Ajakan kepada Manusia Agar Masuk ke Dalam Islam

Kajian Tafsir Surah An-Nisaa’ ayat 174

0
119

Kajian Tafsir Surah An-Nisaa’ ayat 174. Ajakan kepada manusia agar masuk ke dalam Islam serta penjelasan tentang pahala yang akan diperoleh kaum mukmin, dan balasan untuk orang-orang yang durhaka lagi sombong. Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَكُمْ بُرْهَانٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكُمْ نُورًا مُبِينًا

Wahai manusia! Sesungguhnya telah sampai kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al-Qur’an). (Q.S. An-Nisaa’ : 174)

.

Tafsir Ibnu Abbas

Yā ayyuhan nāsu (wahai manusia), yakni wahai penduduk Mekah.

Qad jā-akum burhānum mir rabbikum (sungguh telah datang kepada kalian bukti kebenaran dari Rabb kalian), yakni rasul (sebagai utusan) dari Rabb kalian, yaitu Muhammad ﷺ.

Wa aηzalnā ilaikum (dan telah Kami turunkan kepada kalian), yakni kepada nabi kalian.

Nūram mubīnā (cahaya yang menerangkan [Al-Qur’an]), yakni yang menerangkan tentang halal dan haram.

Daftar Isi: Kajian Tafsir Al-Qur’an Juz Ke-6 

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an

  1. Wahai manusia! Sesungguhnya telah sampai kepadamu bukti kebenaran[15] dari Tuhanmu, (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al-Qur’an)[16].

[15] Bukti kebenaran ini mencakup di dalamnya dalil ‘aqli, dalil naqli, ayat-ayat yang ada di alam semesta dan pada diri manusia.

[16] Di dalamnya terkandung pengetahuan tentang generasi terdahulu dan generasi kemudian, berita-berita benar yang bermanfaat, perintah mengerjakan semua keadilan, ihsan dan kebaikan serta larangan terhadap kezaliman dan keburukan. Manusia berada dalam kegelapan tanpa cahaya Al Qur’an dan berada dalam kebinasaan jika tidak mengambil cahayanya.

.

Tafsir Jalalain

  1. (Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu keterangan) bukti kebenaran (dari Tuhanmu) yaitu Nabi ﷺ (dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang) benderang yakni Al-Qur’an.

.

Tafsir Ibnu Katsir

Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman, ditujukan kepada semua umat manusia dan sebagai pemberitahuan kepada mereka, bahwa sesungguhnya telah datang kepada mereka bukti kebenaran yang besar dari Allah Subhaanahu wa Ta’aala, yaitu dalil yang pasti yang membantah semua alasan, dan hujah yang melenyapkan semua kerumitan. Karena itulah disebutkan pada permulaan ayat melalui firman-Nya:

وَأَنزلْنَا إِلَيْكُمْ نُورًا مُبِينًا

Dan telah Kami turunkan kepada kalian cahaya yang terang benderang. (An-Nisaa’: 174)

Ayat berikutnya: Pahala yang Akan Diperoleh Kaum Mukmin 

Yaitu cahaya yang terang dan jelas menunjukkan perkara yang hak. Menurut Ibnu Juraij dan lain-lainnya, makna yang dimaksud ialah Al-Qur’an.

Hanya Allah Yang Maha mengetahui dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Berita sebelumyaPahala yang Akan Diperoleh Kaum Mukmin
Berita berikutnyaBalasan untuk Orang-orang yang Durhaka Lagi Sombong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here