Latihan Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 7 K-13

0
1301

Sebagian besar contoh soal-soal di bawah ini merupakan gambaran soal yang menjadi acuan dalam mengembangkan soal HOTS  (Higher Order Thinking Skills) dari  Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.

Berdasarkan indikator pencapaian kompetensi atau indikator kunci yang harus dicapai, soal-soal tersebut minimal memerlukan proses berpikir ranah analisis (C4) atau level 3 (penalaran) yang merupakan level HOTS. Karena untuk menjawab soal-soal pada level 3 peserta didik harus mampu mengingat, memahami, dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural serta memiliki logika dan penalaran yang tinggi untuk memecahkan masalah-masalah konstekstual (situasi nyata yang tidak rutin). Level penalaran mencakup dimensi proses berpikir menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasi (C6).

Dalam pandangan admin, untuk menambah pemahaman dan pengalaman, semestinya peserta didik mencoba berlatih mengerjakan soal-soal di bawah, supaya tatkala menghadapi pengembangan soal HOTS yang setara akan mampu menjawabnya dengan tepat.

Selamat berlatih!

LIHAT JUGA: Contoh Kisi-kisi PAS Bahasa Indonesia Kelas 7 

A. Pilihlah pada jawaban yang paling tepat!

  1. Cermati penggalan teks deskripsi berikut!

Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.

Objek/hal yang dideskripsikan dalam teks tersebut adalah ….

A. seorang ayah

B. fostur tubuh

C. ciri fisik

D. sosok ayahku

2. Cermati penggalan teks deskripsi berikut!

(1) Kelas VII  C sangat bersih, tidak  ada  sampah  berserakan  atau  coretan-coretan. (2) Mereka kompak membersihkan kelasnya bersama-sama. (3) Setiap hari mereka bergantian membersihkan kelas. (4) Tidak heran kalau kelas mereka menjadi kelas terbersih tahun ini.

Kalimat perincian pada penggalan teks deskripsi di atas terdapat pada kalimat….

A. Pertama

B. Kedua

C. Ketiga

D. Keempat

3. Perhatikan kalimat berikut!

Gedung itu direnovasi […] ratusan tenaga ahli bangunan dari berbagai daerah di Indonesia.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

A. menyibukkan

B. menampilkan

C. menjadikan

D. melibatkan

4. Perhatikan teks berikut!

Banjir bandang […]⁽¹⁾ banjir yang besar dan datang dengan tiba-tiba. Air mengalir dengan deras menghanyutkan benda-benda besar […]⁽²⁾ banjir ini merusak berbagai sarana prasarana yang dilewatinya’

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….

A. ⁽¹⁾yaitu, ⁽²⁾dan

B. ⁽¹⁾merupakan, ⁽²⁾seperti

C. ⁽¹⁾merupakan, ⁽²⁾dan

D. ⁽¹⁾yaitu, ⁽²⁾seperti

5. Bacalah teks berikut!

Salah satu museum yang banyak dikunjungi pelajar adalah museum geologi Bandung. Museum ini didirikan pada zaman kolonialisme Belanda. Didirikan pada masa revolusi industridi benua Eropa. Saat itu para ahli geologi sedang giat melaksanakan penyelidikan geologi.

Perbaikan penulisan huruf kapital pada teks tersebut adalah ….

A. Museum geologi Bandung, Benua Eropa

B. Museum Geologi Bandung, Benua Eropa

C. museum GeologiBandung, Benua Eropa

D. museum Geologi Bandung, benua eropa

6. Cermati kutipan teks deskripsi berikut!

Setiap penari profesionil, pada saat berlomba pasti menggunakan metoda secara konsekwen, berbeda dengan yang amateran.

Perbaikan kata bercetak miring dalam kalimat tersebut yang tepat adalah ….

