Menentang Allah

Kajian Tafsir Surah Al-Anfaal ayat 13-14

0
203

Kajian Tafsir Surah Al-Anfaal ayat 13-14. Menentang Allah. Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ شَاقُّوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَمَنْ يُشَاقِقِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَإِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ (١٣) ذَلِكُمْ فَذُوقُوهُ وَأَنَّ لِلْكَافِرِينَ عَذَابَ النَّارِ (١٤)

(Ketentuan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya mereka menentang Allah dan Rasul-Nya; dan barang siapa menentang Allah dan Rasul-Nya, sungguh, Allah sangat keras siksa-Nya. Demikianlah (hukum dunia yang ditimpakan atasmu), maka rasakanlah hukuman itu (wahai orang-orang kafir). Sesungguhnya bagi orang-orang kafir ada (lagi) azab neraka. (Q.S. Al-Anfaal : 13-14)

.

Tafsir Ibnu Abbas

Dzālika (hal itu), yakni memerangi mereka (orang-orang kafir).

Bi annahum syāqqullāha (adalah karena mereka menentang Allah), yakni mendurhakai Allah Ta‘ala.

Wa rasūlahū (dan Rasul-Nya) menyangkut permasalahan agama.

Wa may yusyāqiqillāha (dan barangsiapa yang menentang Allah), yakni mendurhakai Allah Ta‘ala.

Wa rasūlahū (dan Rasul-Nya) menyangkut permasalahan agama.

Fa innallāha syadīdul ‘iqāb (maka sesungguhnya Allah teramat dahsyat siksaan-Nya) manakala Dia menimpakan siksaan.

Dzālikum (demikianlah) siksaan bagi mereka.

Fa dzūqūhu (maka rasakanlah oleh kalian siksaan itu) di dunia.

Wa anna lil kāfirīna (dan sesungguhnya bagi orang-orang kafir), di akhirat nanti masih ….

‘Adzāban nār (ada [lagi] azab neraka).

BACA JUGA Kajian Tafsir Al-Qur’an Juz Ke-9 Lengkap 

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an

  1. (Ketentuan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya mereka menentang Allah dan Rasul-Nya; dan barang siapa menentang Allah dan Rasul-Nya, sungguh, Allah sangat keras siksa-Nya[42].

[42] Di antara siksaan-Nya adalah dengan memberikan kekuasaan kepada para wali-Nya terhadap musuh-musuh-Nya.

  1. Demikianlah (hukum dunia yang ditimpakan atasmu), maka rasakanlah hukuman itu (wahai orang-orang kafir)[43]. Sesungguhnya bagi orang-orang kafir ada (lagi) azab neraka.

[43] Dalam kisah di atas terdapat ayat-ayat Allah yang besar yang menunjukkan bahwa apa yang dibawa Nabi Muhammad ﷺ adalah benar, janji Allah adalah benar, pengabulan Allah terhadap doa hamba-Nya, perhatian yang besar dari Allah kepada keadaan hamba-hamba-Nya yang beriman dan pengadaan-Nya terhadap sebab yang mengokohkan iman dan pendirian mereka serta penyingkiran-Nya terhadap bahaya dan was-was setan yang datang kepada mereka.

.

Tafsir Jalalain

  1. (Yang demikian itu) azab yang menimpa mereka itu (adalah karena sesungguhnya mereka menentang) melawan (Allah dan rasul-Nya; dan barang siapa menentang Allah dan rasul-Nya, maka sesungguhnya Allah amat keras siksaan-Nya) terhadapnya.
  2. (Itulah) hukuman yang ditimpakan atasmu (maka rasakanlah hukuman itu) hai orang-orang kafir, sebagai hukuman di dunia (sesungguhnya bagi orang-orang yang kafir itu) kelak di hari kemudian (azab neraka”).

.

Tafsir Ibnu Katsir

Dalam firman selanjutnya disebutkan:

(Ketentuan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya mereka menentang Allah dan Rasul-Nya. (Al-Anfaal: 13)

Yakni mereka menentang Allah dan Rasul-Nya dengan cara meninggalkan syariat dan tidak mau beriman kepada-Nya serta menentang keduanya. Pengertian lafaz syaqqun ini dapat pula diambi! dari kata syaqqul ‘asa yang artinya membelahnya menjadi dua bagian.

Dan barang siapa menentang Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya Allah amat keras siksaan-Nya. (Al-Anfaal: 13)

Maksudnya, Allahlah yang akan menuntut dan Mahamenang atas orang-orang yang menentang-Nya dan yang membangkang terhadap-Nya. Tiada sesuatu pun yang luput dari-Nya, dan tiada sesuatu pun yang dapat bertahan terhadap murka-Nya. Mahasuci lagi Mahatinggi Allah, tiada Tuhan selain Dia dan tiada Rabb selain Dia.

BACA JUGA Kajian Tafsir ayat berikutnya .... 

Itulah (hukuman dunia yang ditimpakan atas kalian), maka rasakanlah hukuman itu. Sesungguhnya bagi orang-orang yang kafir itu ada (lagi) azab neraka. (Al-Anfaal: 14)

Khitab atau pembicaraan ayat ini ditujukan kepada orang-orang kafir yakni rasakanlah siksa dan pembalasan dunia ini; dan ketahuilah pula oleh kalian bahwa azab neraka di akhirat pun akan menimpa orang-orang kafir.

Hanya Allah Yang Maha mengetahui dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

 

 

Berita sebelumyaLarangan Melarikan Diri
Berita berikutnyaTeguhkanlah Pendirian Orang-orang yang Telah Beriman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here