Menyimpulkan Isi Surat Pribadi

0
240

Unit ini dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar 4.13 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan.

Bahan Bacaan dan Pembahasan

Secara umum pembelajaran pada subunit ini mengarahkan pada bagaimana kita dapat menghasilkan sebuah tulisan dalam bentuk teks surat.

Pernahkah kamu menulis surat? Tahukah Kamu bahwa surat dapat digunakan untuk mengungkapkan aspirasi, misalnya surat untuk presiden. Selain mengungkapkan aspirasi, surat dapat digunakan untuk  mengekspresikan rasa rindu kepada teman yang jauh.

Sebelum menulis surat, mari kita kenali informasi-informasi isi dalam contoh teks surat berikut sekaligus untuk membandingkan tugas kita pada LKPD 7.3.

LIHAT : LKPD Menyimpulkan Isi Surat Pribadi

Bacalah contoh teks surat berikut dengan cermat!

Malang, 14 November 2015

       Salam semangat pelajar!

       Apa kabarmu, Ozi? Ozi saya dengar kotamu sedang dilanda bencana asap. Aku khawatir akan keadaanmu. Apakah kamu baik-baik saja? Apakah kamu dapat belajar di sekolah tanpa terganggu asap?

       Liburan semester ini, Ayahku akan memberikan penyuluhan program Desa Bebas Api di desamu. Aku diajak oleh ayah agar dapat mengunjungimu. Apakah kamu ada kesibukan liburan semester ini? Jika tidak, aku akan sangat senang dapat mengunjungimu.

       Sekian dulu, kutunggu balasanmu.

Sepupu dan sahabatmu,

Fiola

  1. Hal yang ingin diketahui Fiola dari sahabatnya adalah apakah Fiola diajak oleh ayahnya untuk mengunjungi Ozi?

Jawab: C

2. Perasaan penulis surat ketika membuat surat tersebut adalah khawatir.

Jawab: D

3. Orang yang bermaksud untuk mengunjungi penerima surat adalah Fiola.

Jawab: B

4. Tindakan yang diharapkan penulis surat tersebut adalah jawaban dari penerima surat.

Jawab: A

5. Isi surat tersebut berkaitan dengan masalah pribadi.

Jawab:  A

Latihan berpikir kritis memahami surat pribadi.

       Ibu Ratna yang baik,

       Ketika surat ini saya tulis, saya sedang di atas perahu diantar Bapak bersama Pak Guru menuju kecamatan untuk mengikuti lomba cerdas cermat. Saya bangga mengenakan seragam sekolah yang Ibu kirim untuk kami. Semua buku yang Ibu sediakan buat kami sangat membantu untuk belajar ilmu pengetahuan umum. Bapak juga sudah sadar pentingnya sekolah buat saya. Bapak akan kerja keras supaya saya bisa sekolah di SMA.

       Ibu Ratna yang baik, hari ini juga saya kehilangan sahabat karena dia harus ikut orang tuanya pindah ke Banjarmasin. Saya sedih, tapi langit biru di atas Danau Jempang telah menghibur hati yang gundah.

       Kedatangan Ibu dan Mister ke tempat kami membuat saya ingin terus belajar tentang apa saja. Kami memang jauh berada di pedalaman, kami tak punya cita-cita yang tinggi, kami hanya ingin bisa berbagi ilmu seperti Ibu dan Mister. Kami tak ingin danau yang indah ini digusur oleh perusahaan batu bara. Karena itu kami harus pandai.

Salam dari Danau Jempang,

Diah

Surat tersebut dikirim oleh Diah ditujukan kepada Ibu Ratna. Diah mengirim surat tersebut ingin menyampaikan perasaan terhadap hal yang sedang dialaminya. Hal tersebut disebutkan dalam  isi suratnya, misalnya:

  • Merasa bangga mengenakan seragam sekolah ketika menuju kecamatan untuk mengikuti lomba cerdas cermat.
  • Merasa bangga karena ayahnya sudah sadar pentingnya sekolah buatnya.
  • Merasa sedih karena dia harus ikut orang tuanya pindah ke Banjarmasin.
  • Merasa ingin terus belajar tentang apa saja dan ingin berbagi ilmu.
  • Diah tak ingin danau yang indah itu digusur oleh perusahaan batu bara. Karenanya dia harus pandai.

Teks tersebut merupakan jenis surat pribadi. Surat pribadi adalah surat yang berkiatan dengan masalah pribadi atau keluarga.

Surat pribadi memiliki kekhasan tersendiri. Surat pribadi pada umumnya menggunakan ragam bahasa tidak baku. Namun, ada pula surat pribadi yang bersifat resmi, contohnya surat lamaran pekerjaan, surat undangan pernikahan, surat undangan syukuran. Surat niaga adalah surat yang berisikan masalah-masalah bisnis atau perniagaan. Yang termasuk ke dalam surat niaga, misalnya, surat penawaran barang, surat permintaan. Berdasarkan sifatnya, surat niaga bersifat resmi.

Sekian dulu pembahasan kali ini. Ikuti pembahasan lainnya seperti yang terdaftar dalam link berikut!

LIHAT MATERI : Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester Genap 

Semoga bermanfaat!

Sumber:

Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. Cetakan ke-4, 2017 (Edisi Revisi)

Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VII. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. Cetakan ke-4, 2017 (Edisi Revisi)

Paket Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2019.

Berita sebelumyaMengidentifikasi Ciri Surat Dinas
Berita berikutnyaMenyimpulkan Isi Surat Dinas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here