LKPD Mengidentifikasi Informasi dari Teks Laporan

0
619

LKPD mengidentifikasi informasi dari teks laporan percobaan ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Lembar Kegiatan ini dikembangkan berdasarkan:

Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).

Indikator

  • Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca.

LKPD 1.3 (Kegiatan Ketiga)

Alokasi Waktu:  2 JP (22 Juli ‘20)

Petunjuk Kegiatan:

  • Peserta didik membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Cetakan Ke-2.2018. (Edisi Revisi).
  • Peserta didik membaca dan menyimak buku pada halaman 12 s.d 13 atau yang dikutif pada bahan bacaan pada link yang tersedia.
  • Tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.
  • Melaporkan hasil pada buku tugas atau lembaran portofolio. Bentuk laporan cukup jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang disediakan.
  • Tulis Laporan LKPD 1.3, Nama, NIS/NISN dan kelas ananda pada LKPD.

Untuk meningkatkan pemahaman kita dalam mengidentifikasi informasi dari teks laporan percobaan yang dibaca, selanjutnya mari kita lakukan kegiatan berikut.

Laporan LKPD 1.3

Nama               :  …….

NIS/NISN         :  ……

Kelas               :  ……

Perhatikan kembali model laporan yang dibuat oleh siswa di Australia berikut.

Teks 1:

Venus adalah planet dalam sistem tata surya kita. Venus besarnya sama dengan Bumi. Venus adalah planet. Warnanya oranye kekuningan dengan beberapa kehitaman. Venus merupakan planet kedua dari Matahari antara Merkurius dan Bumi. Venus mengedari Matahari selama 235 hari Bumi. Venus berotasi sekali setiap 244 hari Bumi. Venus sangat tua dan berbatu. Langitnya oranye dengan dengan kilatan cahaya petir.

Teks 2:

Kelelawar merupakan mamalia. Mereka satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Ada lebih dari seribu jenis kelelawar seperti kelelawar vampir, kelelawar telinga- panjang, kelelawar ekor-tiga, dan kelelawar buah. Kelelawar tampangnya mirip tikus. Saat terbang bersama mereka seperti tikus terbang. Beberapa kelelawar makan darah, buah, ikan, dan kaktus. Kelelawar dapat mendengar dari jarak satu kilometer. Kelelawar termasuk jenis nokturnal. Kelelawar melihat dengan pupil. Oleh sebab itu, mereka membuka matanya lebar-lebar untuk melihat. Kelelawar memiliki bayi. Kelelawar menyusui anaknya. Selama setahun kelelawar memiliki tiga bayi.

Teks 3:

Semua kehidupan di Antartika adalah di dalam laut. Di kedalaman laut biru ada jaringan makanan. Pertama, ada kehidupan plankton, phyto plankton, (dua bentuk kehidupan yang sangat kecil, mikroskopik), dan diatom di dasar rantai makanan. Bentuk kehidupan kecil tersebut merupakan bagian dari kelas Produsen Primer’. Mereka dimakan oleh konsumen primer yang lebih besar seperti Krill, rebon (udang kecil), dan ikan-ikan kecil. Krill adalah makhluk mirip ikan dengan sepuluh kaki. Rebon mirip udang. Makhluk-makhluk ini memakan makhluk konsumen primer lebih kecil dan dimakan konsumen sekunder. Konsumen sekunder terdiri atas paus (khususnya paus biru) anjing laut, ikan-ikan lebih besar, dan penguin. Paus biru dapat mencapai berat seratus tujuh puluh empat ton dan merupakan paus terbesar yang pernah ada. Semua konsumen sekunder cukup tinggi dalam rantai makanan, tetapi tidak cukup tinggi (bukan predator). Predator puncak di Antartika hanya memiliki satu anggota paus pembunuh, karnivora mesin pembunuh sepanjang 27 kaki. Dengan gigi luar biasa, mereka adalah puncak dari jaring makanan.

〈⇒menu⇐〉〈⇒bacaan⇐

Bandingkan informasi yang kamu dapatkan dari ketiga contoh tersebut.

  1. Tunjukkan informasi-informasi penting yang terdapat pada teks 1!
  2. Tunjukkan informasi-informasi penting yang terdapat pada teks 2!
  3. Tunjukkan informasi-informasi penting yang terdapat pada teks 3!
  4. Manakah informasi yang lebih jelas? Berilah alasan untuk mendukung jawabanmu!
  5. Manakah informasi yang lebih lengkap? Berilah alasan untuk mendukung jawabanmu!
  6. Apakah kejelasan informasi berkaitan dengan kelengkapan informasi?
  7. Apakah kejelasan informasi berkaitan dengan struktur penyajian?
  8. Apakah kejelasan informasi berkaitan dengan unsur kebahasaan (tata bahasa, kata, dan kalimat) yang digunakan?

Guru MP

…..………

Orangtua/Wali

….…….………

Nilai

……..…

 

Berita sebelumyaLKPD Menyimpulkan Informasi Laporan Percobaan
Berita berikutnyaLKPD Mencermati Informasi dari Laporan Percobaan