Mencermati Teks Laporan

0
489

Setelah mempelajari unit ini, kita diharapkan mampu mencermati teks laporan percobaan yang dibaca.

Materi ini dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar 3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).

Untuk mempelajari unit ini, kita dapat membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Cetakan Ke-2.2018 (Edisi Revisi) halaman 12-13 dan sumber lainnya.

Pada unit sebelumnya kita sudah dapat membandingkan teks laporan, teks eksplanasi dan teks deskripsi.

Hal yang harus diingat, dalam semua yang telah kita pelajari secara terpisah-pisah dapat digunakan secara khusus sesuai jenis teks yang dibuat atau penggabungan berbagai jenis teks karena mencakup banyak informasi yang diungkapkan. Pelajaran Bahasa Indonesia pada intinya adalah belajar menggunakan bahasa Indonesia secara tepat, baik, dan benar sesuai tujuan berkomunikasi melalui bahasa.

Untuk itu dalam mendampingi setiap bahan bacaan ini, ikuti pula link LKPD-nya agar kita dapat melaporkan belajar kita kepada bapak atau ibu guru kita. Hampir pada setiap LKPD tercantum contoh teks. Kenali informasi-informasi penting di dalam teks tersebut. Dan tentukan pula jenis informasi dalam teks itu dengan benar.

Dalam memahami teks laporan percobaan kita perlu mencermati beberapa langkah berikut yaitu:

  1. Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
  2. Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca.
  3. Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
  4. Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan.

Baiklah kita awali pada langkah pertama. Latihan untuk langkah ini terdapat pada LKPD 1.2 (Mencermati informasi dari laporan percobaan) dan LKPD 1.3. (Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan).

Namun sebelum mengerjakan LKPD tersebut ada baiknya kita memahami paparan berikut.

Kita pasti pernah menonton acara TV atau membaca buku yang isinya memaparkan suatu objek dari sisi ilmiah. Objek tersebut dikupas dari sisi pengetahuan. Perhatikan film dokumenter tentang flora dan fauna, National Geografic, jendela pengetahuan atau tonton kembali Indonesia Bagus, si Bolang dan lain-lain. Acara-acara tersebut isinya memperinci, mengklasifkasi, dan memberi informasi faktual tentang hewan, tumbuhan, tempat, objek, orang, atau fenomena.

Atau kita baca buku ilmiah populer, buku referensi, ensiklopedia, dokumen, buku panduan, laporan eksperimen, dan presentasi kelompok (peneliti). Pada buku-buku tersebut dibahas secara sistematis karakteristik hewan, tumbuhan, objek alam, objek ciptaan manusia, atau suatu konsep.

Teks laporan dapat ditemukan di buku referensi, ensiklopedia, dokumen, buku panduan, laporan eksperimen, dan presentasi kelompok (peneliti). Tujuan teks laporan utamanya adalah mengklasifikasi dan/ atau mendeskripsikan, menggambarkan, dan memberi informasi faktual.

Perhatikan kembali model laporan yang dibuat oleh siswa di Australia berikut. Ini contoh tentang laporan hasil observasi. Mencermati informasi per kalimat dari laporan percobaan, nantinya akan memudahkan dalam mengidentifikasi, menyimpulkan informasi dan seterusnya sampai dapat menyusun teks laporan sendiri.

Contoh 1:

Venus adalah planet dalam sistem tata surya kita. Venus besarnya sama dengan Bumi. Venus adalah planet. Warnanya oranye kekuningan dengan beberapa kehitaman. Venus merupakan planet kedua dari Matahari antara Merkurius dan Bumi. Venus mengedari Matahari selama 235 hari Bumi. Venus berotasi sekali setiap 244 hari Bumi. Venus sangat tua dan berbatu. Langitnya oranye dengan dengan kilatan cahaya petir.

Catatan informasi yang diperoleh dari teks laporan tersebut adalah:

Pengertian planet venus

Bukti kalimat: Venus adalah planet dalam sistem tata surya kita.

Ukuran planet venus

Bukti kalimat: Venus besarnya sama dengan Bumi.

Bagian/ salah satu planet

Bukti kalimat: Venus adalah planet.

Warna planet venus

Bukti kalimat: Warnanya oranye kekuningan dengan beberapa kehitaman.

Kedudukan planet venus

Bukti kalimat: Venus merupakan planet kedua dari Matahari antara Merkurius dan Bumi.

Revolusi planet venus

Bukti kalimat: Venus mengedari Matahari selama 235 hari Bumi.

Rotasi planet venus

Bukti kalimat: Venus berotasi sekali setiap 244 hari Bumi.

〈⇒menu⇐〉〈⇒LKPD⇐

Kondisi planet venus

Bukti kalimat: Venus sangat tua dan berbatu.

Demikian dan terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here