A. profesional, methoda, konsekuwen, amatiran

B. profesionil, metode, konsekuen, amatiran

C. profesional, metode, konsekuen, amatiran

D. profesional, methoda, konsekuwen, amatir

7. Cermati penggalan teks deskripsi berikut!

Kelapa disebut sebagai tumbuhan seribu manfaat bukan tanpa alasan. Hal ini disebabkan memang seluruh bagian tumbuhan ini dapat dimanfaatkan mulai dari batang hingga pelepahnya sekalipun. Buah kelapa sendiri diteliti dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti luka bernanah, kolera, disentri, TBC hingga wasir. Selain itu air serta daging buah kelapa juga bagus untuk pencernaan sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengobati keracunan. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bangunan, pelepahnya dapat dimanfaatkan untuk membuat janur, kulit ketupat, maupun dibakar ketika kering, lidinya pun juga dapat dimanfaatkan untuk membuat sapu.

Simpulan dari penggalan teks deskripsi bagian deskripsi manfaat di atas adalah ….

A. Manfaat pohon kelapa

B. Mukjizat pohon kelapa

C. Manfaat kelapa

D. Mukjizat kelapa

8. Cermatilah teks di bawah ini!

(1) Pada hari libur, lokasi Pancuran 13 dipenuhi pengunjung. (2) Di kawasan ini juga terdapat sebuah air terjun yang hanya setinggi kurang dari 10 meter dan tentu saja berair panas. (3) Untuk masuk ke Pancuran 13, pengunjung tidak ditarik tiket masuk. (4) Tetapi untu masuk ke Pancuran 5, pengunjung harus membeli karcis seharga Rp. 1.000,-

Kata depan di terdapat pada kalimat nomor ….

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

9. Cermatilah teks di bawah ini!

Pada zaman sekarang, tari tanggai selain dipertontonkan dalam acara pernikahan masyarakat Palembang, tari ini juga dipertontonkan dalam acara-acara resmi organisasi dan pergelaran seni di sekolah-sekolah. Sanggar-sanggar seni di kota Palembang banyak yang menyediakan jasa pergelaran tarian tanggai ini, lengkap dengan kemewahan pakaian adat Sumatra Selatan.

Kata dasar dari kata bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ….

A. tonton

B. tontonan

C. pertonton

D. tontonkan

10. Cermatilah teks di bawah ini!

Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap wisata di Pantai Senggigi.

Struktur teks deskripsi di atas adalah bagian ….

A. identifikasi

B. klasifikasi

C. deskripsi bagian

D. penjelasan

11. Bacalah teks berikut!

Di sebuah padang rumput ada tiga ekor biri-biri bersaudara. Karena musim kemarau padang rumput mulai mengering. Ketiga biri-biri itu bingung dan mulai merasa kuatir. Badannya mulai menjadi kurus karena kurang makan. Akhirnya, mereka berunding untuk pindah ke tempat lain. Si Sulung mengusulkan agar mereka pindah ke padangrumput lain, tetapi mereka harus menyeberangi sungai yang ada titian di atasnya.

Cuplikan tersebut lebih banyak menginformasikan unsur….

A. tema

B. latar

C. penokohan

D. amanat

12. Cermati kutipan teks cerita berikut!

Pada suatu hari, si Bongkok dan si Buta bersama-sama pergi ke pasar untuk berbelanja. Setiba di pasar, si Buta memberikan uang dua ribu rupiah kepada si Bongkok. Olehnya si Bongkok disuruh membeli nasi dan sepotong daging yang agak keras.

Cerita itu terjadi di….

A. rumah

B. pasar

C. sekolah

D. rumah makan

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 13 s.d. 15!

Di sebuah hutan, hiduplah seekor burung nuri yang cantik. Ia memiliki bulu yang indah dan suara yang merdu. Namun, entah mengapa burung itu selalu menyendiri. Berbeda dengan burung pipit, walaupun tidak terlalu cantik ia sangat ramah sehingga mempunyai banyak teman. Burung pipit merasa kasihan melihat burung nuri selalu menyendiri mencoba untuk menyapanya.

Dengan hati yang gembira mereka mengelilingi seluruh hutan. Akan tetapi, dari kejauhan terlihat tiga orang pemburu mulai memasuki hutan lengkap dengan senjata di tangannya.

“Kira-kira akan menembak apa lagi mereka hari ini?” tanya burung pipit.

“Ayo, lebih baik kita menyelamatkan diri agar tidak ditembak,” ajak burung beo.

Burung pipit pun terbang kembali ke hutan. Akan tetapi, betapa terkejutnya ia ketika melihat burung nuri tidak ada di tempatnya. Perlahan-lahan burung pipit menyusuri hutan. Tiba-tiba ia melihat para pemburu memasukkan sesuatu ke dalam karung.

Akhirnya, burung-burung lain tak tega menolak permintaan burung pipit. Berbondong-bondong mereka masuk ke hutan dan langsung mematuki para pemburu itu sampai karung berisi burung nuri terlepasdan ia berhasil keluar.“Terima kasih teman-teman. Kalian semua telah menyelamatkan, padahal selama ini aku sering bertindak kasar pada kalian,” ujarnya malu.

13. Tokoh utama pada teks cerita tersebut adalah ….

A. burung nuri

B. burung pipit

C. burung beo

D. para pemburu

14. Penyebab konflik pada teks tersebut adalah ….

A. burung nuri selalu menyendiri

B. burung nuri tidak ada di tempatnya

C. burung nuri bertemu kasih kepada burung-burung lain

D. burung nuri bersama burung-burung lain mengelilingi hutan

15. Amanat pada teks cerita tersebut adalah …

A. selalu berteman dengan siapa pun!

B. kita harus memberikan solusi kepada teman!

C. kita harus menolong teman yang mempunyai masalah!

D. janganlah sombong dengan membanggakan diri sendiri

16. Cermati kutipan cerita berikut!

Pada suatu hari, si Bongkok dan si Buta bersama-sama pergi ke pasar untuk berbelanja. Setiba di pasar, si Buta memberikan uang dua ribu rupiah kepada si Bongkok. Olehnya si Bongkok disuruh membeli nasi dan sepotong daging yang agak keras.

Yang dimaksud kata sandang dalam cuplikan teks di atas adalah …..

A. pada

B. si

C. oleh

D. agak

17. Cermati kutipan cerita berikut!

“Mengapa pagi ini waktu sangat kacau?” ucap induk gagak. Ia lalu segera mencari anaknya. Namun, ia tidak menemukannya. Ia pun kembali ke sarang. Cemas dan rasa sedih menjadi satu.

Cuplikan tersebut lebih layak ditempatkan ke dalam bagian….

A. orientasi

B. komplikasi

C. evaluasi

D. resolusi

18. Cermati kutipan cerita berikut!

Tersebut di sebuah pegunungan, tinggal seorang petani miskin. Yang setiap harinya menggarap sawah. Walaupun sudah bekerja dengan keras hidupnya masih tetap miskin. Pada suatu hari petani itu melamun di tepi sungai.

Penggalan cerita itu termasuk ke dalam bagian….

A. evaluasi

B. resolusi

C. konflikasi

D. orientasi

19. Cermati kutipan cerita berikut!

Zaman dahulu kala (1), di Kerajaan Kahyangan (2), ada tujuh puteri yang sangat jelita. Nama-nama mereka diambil dari nama bunga (3): Mawar, Dahlia, Cempaka, Tanjung, Kenanga, Cendana dan si bungsu Melati. (4) Mereka masing-masing mempunyai kesukaan yang berbeda. Yang paling menonjol diantaramereka adalah si bungsu Melati.

Penggunaan kata gabung yang tidak efektif ditandai dengan nomor….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

20. Cermati kutipan cerita berikut!

“Aah …, kalau begini naga-naganya akan habislah binatang di hutan ini dimakan si raksasa jahat itu, maka punahlah kita semua,” demikian kata si Macan Loreng raja hutan itu.

Kata maka dalam cuplikan tersebut semakna dengan ….

