Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi

0
691

Materi ini dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar 3.15 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.

Aktivitas pembelajaran pada bagian ini diarahkan untuk meningkatkan kompetensi kita dalam menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku fiksi dan nonfiksi.

Lihat: LKPD Mengenali Unsur Pembangun Buku Fiksi/Nonfiksi

Bahan Bacaan

Anak-anakku. Membaca adalah jendela dunia. Dengan membaca kita dapat merengkuh dunia. Begitu banyak kata bijak yang menyarankan agar kita banyak membaca buku.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi modal dasar untuk belajar dan perkembangan anak-anak Indonesia. Mata pelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan kepercayaan diri kita sebagai komunikator, pemikir imajinatif dan warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi. Pembelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi yang dibutuhkan dalam menempuh pendidikan dan di dunia kerja

Aspek literasi bertujuan mengembangkan kemampuan untuk menafsirkan dan menciptakan teks yang tepat, akurat, fasih, dan penuh percaya diri selama belajar di sekolah dan untuk kehidupan di masyarakat. Pilihan teks mencakup teks media, teks sehari-hari, dan teks dunia kerja. Rentangan bobot teks dari kelas 1 hingga kelas 12 secara bertahap semakin kompleks dan semakin sulit, dari bahasa sehari-hari pengalaman pribadi hingga semakin abstrak, bahasa ragam teknis dan khusus, dan bahasa untuk kepentingan akademik. Kita dihadapkan pada bahasa untuk berbagai tujuan, audiens, dan konteks. Kita dihadapkan pada beragam pengetahuan dan pendapat yang disajikan dan dikembangkan dalam teks dan penyajian multimodal (lisan, cetakan, dan konteks digital) yang mengakibatkan kompetensi mendengarkan, memirsa, membaca, berbicara, menulis dan mencipta dikembangkan secara sistematis dan berperspektif masa depan.

Unit ini sebenarnya sudah dititipkan pada kegiatan membaca buku pada akhir unit. Dengan demikian, pada unit ini kita tinggal membawa hasil bacaan yang telah dilakukan dan proses membuat pemetaan dilakukan di sekolah. Hal ini untuk mengembangkan kejujuran siswa. Tugas unit ini sekaligus proyek semester yang langsung diambil nilainya oleh guru.

Pada pembelajaran yang lalu, kita telah mengenal bahwa secara garis besar buku yang kita baca dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu buku fiksi dan buku nonfiksi. Kita dapat membedakan kedua jenis buku tersebut dari unsur-unsur berikut.

Unsur Buku Nonfiksi

  1. Bagian cover buku
  2. Rincian subbab buku
  3. Judul subbab
  4. Isi buku
  5. Cara menyajikan isi buku
  6. Bahasa yang digunakan
  7. Sistematika

Unsur Buku Fiksi

  1. Bagian cover buku
  2. Rincian subbab buku
  3. Judul subbab
  4. Tokoh dan penokohan
  5. Tema cerita
  6. Bahasa yang digunakan
  7. Penyajian alur cerita

Demikian, semoga ada manfaatnya.

Lihat Materi: Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester Genap

Sumber:

Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. Cetakan ke-4, 2017 (Edisi Revisi)

Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VII. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. Cetakan ke-4, 2017 (Edisi Revisi)

 

Artikulli paraprakMerangkum Berdasarkan Gagasan Pokok dan Pemetaan Pikiran
Artikulli tjetërMengenali Jenis-jenis Buku

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini