Berbuat Baik kepada Karib-kerabat, Anak Yatim dan Orang Miskin

Kajian Tafsir Surah An-Nisaa’ ayat 36

0
72

Kajian Tafsir Surah An-Nisaa’ ayat 36. Kewajiban terhadap Allah dan terhadap sesama manusia, Setelah Allah memerintahkan memenuhi hak-Nya, yaitu dengan mentauhidkan-Nya, Dia juga memerintahkan untuk memenuhi hak hamba, dari mulai yang terdekat lebih dahulu, yaitu kedua orang tua, berbuat baik kepada karib-kerabat, anak yatim dan orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan apa yang kamu miliki. Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالا فَخُورًا

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan apa yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri, (Q.S. An-Nisaa’ : 36)

.

Tafsir Ibnu Abbas

… Wa bi dzil qurbā (dan karib-kerabat), yakni Dia menyuruh menghubungkan tali kekerabatan.

Wal yatāmā (dan anak-anak yatim), yakni Dia menyuruh agar berbuat baik kepada anak-anak yatim, menjaga harta mereka, dan lain sebagainya.

Wal masākīna (dan orang-orang miskin), yakni Dia memotivasi untuk bersedekah kepada orang-orang miskin.

.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an

  1. … karib-kerabat[3], anak-anak yatim[4], orang-orang miskin[5],

[3] Baik kerabat dekat maupun jauh, yakni kita diperintah berbuat baik kepada mereka dalam ucapan maupun perbuatan, serta tidak memutuskan tali silaturrahim dengan mereka.

[4] Anak yatim adalah anak-anak yang ditinggal wafat bapaknya saat mereka masih kecil. Mereka memiliki hak yang harus ditunaikan oleh kaum muslimin. Misalnya menanggung mereka, berbuat baik kepada mereka, menghilangkan rasa sedih yang menimpa mereka, mengajari adab dan mendidik mereka sebaik-baiknya untuk maslahat agama maupun dunia mereka.

[5] Misalnya dengan memenuhi kebutuhan mereka, mendorong orang lain memberi mereka makan serta membantu sesuai kemampuan.

.

Tafsir Jalalain

  1. … (kepada karib kerabat) atau kaum keluarga (anak-anak yatim, orang-orang miskin, ….

.

Tafsir Ibnu Katsir

Kemudian berbuat baik kepada ibu bapak ini diiringi dengan perintah berbuat baik kepada kaum kerabat dari kalangan kaum laki-laki dan wanita. Seperti yang disebutkan di dalam sebuah hadits:

الصَّدَقَةُ عَلَى الْمِسْكِينِ صَدَقَةٌ، وَعَلَى ذِي الرَّحِمِ صَدَقَةٌ وَصِلَةٌ

Bersedekah kepada orang miskin adalah sedekah, tetapi kepada kerabat adalah sedekah dan silaturahmi.

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta’aala  berfirman:

وَالْيَتامى

Dan (berbuat baiklah kepada) anak-anak yatim. (An-Nisaa’: 36)

Daftar Isi: Kajian Tafsir Al-Qur’an Juz Ke-5

Demikian itu karena mereka telah kehilangan orang yang mengurus kemaslahatan mereka dan orang yang memberi mereka nafkah. Maka Allah memerintahkan agar mereka diperlakukan dengan baik dan dengan penuh kasih sayang.

Kemudian disebutkan oleh firman-Nya:

وَالْمَساكِينِ

Dan (berbuat baiklah kepada) orang-orang miskin. (An-Nisaa’: 36)

Berikutnya: Berbuat Baik kepada Tetangga Dekat dan Tetangga Jauh

Mereka adalah orang-orang yang memerlukan uluran tangan karena tidak menemukan apa yang dapat mencukupi kebutuhan hidup mereka. Maka Allah memerintahkan agar mereka dibantu hingga kebutuhan hidup mereka cukup terpenuhi dan terbebaskan dari keadaan daruratnya. Pembahasan mengenai fakir miskin ini akan disebutkan secara rinci dalam tafsir surah Bara’ah (surah At-Taubah).

Hanya Allah Yang Maha mengetahui dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Berita sebelumyaBerbuat Baik kepada Tetangga Dekat dan Tetangga Jauh
Berita berikutnyaBerbuat Baik kepada Kedua Orang Tua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here