A. seharusnya naga

B. karena itu

C. sebabnya

D. semakanya

21. Bacalah kalimat petunjuk berikut!

Petunjuk membuat agar-agar

  • Masukkan 4 gelas susu cair atau santan kental!
  • Setelah mendidih, tuang adonan ke dalam cetakan!
  • Tuang satu bungkus agar-agar bubuk ke dalam panci!
  • Tambahkan 2 gelas gula pasir dan sedikit garam!
  • Panaskan di atas api sedang sambil terus diaduk!

Urutan yang tepat adalah ….

A. (1)-(3)-(4)-(2)-(5)

B. (1)-(4)-(3)-(5)-(2)

C. (3)-(1)-(4)-(5)-(2)

D. (3)-(2)-(5)-(1)-(4)

22. Bacalah teks di bawah ini!

(1) Campurkan dengan santan dan tepung beras. (2) Celupkan cetakan kembang goyang ke dalam adonan kemudian celupkan ke dalam minyak panas. (3) Kocok telur bersama gula sampai gula hancur. (4) Aduk adonan hingga licin. (5) Goreng sampai matang.

Teks tersebut merupakan prosedur pembuatan….

A. santan

B. adonan

C. kembang goyang

D. menggoreng makanan

23. Perhatikan cuplikan berikut!

Setelah itu, ikutilah langkah-langkah berikut ini!

Pertama, lumurilah stik hingga menjadi berbentuk bintang seperti contoh dalam gambar. Kedua, warnailah stik es krim dengan cat atau spidol sesuai dengan warna kesukaanmu. Ketiga, untuk membuat gantungannya, kepanglah tiga helai benang lalu ikatlah pada stik yang telah berbentuk bintang tadi. Keempat, potonglah enam lembar kertas krep dengan warna sesuai dengan selera.

Kemudian, lekatkanlah pada benang dengan menggunakan lem.

Cuplikan tersebut menjelaskan prosedur pembuatan….

A. kerajinan tangan

B. wadah es krim

C. gantungan kunci

D. rak buku

24. Perhatikan cuplikan berikut!

Kerdus adalah suatu barang yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk melindungi atau mengemas suatu produk selama distribusi dari produsen sampai ke konsumen. Sampah kerdus sebenarnya dapat dimanfaatkan kembali. Kerdus yang sudah tidak terpakai lagi dapat diproses kembali dengan cara didaur ulang kemudian dibuat menjadi sebuah kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual.

Dalam suatu struktur teks prosdur, cuplikan tersebut termasuk ke dalam bagian…

A. tujuan

B. abstrak

C. alat dan bahan

D. langgkah-langkah kegiatan

25. Bacalah teks di bawah ini!

Bahan:

1 bungkus mie instan

2 gelas (300 cc) air

Langkah-langkah:

1)  Rebus mie dalam 2 gelas (300 cc) air selama 3 menit sambil diaduk.

2)  Sementara mie direbus, masukkan bumbu, kecap manis, dan saus cabe ke dalam piring.

3)  Tiriskan mie, kemudian campur dengan bumbu aduk hingga rata.

4)  Taburkan bawang goreng dan mie siap dihidangkan.

Bagian isi teks prosedur yang merupakan aturan atau batasan dalam hal bahan/kegiatan dalam melakukan kegiatan terdapat pada kalimat…

A. Rebus mie dalam 2 gelas (300 cc) airselama 3 menit sambil diaduk.

B. Sementara mie direbus, masukkan bumbu, kecap manis, dan saus cabe ke dalam piring.

C. Tiriskan mie, kemudian campur dengan bumbu aduk hingga rata.

D. Taburkan bawang goreng dan mie siap dihidangkan.

26. Bacalah teks di bawah ini!

Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca. Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca. Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghormatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.

Tujuan dalam teks prosedur pada teks di atas adalah ….

A. Untuk memahami cara membaca puisi di atas pentas

B. Untuk mengetahui cara membaca puisi dengan baik

C. Untuk mengembangkan secara kreatif sebuah puisi

D. Untuk mengetahui teknik membaca pusi di atas pentas

27. Bacalah teks di bawah ini!

(1)  Pegang ujung tabung dasar angklung (horisontal).

(2)  Getarkan angklung dengan getaran ke kiri dan ke kanan, dengan posisi angklung tetap tegak (horisontal).

(3)  Sewaktu angklung digetarkan, sebaiknya dilakukan dengan frekuensi getaran yang cukup sering sehingga suara angklung lebih halus dan rata.

(4)  Mainkan angklung sambil berdiri agar hasil permainan lebih baik.

Kalimat yang menggunakan keterangan cara ditandai dengan nomor ….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

28. Bacalah teks di bawah ini!

  • Sediakan bahan untuk membuat kue
  • Kemudian, masukkan gula dan telur sedikit demi sedikit
  • Terakhir masukkan tepung terigu dan mentega kemudian aduk hingga merata
  • Anda sebaiknya mencampurkan mentega yang sudah cair
  • Masukkan adonan ke dalam cetakan dan panggang selama 15 menit
  • Setelah matang kue siap untuk disajikan

Kalimat saran pada teks prosedur di atas adalah …

A. Setelah matang kue siap untuk disajikan

B. Masukkan adonan ke dalam cetakan

C. Anda sebaiknya mencampurkan mentega yang sudah cair

D. Sediakan bahan untuk membuat kue

Bacalah kutipan teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 29 s.d. 30!

(1) Siapa yang tidak tahu telur asin? Makanan yang dibuat dari telor bebek ini memiliki cita rasa asin namun enak di lidah. Selain rasanya lezat, telor asin juga memiliki banyak kandungan gizi dan sangat baik untuk anak. Makanan ini dapat dijumpai di warung-warung atau supermarket. (2) Namun, tahukah Anda bahwa Anda pun bisa membuat telor asin sendiri yang enak dan lezat. Cara membuatnya sangat mudah dan praktis. (3) Bahan yang dibutuhkan untuk membuat telor asin adalah 10-30 butir telor bebek, 500 gram garam, 1,5 s.d. 2 liter air, dan topeles berbahan plastik yang bisa ditutup rapat. (4) Cara membuat telur asin adalah sebagai berikut.

  1. Telur direndam di dalam air bersih kurang lebih dua menit!
  2. Bersihkan telor dengan menggunakan sabun dan spon!
  3. Keringkan telur lalu gosok dengan amplas halus!
  4. […..]
  5. Campurkan garam dan air di tempat lain kemudian tuangkan ke dalam toples berisi telur tadi!
  6. Tutuplah toples dengan rapat dan biarkan selama dua belas hari!
  7. Langkah terakhir adalah merebusnya dengan api sedang selama satu jam!

29. Tujuan penulisan pada latar teks tersebut terdapat pada bagian …

A. Mengawetkan telur bebek menjadi telor asin

B. Membuat telur asin yang enak dan lezat

C. Menjual telur asin produk sendiri

D. Memanfaatkan telur asin menjadi lauk

30. Langkah pembuatan telur asin yang rumpang pada teks tersebut dapat diisi dengan …

A. Garam campurkan dengan telur yang sudah siap!

B. Petunjuk mendapatkan telur asin yang enak dan lezat!

C. Proses membuat makanan dengan cita rasa asin!

D. Telur diletakkan pada topeles, disusun dengan rapi!

31. Cermati kutipan teks berikut!

Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi masyarakat di seluruh dunia. Banyak penelitian terbaru mengklaim bahwa kopi mempunyai dampak positif terhadap tubuh, terutama kesehatan hati. Kerusakan hati bisa disebabkan beberapa hal, seperti alkohol, virus hepatitis, pelamakan hati nonalkohol, sirosis, hingga kanker hati. Konsumsi kopi pun dihubungkan dengan perbaikan kadar enzim-enzim yang menyokong fungsi hati, seperti SGOT, SGPT dan GGT. Sebuah penelitian yang menelaah lebih dari 430.000 partisipan menemukan bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari terkait dengan menurunnya faktor risiko sirosis hingga 44%. Selain itu, mengonsumsi kopi sebanyak 2-3 cangkir dapat menurunkan risiko sirosis hingga 57%.

