Pemaknaan terhadap Suatu Berita

0
680

Berita sepertinya sudah menjadi hal yang tidak asing lagi dipikiran kita. Karena setiap hari kita sudah barang tentu mendapatkan berita, baik melalui media massa maupun elektornik. Apalagi di era digital seperti sekarang ini yang semakin memudahkan kita untuk mengakses berita kapan pun dan di mana pun. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh setelah membaca berita. Manfaat-manfaat itu pula yang dapat diartikan sebagai hasil pemaknaan terhadap suatu berita.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti memaknai adalah ‘memberi makna’, sedangkan makna itu sendiri adalah ‘arti’ atau ‘maksud perkataan’.

Perhatikan teks berita berikut!

Forum Anak Gowa ke Kampung Literasi Rumah Hijau Denassa

Pengurus Forum Anak Gowaperiode 2017-2018 berkunjung ke Kampung LiterasiBorongtala di Rumah Hijau Denassa(RHD). Letaknya di Jalan Borongtala 58 A, Kelurahan Tamallayang, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa.Forum anak yang terbentuk tahun 2012 ini lebih dikenal dengan nama Forum Anak Hasanuddin Tamallajua (Fahasta). Hasmita Nurzakia, Ketua Fahasta memimpin tim hari ini (06/06/2017) yang terdiri atas lima orang.

“Kami berencana melaksanakan Lincah di sini,” kata Mita panggilan Hasmita pada pengelola RHD. Mita datang bersama Andi Muh. Bintang duta anak Sulsel 2017, Aprilya Nur Kinanti duta anak Gowa 2017 dan Tri Yasmin Januarsih Mahka duta anak Gowa 2015.

Rencananya pada 15 Juni 2017 organisasi yang menghimpun anak di Gowaini akan melaksanakan Lingkar Baca Fahasta (Lincah). Lincah bertujuan mendorong minat baca anak di Gowa. Kegiatan di Kampung LiterasiBorongtala kali ini merupakan kegiatan pertama kali untuk program Lincah. “Kegiatan Lincah sangat cocok dilaksanakan di RHD karena kawasan ini bebas rokok serta fasilitasnya mendukung” kata Bintang, tempat ini sangat ramah anak lanjut siswa SMPN 4 Sungguminasa ini. Kegiatan melibatkan sekitar 30-an anak termasuk pengurus forum Perhatikan kembali teks tentang kunjungan ke Kampung Literasi pada contoh teks 1 di atas Anak dari Kabupaten Maros dan Takalar.

Perhatikan contoh teks berita di atas.

Paragraf (1) disebut kepala berita karena bagian ini mengandung unsur 5W + 1H, yakni sebagai berikut.

Pertanyaan: Apa peristiwanya?

Isi berita: Kunjungan ke Kampung Literasi

Pertanyaan: Di mana kejadiannya?

Isi berita: Di Jalan Borongtala 58 A, Kelurahan Tamallayang, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa.

Pertanyaan: Kapan berlangsung kejadian itu?

Isi berita: Rabu (26/4/2017).

Pertanyaan: Siapa yang mengalaminya?

Isi berita: Dalam rangka mendorong minat baca anak di Gowa.

Pertanyaan: Mengapa terjadi?

Isi berita: Dalam rangka mendorong minat baca anak di Gowa.

Pertanyaan: Bagaimana proses kejadiannya?

Isi berita: Kegiatan di Kampung Literasi Borongtala ini merupakan yang pertama untuk program Lincah

Berita menggambarkan lukisan keadaan, suasana atau objek yang berhubungan dengan realita seperti berita ekonomi, olahraga dan sebagainya. Berita merupakan suatu peristiwa maupun kejadian yang bersifat aktual atau terkini. Peristiwa dapat dikatakan berita, jika sudah dilaporkan dan disiarkan. Tanpa laporan dan penyiaran, maka kejadian yang terjadi di lapangan tidak dapat dinamakan sebagai berita.

Pada era sekarang berita menjadi “menu” utama dalam deretan makanan harian “empat sehat lima sempurna”. Tiada hari tanpa berita. Dari waktu ke waktu, detik demi detik, berita datang silih berganti. Beragam informasi terus berhamburan memenuhi ruang kehidupan kita setiap harinya. Dengan banyaknya sajian berita, baik melalui media cetak maupun elektronik, kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik.

Pemahaman terhadap struktur dan kaidah teks berita memudahkan kita dalam mengolahnya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Berita-berita tersebut berperan sebagai sumber ilmu pengetahuan dan penambah wawasan. Ada pepatah, seseorang yang menguasai berita (informasi), dialah yang akan menguasai dunia.

〈⇒menu⇐〉〈⇒LKPD⇐〉〈⇒umpan balik⇐〉

Semoga kita dapat menambah wawasan pengetahuan kita khususnya dalam bidang ilmu   pengetahuan dan bermanfaat di kehidupan selanjutnya.

Terima kasih dan salam.

Berita sebelumyaMenyajikan Data dan Informasi
Berita berikutnyaKaidah-Kaidah Kebahasaan Teks Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here