Lembar Soal PAT Teks Persuasi

0
200

Lembar soal PAT teks persuasi ini dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar:

3.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.

3.14. Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial dan/atau keragaman budaya dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca.

4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.

Untuk memperluas kompetensi berbahasa Indonesia dalam berbagai tujuan khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis pada lembar soal berikut juga disisipkan soal yang yang berhubungan dengan aspek literasi.

Soal-soal berikut dapat digunakan sebagai bahan latihan untuk persiapan dalam menghadapi Penilaian Akhir Tahun bagi siswa kelas VIII SMP/MTs.

Baca juga: Memahami Pengertian Teks Persuasi

Pilihlah pada jawaban yang paling tepat!

  1.  Perhatikan teks berikut!

Terus terang, saya merindukan teenlit yang berani jujur, wajar, dan otentik. Sebuah tontonan yang mengekspresikan kemiskinan dengan kemiskinan, kelas menengah secara menengah, orang kaya sebagai orang kaya, pelajar sebagai pelajar, dan remaja sebagai remaja. “Kartini-Kartini” di SMA bukan lagi mereka yang hanya sibuk dengan penampilan, pamer barang mewah, menguber kekasih, hingga lupa pada semangat keindonesiaan dan upaya mengejar kepintaran seperti telah ditunjukkan R.A. Kartini. Untunglah, Kartini yang terkenal dengan semangat patriotiknya, tak sempat menyaksikan teenlit. Saya tak tega menyaksikan air matanya menitik.

Ajakan yang disampaikan teks tersebut ditujukan kepada pelaku-pelaku dunia perfilman untuk ….

A. mengenang jasa-jasa R.A. Kartini

B. mempromosikan dunia perfilman nasional

C. membuat tontonan (sinetron) teenlit yang jujur, wajar, dan otentik

D. mendorong pembaca agar tidak melupakan semangat keindonesiaan

2.   Perhatikan cuplikan teks berikut!

Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami itu sering kali bencana tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. Banyak organisasi atau kelompok orang tak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. Mereka beroperasi di atas bus kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya yang mengatasnamakan dinas sosial. Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut. Kami organisasi Sosial Peduli Kasih, tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.

Pernyataan yang bukan merupakan fakta untuk bisa meyakinkan dan memengaruhi pembaca dengan bujukan-bujukannya pada teks tersebut adalah ….

A. Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami itu sering kali bencana tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat.

B. Banyak organisasi atau kelompok orang tak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut.

C. Mereka beroperasi di atas bus kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya yang mengatasnamakan dinas sosial.

D. Oleh karena itu, Masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut.

3.   Perhatikan cuplikan teks berikut!

Terpuruknya industri pariwisata saat ini, saya kira telah mendorong masyarakat pedesaan melirik sektor pertanian. Banyak pemuda atau pasangan muda yang dulu bekerja di kota seperti Denpasar, Sanur atau Kuta, kemudian memilih pulang ke kampung. Pasalnya, krisis akibat terpuruknya pariwisata itu tak cuma dirasakan industri pariwisata, tetapi juga sektor kerajinan tangan dan peternakan.

Pertanyaan untuk menanggapi isi cuplikan itu adalah …

A. Berapakah jumlah pemuda yang pulang kampung halaman?

B. Sektor apakah yang terpuruk dengan adanya krisis?

C. Daerah mana saja yang mengalami krisis ekonomi?

D. Mengapa terjadi krisis ekonomi?

4.    Perhatikan cuplikan teks berikut!

Camat mengundang masyarakat di wilayahnya, termasuk pula siswa dan guru-guru untuk memperingati jasa-jasa Ki Hajar Dewantara.

Bahasa pembukaan pidato, sebagai pengenalan isu, yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …

A. Saudara sekalian, khususnya para pendidik yang berbahagia. Kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena saat ini kita dapat berkumpul memperingati jasa pahlawan nasional, Ki Hajar Dewantara.

B. Akhirnya, marilah pada kesempatan ini kita mengheningkan cipta dan berdoa. Semoga arwah almarhum Ki Hajar Dewantara diterima oleh Allah serta ditempatkan disisi-Nya.

C. Saudara-saudara, perkenankanlah saya mengulangi kembali tentang sikap dan perjuangan Ki Hajar Dewantara yang perlu kita teladani bersama. Berkat jasa beliau, anak-anak bangsa sekarang ini dapat mengenyam pendidikan.

D. Hari ini tanggal 2 Mei merupakan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara. Beliau Bapak Pendidikan Nasional Indonesia yang telah berjuang memerangi kebodohan dan kemiskinan.