Informasi pada kutipan teks tersebut adalah …

A. efek positif meminum kopi 2-3 cangkir sehari

B. menganjurkan minum kopi setiap hari agar menjadi obat

C. meminum kopi dengan frekuensi teratur dan tidak berlebihan dapat mencegah jantung berdebar-debar

D. sulit tidur, kepala pusing, dan gangguan lainnya dialami oleh orang yang jarang minum kopi

32. Cermati kutipan teks berikut!

Kopi merupakan minuman yang popular bagi sebagian besar pria. Kafein sebagai kandungan utama kopi bersifat stimulan yang membuat kecanduan. Kafein mempengaruhi sistem kardiovaskuler, seperti meningkatkan detak jantung, tekanan darah. Dampak negatif itu muncul jika kopi dikonsumsi secara berlebihan. Bagi sebagian besar orang, minum dua sampai tiga cangkir kopi tidak memberikan dampak negatif. Namun, meminum kopi dengan porsi lebih dari itu bisa membuat jantung berdebar-debar, sulit tidur, kepala pusing, dan gangguan lainnya. Oleh karena itu, bagi yang mengonsumsi kopi agar tidak mengantuk, misalnya karena kekurangan tidur, disarankan agar konsumsinya di sepanjang hari.

Informasi pada kutipan teks tersebut adalah …

A. efek negatif meminum kopi secara berlebihan

B. kecanduan meminum kopi berefek negative

C. meminum kopi dengan frekuensi berlebihan hanya akan menimbulkan jantung berdebar-debar

D. sulit tidur, kepala pusing, dan gangguan lainnya dialami oleh orag-orang tertentu

33. Bacalah paragraf berikut!

Penyakit gigi pada anak dapat berdampak pada kesehatan masa depannya. Salah satunya adalah struktur gigi yang tak benar karena kerusakan gigi terutama pada gigi susu. Sementara itu, sakit gigi karena gigi berlubang dapat mengganggu aktivitas belajar sehingga prestasi mereka pun akan menurun.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….

A. Dampak penyakit gigi pada kesehatan

B. Kerusakan gigi berlubang mengganggu aktivitas belajar

C. Sakit gigi berlubang dianggap hal sepele

D. Gigi susu berlubang menjadikan struktur gigi jelek

34. Cermatilah teks berikut!

(1) Ginjal manusia ukurannya sangat kecil, bahkan anatominya sangat sederhana. (2) walaupun ukurannya sangat kecil, ginjal sangt vital bagi tubuh kareba tempat terjadinya proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh. (3) kesehatan ginjal yang terganggu dapat menyebabkan berbagai gejala sistemik yang bervariasi. (4) Biasanya pada tingkat awal, kerusakan ginjal tidak terlalu terasa sehingga terkadang banyak orang yang mengabaikannya. (5) Namun, penanganan yang tepat dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah …

A. (2)

B. (3)

C. (4)

D. (5)

35. Bacalah teks berikut!

Bagi anak-anak, bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, bermain dapat digunakan untuk melatih otak si kecil agar siap belajar. Belajar pun bisa menangani emosi. Hal ini dapat diibaratkan otot, kalau tidak dilatih tidak akan terbentuk. Permainan memiliki banyak manfaat bagi anak dalam usia perkembangan.

Simpulan isi teks tersebut adalah ….

A. Bermain tak punya kaitan dengan kecerdasan anak.

B. Setiap anak usia perkembangan perlu diberikan permainan

C. Permainan dapat mempengaruhi kondisi emosional anak

D. Permainan hanya membuat anak menjadi senang semata

36. Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini!

