Struktur Teks Laporan Percobaan

0
605

Setelah mempelajari unit ini, kita diharapkan mampu menelaah struktur teks laporan percobaan yang dibaca. Membandingkan dan menafsirkan struktur teks laporan percobaan yang dibaca.

Materi ini dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar 3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zatberbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).

Untuk mempelajari unit ini, kita dapat membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Cetakan Ke-2.2018 (Edisi Revisi) halaman 20-22 dan sumber lainnya.

Kejelasan dan kelengkapan informasi ditentukan oleh struktur penyajian (tulis/lisan) dan penggunaan bahasa. Kita sudah mengidentifikasi beberapa model laporan (hasil observasi dan percobaan). Sekarang, cermatilah penjelasan lebih lanjut berkaitan dengan struktur penyajian teks laporan!

Berdasarkan strukturnya, teks laporan hasil percobaan dibentuk oleh bagian-bagian berikut.

Tujuan percobaan

Berupa pernyataan tentang sasarn yang ingin dicapai melalui kegiatan penelitian.

Alat dan bahan

Alat dan bahan merupakan hal yang diperlukan untuk kegiatan percobaan,

Prosedur atau langkah-langkah kegiatan percobaan

Bagian ini sering pula disebut metode penelitian. Biasanya di dalamnya tersurat pula tempat, waktu percobaan, dan objek percobaannya.

Hasil percobaan

Bagian ini mengemukakan hal-hal penting yang ditemukan selama kegiatan percobaan, sesuai dengan tujuan yang dirumuskan dalam bagian pendahuluan.

Simpulan percobaan

Bagian ini merupakan simpulan hasil percobaan/praktikum yang dilaksanakan selama dua haritentang Jaringan xylem pada tanaman pancar air.

Selain bagian-bagian di atas, suatu remakan percobaan sering pula disertai latar belakang pentingnya percobaan, teori, dan daftar pustaka pada bagian akhirnya.

Cermati teks laporan hasil percobaan berikut!

Cara Membuat Es Krim

Tujuan :

Sebenarnya banyak es krim murah yang dijual di supermarket, tetapi apa salahnya kita mencoba membuat sendiri es krim, barang kali rasanya lebih enak.

Alat dan bahan :

1) Es batu

2) Susu cair coklat

3) Garam

4) 2 kantong plastik klip yang ukuran berbeda : 1 kantong plastik dengan ukuran kecil dan 1 kantong plastik dengan ukuran dua kali lebih besar dari yang kantong plastik yang pertama

Langkah-langkah:

1) Tuangkan susu cair ke dalam kantong plastik kecil! Kemudian tutup dengan rapat!

2) Masukkan es batu serta garam ke dalam kantong plastik kantong ukuran besar!

3) Masukkan kantong plastik kecil yang berisi susu cair tadi ke kantong plastik besar!

4) Kemudian kocok selama beberapa menit!

Hasil:

Setelah semua tahapan diatas sudah dilakukan, maka susu cair akan berubah menjadi padat. Dan itulah yang akan kamu nikmati.

〈⇒menu⇐〉〈⇒LKPD: 1.6 ⇔ 1.7 ⇔ 1.8⇐〉

Simpulan:

Setelah mencobanya, ternyata membuat es krim tidak terlalu susah dan mahal. Selain itu kita bisa mengisi waktu luang dengan membuat es krim yang enak di rumah.

Demikian, salam tangguh dan sehat selalu untuk kita semua!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here