: Dua Golongan yang Berhadap-hadapan

Maka   sehubungan   dengan   ucapan   mereka   itu   Allah   Subhaanahu wa Ta’aala menurunkan firman-Nya: Katakanlah kepada orang-orang kafir, Kalian pasti akan dikalahkan dan akan digiring ke dalam neraka Jahannam. Dan itulah tempat yang seburuk-buruknya. (Ali Imran: 12) sampai dengan firman-Nya: terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai mata hati. (Ali Imran: 13)

Muhammad ibnu Ishaq meriwayatkannya pula melalui Muhammad ibnu Abu Muhammad, dari Sa’id dan Ikrimah, dari Ibnu Abbas dengan lafaz yang semisal.

Hanya Allah Yang Maha mengetahui dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Berita sebelumyaLKPD Mengidentifikasi Informasi Tentang Pidato Persuasif
Berita berikutnyaAllah Menyiksa Mereka Disebabkan Dosa-dosanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here