5.   Perhatikan cuplikan teks berikut!

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah, OSIS di sekolah menggalakan kegiatan GDN. Kegiatan ini dapat dilaksanakan melalui Pakibra, PKS, dan PMR. Sekolah mengawali kegiatan tersebut dengan ceramah.

Kalimat pembuka yang paling tepat sesuai dengan ilustrasi adalah . . . .

A. Dalam rangka menggalakan Gerakan Disiplin Nasional, OSIS diharapkan dapat melaksanakan melalui kegiatan Paskibara, PMR, atau PKS ….

B. Untuk mengawali kegiatan ulang tahun sekolah, OSIS dapat memulai kegiatannya dengan memasyarakatkan Gerakan Disiplin Nasional melalui Palang Merah Remaja ….

C. Gerakan Disiplin Nasional bukan hanya milik rakyat awam saja, melainkan juga untuk para pelajar.

D. Dalam ceramah ini, topik yang akan kita bahas, yaitu masalah GDN yang dapat dilaksanakan oleh OSIS melalui Paskibra, PKS, dan PMR.

6.   Perhatikan cuplikan teks berikut!

Jika kita telusuri, hampir sepanjang pantai utara Kota Jakarta sudah dikuasai dan dikapling-kapling oleh pihak swasta. Hampir semua kawasan tersebut dikembangkan sebagai kawasan taman rekreasi dan perumahan mewah. Dapat dipastikan tidak semua warga kota dapat masuk ke kawasan mereka. Hanya orang-orang yang mampu membeli karcis masuk atau orang yang membeli rumah/kapling di sana.

Istilah teknis yang berkaitan langsung dengan isu dalam cuplikan itu adalah ….

A. warga

B. swasta

C. kapling

D. karcis

7.   Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

(1) Kita memang belum bisa terbuka membicarakan soal seks dan kesehatan reproduksi.

(2) Lewat situs-situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan.

(3) Kita bisa bertanggung jawab atas pilihan kita tadi sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari.

(4) Dari sepuluh itu, salah satunya adalah mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja.

Pernyataan yang berupa pendapat pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor ….

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (2) dan (4)

8.   Bacalah penggalan pernyataan berikut!

(1) Kalau di bidang hukum, HAKI adalah singkatan dari hak atas kekayaan intelektual. Ini ada kaitannya dengan perlindungan dan penggunaan hak cipta. (2) Akan tetapi, HAKI yang akan kami bahas sekarang merupakan singkatan dari hak-hak reproduksi. (3) Wah, bosan ya, bolak-balik mengupas masalah yang satu ini? (4) Sekadar mengingatkan saja, sebagai remaja kita punya sepuluh hak reproduksi yang sepantasnya kita pertahankan.

Penyataan yang mengandung ajakan, dorongan, bujukan, dan sejenisnya pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

9.   Perhatikan cuplikan teks berikut dengan cermat!

Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buahan sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.

Simpulan untuk cuplikan teks tersebut adalah ….

A. sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokok

B. harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar

C. uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum

D. kita harus menghentikan kebiasaan merokok agar tidak menjadi kecanduan

10. Perhatikan cuplikan teks berikut!

Jika kita telusuri, hampir sepanjang pantai utara Kota Jakarta sudah dikuasai dan dikapling-kapling oleh pihak swasta. Hampir semua kawasan tersebut dikembangkan sebagai kawasan taman rekreasi dan perumahan mewah. Dapat dipastikan tidak semua warga kota dapat masuk ke kawasan mereka. Hanya orang-orang yang mampu membeli karcis masuk atau orang yang membeli rumah/kapling di sana.

Kesimpulan dari cuplikan teks persuasi di atas adalah….

A. warga Jakarta harus mengambil alih pantai utara

B. karcis merupakan surat bukti untuk memasuki pantai-pantai utara di Kota Jakarta

C. tidak semua warga Jakarta bisa menikmati pantai di Kota Jakarta apabila mereka belum menguasai wilayah itu

D. karena hapir semua pantai di Jakarta dikuasai swasta, kawasan-kawasan itu tidak dapat dinikmati warga secara gratis

Lihat juga: Contoh Kisi-kisi PAT Bahasa Indonesia Kelas VIII

Sumber:

Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VIII. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. Cetakan ke-2, 2017 (Edisi Revisi).

Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VIII. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. Cetakan ke-2, 2017 (Edisi Revisi).

Paket Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2019.

 

Berita sebelumyaSoal PAT Teks Drama
Berita berikutnyaLembar Soal PAT Teks Ulasan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here