Berbuat Baik kepada Teman Sejawat

Kajian Tafsir Surah An-Nisaa’ ayat 36

0
24

Kajian Tafsir Surah An-Nisaa’ ayat 36. Kewajiban terhadap Allah dan terhadap sesama manusia, Setelah Allah memerintahkan memenuhi hak-Nya, yaitu dengan mentauhidkan-Nya, Dia juga memerintahkan untuk memenuhi hak hamba, dari mulai yang terdekat lebih dahulu, yaitu kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, berbuat baik kepada teman sejawat, ibnu sabil dan apa yang kamu miliki. Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالا فَخُورًا

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan apa yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri, (Q.S. An-Nisaa’ : 36)

.

Tafsir Ibnu Abbas

Wash shāhibi bil jambi (dan teman sejawat), yakni teman seperjalanan. Mereka memiliki dua hak: hak Islam dan hak pertemanan. Ada yang berpendapat bahwa ash-shāhibi bil jambi (teman sejawat) adalah wanita yang berada di rumah. Allah Subhaanahu wa Ta’aala  menyuruh agar berbuat baik kepadanya. …

.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an

  1. teman sejawat[7], …

[7] Ada yang mengartikan teman sejawat dengan teman dalam perjalanan, ada pula yang mengartikan istri, dan ada pula yang mengartikan dengan teman secara mutlak. Selaku teman hendaknya diberlakukan secara baik, misalnya dengan membantunya, menasehatinya, bersamanya dalam keadaan senang maupun sedih, lapang maupun sempit, mencintai kebaikan didapatkannya dsb.

.

Tafsir Jalalain

  1. … (dan teman sejawat) teman seperjalanan atau satu profesi bahkan ada pula yang mengatakan istri ….

.

Tafsir Ibnu Katsir

Firman Allah Subhaanahu wa Ta’aala

وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ

Dan (berbuat baiklah kepada) teman-teman sejawat. (An-Nisaa’: 36)

Daftar Isi: Kajian Tafsir Al-Qur’an Juz Ke-5

As-Sauri meriwayatkan dari Jabir Al-Ju’fi, dari Asy-Sya’bi, dari Ali dan Ibnu Mas’ud, yang dimaksud ialah istri.

Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah diriwayatkan dari Abdur Rahman ibnu Abu Laila, Ibrahim An-Nakha’i, Al-Hasan, dan Sa’id ibnu Jubair dalam salah satu riwayatnya yang menyatakan hal selain itu.

Berikutnya: Berbuat Baik kepada Ibnu Sabil

Ibnu Abbas dan sejumlah ulama mengatakan, yang dimaksud adalah tamu. Ibnu Abbas Mujahid, Ikrimah, dan Qatadah mengatakan bahwa yang dimaksud adalah teman seperjalanan.

Hanya Allah Yang Maha mengetahui dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

 

Berita sebelumyaBerbuat Baik kepada Ibnu Sabil
Berita berikutnyaHadits yang Menganjurkan Berbuat Baik kepada Tetangga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here