LKPD Menceritakan Kembali Isi Fabel

0
238

Lembar kegiatan peserta didik atau LKPD Menceritakan Kembali Isi Fabel pada judul unit ini diharapkan dapat membantu peserta didik kelas VII SMP dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Lembar Kerja Pesera Didik ini dikembangkan berdasarkan:

Kompetensi Dasar

4.11 Menceritakan kembali isi cerita fabel/legenda daerah setempat yang dibaca/didengar.

Indikator

  • Menceritakan kembali isi cerita fabel yang dibaca.

Aktivitas pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menceritakan kembali isi cerita fabel yang dibaca. Aktivitas ini menggunakan model latihan soal.

Selamat berlatih untuk menjadi generasi hebat di masa depan! Cintai dan syukuri Bahasa Indonesia sebagai sarana merajut Indonesia! Bahasa Indonesia anugerah Tuhan yang patut kita syukuri bersama.

Petunjuk Kegiatan:

  • Peserta didik membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta : Cetakan Ke-4 2017.
  • Peserta didik membaca dan menyimak buku pada halaman 208 atau yang dikutif pada bahan bacaan pada link yang tersedia.
  • Tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.
  • Melaporkan hasil pada buku tugas atau lembaran portofolio. Bentuk laporan cukup jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang disediakan.
  • Tulis Laporan LKPD 6.4, Nama, NIS/NISN dan kelas ananda pada LKPD.
Lihat materi: Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester Genap

Laporan LKPD 6.4

Nama                   :  …….

NIS/NISN              :  ……

Kelas                    :  ……

A.  Isilah sesuka hatimu!

Suatu hari hiduplah seekor …..

Setiap hari ….

Suatu ketika …..

Tiba-tiba ….

Akhirnya ….

B.  Pilih cerita favoritmu dan cobalah mengisi kembali bagian yang kosong berikut!

Suatu hari …..

Setiap hari ….

Suatu ketika …..

Tiba-tiba ….

Akhirnya ….

C.  Bacalah fabel berikut!

Kupu-Kupu Berhati Mulia

Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu.

Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek yang tidak bisa pergi ke mana-mana.

“Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?”

Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.

Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, di mana-mana terdapat genangan lumpur. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir ke dalam lumpur. Ia terjatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan. “ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong…, tolong….!

Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut.

“Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.”

Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman. Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji.

Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku adalah kepompong yang pernah diejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompongyang dulu ia ejek sudah menyelamatkan dirinya.

”Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.

D. Berkelompoklah dan ceritakan isi fabel tersebut dengan bahasamu sendiri! Kamu dapat menceritakan kembali dengan meneruskan bagian yang kosong berikut!

Suatu hari …..

Setiap hari ….

Suatu ketika …..

Tiba-tiba ….

Akhirnya ….

Lihat bahan bacaan: Menceritakan Kembali Isi Fabel

Orang Tua/Wali

………………………

Guru MP

……………..

Nilai

…………

Sumber:

Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. Cetakan ke-4, 2017 (Edisi Revisi)

Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VII. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. Cetakan ke-4, 2017 (Edisi Revisi)

Paket Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2019.

Berita sebelumyaMenelaah Struktur Teks Fabel
Berita berikutnyaMenceritakan Kembali Isi Fabel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here