Dalam sebuah penelitian tentang minat baca, hanya 22% responden yang menyukai buku digital. Sebagian besar responden lebih menyukai buku cetak meskipun buku digital memiliki beberapa unggulan. Selain alasan kenyamanan mata pada saat membaca, sedikitnya judul buku dalam versi digital juga menjadi alasan responden lebih menyukai buku cetak.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah…

A. Kenyamanan mata dalam membaca menjadi alasan memilih buku digital.

B. Hanya sebagian kecil responden menyukai buku digital.

C. Buku digital memiliki banyak keunggulan daripada buku cetak.

D. Koleksi buku digital sangat bagus sehingga disukai oleh responden.

37. Cermatilah kalimat acak berikut!

  1. Hutan bakau menjadi tempat hidup biota laut.
  2. Hutan bakau memiliki beberapa fungsi dan manfaat.
  3. Hutan bakau juga menurunkan kandungan karbondioksida (CO2) di udara dan penambat bahan-bahan pencemar (racun) di perairan pantai.
  4. Pada saat datang badai, hutan bakau berfungsi sebagai penahan badai dan angin yang bermuatan garam.
  5. Di samping itu, hutan bakau dapat menahan intrusi (peresapan) air laut ke daratan.
  6. Hutan bakau juga menyediakan beberapa unsur penting bahan obat-obatan.
  7. Manfaat hutan bakau juga dapat dilihat dari segi biologi.
  8. Secara fisik hutan bakau dapat menahan abrasi pantai.
  9. Selain itu, masyarakat sekitar memanfaatkan hutan bakau sebagai sumber mata pencaharian.

Susunan kalimat teks LHO tersebut yang tepat adalah ….

A. 2-8-4-5-3-7-1-9-6

B. 1-2-6-8-4-5-7-6-9

C. 2-6-4-8-5-3-7-9-1

D. 2-8-4-5-3-7-1-9-6

38. Cermati kutipan teks berikut!

Demikianlah kedahsyatan tsunami, sebagai suatu peristiwa alam yang tidak bisa diperkirakan jauh sebelumnya. Kita harus selalu waspada karena bencana tersebut bisa terjadi kapan saja. Banyak-banyaklah berdoa untuk keselamatan pribadi, keluarga, dan sahabat-sahabat agar bencana seperti itu tidak lagi menimpa pada umat manusia.

Kata kerja tindakan yang ada pada teks di atas adalah….

A. bencana

B. menimpa

C. terjadi

D. diperkirakan

39. Bacalah teks berikut!

Sebagai makhluk hidup, pasti kita memerlukan kalori, baik berupa makanan atau pun minuman. Minum merupakan salah satu aktivitas pemenuhan kalori yang sangat diperlukan oleh tubuh karena sebagian besar bagian tubuh kita terdiri atas air. Sekarang ini, kita akan amat mudah menemukan berbagai minuman di sekitar kita. Berbagai minuman tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan kemasan, bahan yang dikandung, khasiat, khasiat, penyajian, dan produk lokal/nonlokal.

Perbaikan kata kalori pada teks tersebut adalah ….

A. nutrisi

B. gizi

C. vitamin

D. karbohidrat

40. Bacalah teks berikut!

Tari tanggai ditarikan oleh para perempuan dengan jumlah ganjil. Biasanya dipentaskan untuk persembahan kepada para Dewa. Tari ini mengutamakan kelentikan jari-jari tangan yang melambangkan kasih sayang.

Perbaikan penulisan ejaan pada teks tersebut adalah ….

A. dewa, Tanggai

B. kasih-sayang, dewa

C. di pentaskan, Tanggai

D. jari tangan-jari tangan, di tarikan

B. Uraian

41. Bacalah teks berikut!

Meskipun sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu.

Proses pembentukan kata menuntut adalah ….

42. Cermati kutipan teks berikut!

Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar. Angin lembut terasa mengelus kulit. Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam membuat keindahan pantai ini semakin menarik. Ombak yang tenang di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap. Dari kejauhan tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih putih bersih. Sungguh elok pemandangan pantai ini. Bukit-bukit tangguh nampak menjadi latar bagian pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya benar-benar seperti lukisan di kanvas alam yang luas terbentang.

Teks deskripsi menggunakan majas untuk menggambarkan/ melukiskan objek.

Buatlah dua kalimat bermajas seperti yang terdapat pada contoh kutipan di atas!

43. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

Tiba-tiba, Nataga, pemimpin perang seluruh binatang di Tana Modo, segera melesat menyeret ekor birunya. Mendadak, ekor Nataga mengeluarkan api besar. Nataga mengibaskan api pada ekornya yang keras, membentuk lingkaran sesuai tanda yang dibuat oleh semut, rayap, dan para tikus. Lalu, ia melompat bagai kilat dan mengepung serigala dalam api panas. Kepungan api semakin luas. Serigala-serigala tak berdaya menghadapi kekuatan si ekor biru. Teriakan panik dan kesakitan terdengar dari serigala-serigala yang terbakar. Nataga tidak memberi ampun kepada para serigala licik itu.

Keajaiban apakah yang dialami tokoh pada paragraf tersebut?

44. Bacalah teks prosedur berikut!

Mematikan Komputer dengan Benar

Perlu belajar mematikan komputer secara benar sehingga tidak cepat rusak dan berdampak negatif. Untuk mematikan komputer ada beberapa tahap yang harus diperhatikan.

  1. Pilih Shut down dan tunggu beberapa saat hingga komputer Anda benar-benar mati.
  2. Klik menu Start (XP)/Logo Windows (7) di pojok kiri bawah.
  3. Setelah komputer benar-benar mati, kemudian tekan tombol pada monitor dan speaker, stabilizer dan perangkat komputer lainnya.
  4. Tutup semua aplikasi yang Anda gunakan.

Setelah itu baru cabut kabel dari stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghemat daya dan mengantisipasi terjadinya korsleting listrik.

Urutan yang tepat untuk mematikan komputer pada teks di atas adalah ….

45. Cermatilah teks di bawah ini!

Batuk sebetulnya bukan penyakit refleks, karena mengalami rangsangan udara yang berpolusi, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas yang merangsang atau kekurangan udara. Batuk juga dapat terjadi karena saluran pernapasan atau paru-paru terkena infeksi kuman-kuman tertentu. Udara dingin atau lembab dapat juga membuat orang batuk atau bersin.

Obat batuk yang dijual di pasaran bebas umumnya terdiri atas obat atau campuran obat yang mengandung bahan yang dapat mengeluarkan lendir atau riak agar saluran pernapasan bersih dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu, Obat batuk jenis ini disebut ekspektoran.

Ringkasan teks tersebut adalah …

Demikian, semoga ada manfaatnya.

LIHAT JUGA: Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 

Sumber:

Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII, Edisi Revisi 2017,  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,  2017.

Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII, Edisi Revisi 2017,  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,  2017.

Paket Unit Pembelajaran PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.

.

Kunci Jawaban

A. Pilihan Ganda

1

D

11

C

21

C

31

B

2

A

12

B

22

B

32

B

3

D

13

A

23

C

33

A

4

C

14

B

24

A

34

D

5

B

15

C

25

A

35

C

6

C

16

B

26

D

36

B

7

C

17

B

27

B

37

A

8

B

18

D

28

C

38

B

9

A

19

A

29

B

39

A

10

A

20

B

30

D

40

A

B. Uraian

41

me + tuntut

42

·  Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam.

·  Jakarta tak pernah tidur

43

·  ekor Nataga mengeluarkan api besar

·  melompat bagai kilat dan mengepung serigala dalam api panas

44

1. Tutup semua aplikasi yang Anda gunakan.

2.  Klik menu Start (XP)/Logo Windows (7) di pojok kiri bawah.

3.  Pilih Shut down dan tunggu beberapa saat hingga komputer Anda benar-benar mati.

4.  Setelah komputer benar-benar mati, kemudian tekan tombol pada monitor dan speaker, stabilizer dan perangkat komputer lainnya.

45

Batuk terjadi karena polusi udara, asap pabrik, rokok, bau-bauan, gas, kekurangan udara saluran pernapasan. Batuk dapat diobati dengan ekspektoran.

 

 

 

 

Berita sebelumyaContoh Kisi-kisi PAS Bahasa Indonesia Kelas 7
Berita berikutnyaKartu Soal HOTS Teks Laporan Hasil Observasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here