Semua Tebusan Tidak Akan Diterima-Nya

Kajian Tafsir Surah Al-Maa'idah ayat 36

0
160

Kajian Tafsir Surah Al-Maa’idah ayat 36. Allah Subhaanahu wa Ta’aala memberitakan tentang apa yang disediakan-Nya buat musuh-musuh-Nya dan semua tebusan tidak akan diterima-Nya. Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوْ أَنَّ لَهُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا وَمِثْلَهُ مَعَهُ لِيَفْتَدُوا بِهِ مِنْ عَذَابِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَا تُقُبِّلَ مِنْهُمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang kafir, seandainya mereka memiliki segala apa yang ada di bumi dan ditambah dengan sebanyak itu (pula) untuk menebusi diri mereka dari azab pada hari kiamat, niscaya semua (tebusan) itu tidak akan diterima dari mereka. Mereka tetap mendapat azab yang pedih. (Q.S. Al-Maa’idah : 36)

.

Tafsir Ibnu Abbas

Innal ladzīna kafarū (sesungguhnya orang-orang yang kafir) kepada Nabi Muhammad ﷺ dan Al-Qur’an.

Lau anna lahum mā fil ardli (sekiranya mereka mempunyai segala apa yang di bumi) berupa harta benda.

Jamī‘aw wa mitslahū ma‘ahū (seluruhnya, dan mempunyai yang seperti itu pula bersamanya), yakni ditambah jumlah yang sebanyak itu pula.

Li yaftadū bihī (untuk menebus dengannya), yakni untuk menebus diri mereka.

Min ‘adzābi yaumil qiyāmati mā tuqubbila minhum (dari azab pada hari kiamat, niscaya tidak akan diterima dari mereka), yakni tebusan itu.

Wa lahum ‘adzābun alīm (dan bagi mereka azab yang pedih), yakni yang menyakitkan.

Daftar Isi: Kajian Tafsir Al-Qur’an Juz Ke-6 

Tafsir Jalalain

  1. (Sesungguhnya orang-orang kafir, sekiranya) terjadilah (bahwa mereka memiliki seluruh yang terdapat di bumi dan sebanyak itu lagi sebagai tambahannya untuk menebus diri mereka dari siksa hari kiamat tidaklah akan diterima dari mereka dan bagi mereka azab yang pedih).

.

Tafsir Ibnu Katsir

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta’aala memberitakan tentang apa yang disediakan-Nya buat musuh-musuh-Nya yang kafir, yaitu berupa azab dan pembalasan di hari kiamat nanti. Untuk itu, Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوْ أَنَّ لَهُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا وَمِثْلَهُ مَعَهُ لِيَفْتَدُوا بِهِ مِنْ عَذَابِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَا تُقُبِّلَ مِنْهُمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang kafir, sekiranya mereka mempunyai apa yang di bumi ini seluruhnya dan mempunyai yang sebanyak itu (pula) untuk menebusi diri mereka dengan itu dari azab hari kiamat, niscaya (tebusan itu) tidak akan diterima dari mereka, dan mereka beroleh azab yang pedih. (Al-Maa’idah: 36)

Ayat berikutnya: Tidak Akan Dapat Keluar dari Neraka 

Dengan kata lain, sekiranya seseorang dari mereka datang pada hari kiamat dengan membawa emas (kekayaan) sepenuh dunia ini dan yang semisalnya untuk menebus dirinya dengan harta tersebut dari azab Allah yang telah meliputi dirinya dan pasti akan menimpanya, niscaya hal itu tidak diterima darinya, bahkan sudah merupakan suatu kepastian baginya siksa itu dan tiada jalan selamat baginya serta tiada jalan lari dari siksaan Allah Subhaanahu wa Ta’aala Karena itulah dalam akhir ayat disebutkan:

Dan mereka beroleh azab yang pedih (Al-Maa’idah: 36) Yakni siksa yang menyakitkan.

Hanya Allah Yang Maha mengetahui dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Berita sebelumyaTidak Akan Dapat Keluar dari Neraka
Berita berikutnyaMemohon Al-Wasilah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here