Menyimpulkan Informasi Laporan Percobaan

0
3426

Setelah mempelajari unit ini, kita diharapkan mampu menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang dibaca.

Materi ini dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca.

Untuk mempelajari unit ini, kita dapat membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Cetakan Ke-2.2018 (Edisi Revisi) halaman 13-20 dan sumber lainnya.

Teks laporan percobaan adalah teks yang melaporkan kegiatan percobaan, mulai dari rumusan tujuan sampai pada kegiatan penyimpulan. Percobaan yang dimaksud dapat berkaitan dengan percobaan soal makanan, siklus air dan udara, serta peristiwa-perisitiwa alam lainnya. Di dalamnya diyatakan hasil dari kegiatan percobaan yang dilakukan sebelumnya. Perhatikan teks laporan percobaan pada LKPD 1.4.

Teks laporan percobaan dapat berbentuk buku referensi (ensiklopedia), film dokumenter, hasil penelitian, dan lain-lain. Tujuan teks laporan adalah untuk memperinci, mengklasifkasi, dan memberi informasi faktual tentang orang, hewan, objek, atau fenomena. Pada unit ini kita belajar teks laporan hasil percobaan yang berupa buku pengetahuan. Buku pengetahuan maupun ensiklopedi merupakan laporan hasil pengamatan para peneliti terdahulu. Dari buku tersebut kita mendapatkan ilmu sebagai hasil laporan yang sistematis. Penelitian itu sudah dilakukan para ahli dan kita bisa membacanya lewat buku pengetahuan maupun ensiklopedi.

Kembali mengingatkan bahwa catatan informasi digunakan untuk menjawab atau menyimpulkan informasi yang diperoleh.

Sesuai dengan tujuan pembelajaran pada unit ini ialah mampu menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang dibaca, maka sebelum menyimpulkan teks tersebut sekedar mengingatkan kita buka kembali perbedaan ringkasan dan simpulan.

Pada ringkasan atau kesimpulan akan terjadi perubahan naskah dari naskah aslinya. Keduanya dibuat untuk memendekkan sebuah teks yang panjang. Namun apa yang membedakan ringkasan dan simpulan itu?

Menurut KBBI ringkasan adalah hasil meringkaskan; ikhtisar; singkatan cerita. Ringkas artinya tidak banyak memerlukan tempat, singkat (tentang perkataan, cerita).

Kesimpulan artinya (1) ikhtisar (dari uraian, pidato, dan sebagainya); kesudahan pendapat (pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya); (2) keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif.

Catatan informasi yang kita buat itu disebut ringkasan. Pada LKPD sebelumnya kita telah berlatih membuat catatan informasi dengan menggunakan kata atau frasa benda (nomina) seperti contoh: pengertian planet venus, ukuran planet venus, warna planet venus, dan seterusnya.

Ringkasan teks adalah penyajian singkat yang masih mempertahankan hal asli dari sebuah karangan atau teks dan tetap mempertahankan urutan isi. Ringkasan merupakan inti sari uraian yang dipaparkan tanpa opini pembaca. Meringkas memiliki syarat khusus, yakni tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang atau pembicara. Manfaat ringkasan adalah sebagai sarana untuk membantu kita dalam mengingat isi sebuah teks atau uraian yang panjang.

Simpulan adalah pendapat akhir hasil dari proses menyimpulkan berdasarkan uraian sebelumnya dari suatu teks. Simpulan adalah kenyataan berisi fakta, pendapat, atau alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek. Bisa dikatakan juga bahwa kesimpulan adalah ikhtisar, pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya, dan keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berfikir induktif atau deduktif. (Sumber: KBBI).

〈⇒menu⇐〉〈⇒LKPD⇐

Kesimpulan adalah pemaknaan kembali terhadap suatu uraian. Kesimpulan disusun dengan memadukan hubungan logis antara gagasan-gagasan utama dalam suatu teks. Kesimpulan suatu teks berkiatan pula dengan isi dari teks itu. Kesimpulan adalah kata-kata akhir dari  suatu  uraian.

Demikian ya, semoga ada manfaatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here