Berbuat Baik kepada Kedua Orang Tua

Kajian Tafsir Surah An-Nisaa’ ayat 36

0
53

Kajian Tafsir Surah An-Nisaa’ ayat 36. Kewajiban terhadap Allah dan terhadap sesama manusia, Setelah Allah memerintahkan memenuhi hak-Nya, yaitu dengan mentauhidkan-Nya, Dia juga memerintahkan untuk memenuhi hak hamba, dari mulai yang terdekat lebih dahulu, yaitu berbuat baik kepada kedua orang tua. Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالا فَخُورًا

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan apa yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri, (Q.S. An-Nisaa’ : 36)

.

Tafsir Ibnu Abbas

… Wa bil wālidaini ihsānan (dan berbuat baiklah kepada ibu-bapak), yakni hendaklah berbuat kebaikan kepada keduanya. …

.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an

  1. … Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua[2], …

[2] Yakni berbuat baiklah kepada mereka baik dalam hal ucapan maupun dalam hal perbuatan. Dalam hal ucapan misalnya dengan berkata-kata yang lembut dan baik kepada kedua orang tua, sedangkan dalam hal perbuatan misalnya menaati kedua orang tua dan menjauhi larangannya, menafkahi orang tua dan memuliakan orang yang mempunyai keterkaitan dengan orang tua serta menyambung tali silaturrahim dengan mereka.

.

Tafsir Jalalain

  1. … (Dan berbuat baiklah kepada kedua ibu bapak) dengan berbakti dan bersikap lemah lembut …
Daftar Isi: Kajian Tafsir Al-Qur’an Juz Ke-5

Tafsir Ibnu Katsir

Kemudian Nabi ﷺ mewasiatkan agar kedua orang tua diperlakukan dengan perlakuan yang baik, karena sesungguhnya Allah Subhaanahu wa Ta’aala  menjadikan keduanya sebagai penyebab bagi keberadaanmu dari alam ‘adam sampai ke alam wujud. Sering sekali Allah Subhaanahu wa Ta’aala menggandengkan antara perintah beribadah kepada-Nya dengan berbakti kepada kedua orang tua, seperti yang disebutkan di dalam firman-Nya:

أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوالِدَيْكَ

Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu. (Luqman: 14)

Berikutnya: Berbuat Baik kepada Karib-kerabat, Anak Yatim dan Orang Miskin

وَقَضى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوالِدَيْنِ إِحْساناً

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu (Al-Isra: 23)

Hanya Allah Yang Maha mengetahui dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

 

Berita sebelumyaBerbuat Baik kepada Karib-kerabat, Anak Yatim dan Orang Miskin
Berita berikutnyaSembahlah Allah dan Janganlah Mempersekutukan-Nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here