Petunjuk Serta Pelajaran bagi Orang-orang yang Bertakwa

Kajian Tafsir Surah Ali Imran ayat 138

0
100

Kajian Tafsir Surah Ali Imran ayat 138. Al-Qur’an  ini adalah keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

هَذَا بَيَانٌ لِلنَّاسِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةٌ لِلْمُتَّقِينَ

(Al-Qur’an) ini adalah keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. (Q.S. Ali Imran : 138)

.

Tafsir Ibnu Abbas

Hādzā bayānul lin nāsi (ini adalah penjelasan bagi seluruh manusia), maksudnya Al-Qur’an ini merupakan penjelasan mengenai perkara halal dan haram bagi seluruh manusia.

Wa hudan (dan juga petunjuk) dari kesesatan.

Wa mau‘izhatun (serta pelajaran), yakni nasihat dan larangan.

Lil muttaqīn (bagi orang-orang yang bertakwa), yakni bagi orang-orang yang menjauhi kekufuran, kemusyrikan, dan perbuatan-perbuatan buruk.

Sesudah itu Allah Ta‘ala berfirman untuk menghibur mereka yang ditimpa berbagai kesulitan dalam Perang Uhud.

.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an

  1. (Al-Qur’an) ini[10] adalah keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.

[10] Ada yang menafsirkan kata ini di ayat ini dengan kebinasaan yang dialami oleh orang-orang yang mendustakan para rasul. Maksudnya, bahwa binasanya orang-orang yang menentang rasul itu terdapat dalil yang jelas siapa yang benar dan siapa yang salah, siapa yang beruntung dan siapa yang sengsara sekaligus sebagai penegakkan hujjah bagi manusia. Demikian juga di dalamnya terdapat petunjuk dan pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa, di mana semua itu menjadikan mereka menempuh jalan yang lurus dan menghindari jalan yang sesat setelah menyaksikan perstiwa yang dialami oleh mereka yang menentang rasul.

.

Tafsir Jalalain

  1. (Ini) maksudnya Al-Qur’an ini (menjadi penerang bagi manusia) artinya semuanya (dan petunjuk) dari kesesatan (serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa) di antara mereka.
Daftar Isi: Kajian Tafsir Al-Qur’an Juz Ke-4

Tafsir Ibnu Katsir

Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

هَذَا بَيَانٌ لِلنَّاسِ

(Al-Qur’an) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia. (Ali Imran: 138)

Yaitu di dalam Al-Qur’an ini terkandung penjelasan semua perkara secara gamblang perihal apa yang dialami oleh umat-umat terdahulu bersama musuh-musuh mereka.

وَهُدًى وَمَوْعِظَةٌ

Dan petunjuk serta pelajaran. (Ali Imran: 138)

Ayat berikutnya: Jangan Merasa Lemah dan Jangan Pula Bersedih Hati

Artinya, di dalam Al-Qur’an terkandung berita umat-umat sebelum kalian, petunjuk bagi hati kalian, serta peringatan bagi kalian agar kalian menghindari hal-hal yang diharamkan dan semua perbuatan dosa.

Hanya Allah Yang Maha mengetahui dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Berita sebelumyaJangan Merasa Lemah dan Jangan Pula Bersedih Hati
Berita berikutnyaTelah Berlalu Sebelum Kamu Sunnah-sunnah Allah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here