Mereka Durhaka dan Selalu Melampaui Batas

Kajian Tafsir Surah Al-Maa'idah ayat 78

0
134

Kajian Tafsir Surah Al-Maa’idah ayat 78. Laknat untuk orang-orang Bani Israil melalui lisan para nabi mereka; mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

لُعِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَلَى لِسَانِ دَاوُدَ وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ ذَلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ

Orang-orang kafir dari Bani Israil telah dilaknat melalui lisan (ucapan) Dawud dan Isa putra Maryam. Yang demikian itu karena mereka durhaka dan selalu melampaui batas. (Q.S. Al-Maa’idah : 78)

.

Tafsir Ibnu Abbas

Lu‘ina (telah dilaknat), yakni telah diubah.

Alladzīna kafarū mim banī isrā-īla ‘alā lisāni dāwūda (orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Dawud), yakni dengan doa Nabi Dawud ‘alaihis salam mereka diubah menjadi monyet.

Wa ‘īsabni maryam (dan ‘Isa putra Maryam), yakni dengan doa ‘Isa putra Maryam ‘alaihis salam mereka diubah menjadi babi.

Dzālika (hal itu), yakni laknat itu.

Bimā ‘ashau (disebabkan mereka durhaka) berkaitan dengan as-sabat dan memakan hidangan.

Wa kānū ya‘tadūn (dan senantiasa melampaui batas), yakni membunuh nabi-nabi dan menghalalkan berbagai kemaksiatan.

Daftar Isi: Kajian Tafsir Al-Qur’an Juz Ke-6 

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an

  1. Orang-orang kafir dari Bani Israil telah dilaknat melalui lisan (ucapan) Dawud[12] dan Isa putra Maryam[13]. Yang demikian itu karena mereka durhaka[14] dan selalu melampaui batas[15].

[12] Yaitu dengan doa Nabi Dawud ‘alaihis salam, mereka dirubah rupanya menjadi kera. Mereka ini adalah penduduk Ailah.

[13] Dengan doa Nabi Isa ‘alaihis salam, mereka dirubah rupanya menjadi babi. Mereka ini adalah orang-orang yang meminta diturunkan hidangan langsung dari langit.

[14] Kepada Allah.

[15] Dengan menzalimi hamba-hamba Allah.

.

Tafsir Jalalain

  1. (Telah dilaknat orang-orang kafir dari Bani Israel melalui lisan Dawud) yaitu Nabi Dawud mendoakan/menyerapah mereka hingga mereka berubah ujud menjadi kera-kera; mereka adalah orang-orang dari kalangan Bani Israel yang menduduki tanah Ailah (dan Isa putra Maryam) yaitu Nabi Isa mendoakan/menyerapah mereka sehingga mereka berubah ujud menjadi babi-babi; mereka adalah orang-orang Bani Israel yang memiliki Al-Maa’idah/hidangan yang didatangkan dari langit (yang demikian itu) adalah laknat (disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas).
Ayat berikutnya: Mereka Tidak Saling Mencegah Perbuatan Munkar 

Tafsir Ibnu Katsir

Allah Subhaanahu wa Ta’aala memberitahukan bahwa Dia telah melaknat orang-orang kafir dari kaum Bani Israil dalam masa yang cukup lama, yaitu melalui apa yang Dia turunkan kepada nabi-Nya, yaitu Nabi Dawud ‘alaihis salam; dan melalui lisan Isa putra Maryam, karena mereka durhaka kepada Allah dan bertindak sewenang-wenang terhadap makhluk-Nya. Al-Aufi menceritakan dari Ibnu Abbas bahwa mereka dilaknat dalam Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Furqan (Al-Qur’an).

Hanya Allah Yang Maha mengetahui dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Berita sebelumyaMereka Tidak Saling Mencegah Perbuatan Munkar
Berita berikutnyaJanganlah Berlebih-lebihan dalam Agama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here