Meringkas Isi Berita

0
665

Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan dapat meringkas isi berita yang dibaca dan didengar.

Seperti yang sudah kita pelajari pada pembelajaran sebelumnya, bahwa berita memiliki beberapa unsur-unsur yang harus diperhatikan.

Perhatikan kembali teks pada LKPD 1.3 dengan menggunakan link yang tersedia.

Berdasarkan struktur atau susunannya, teks tersebut dapat kita kelompokkan ke dalam dua bagian, yakni berupa

  • informasi yang penting, dan
  • informasi yang tidak penting.

Informasi penting disebut juga pokok-pokok informasi atau unsur-unsur berita (utama). Dalam ilmu jurnalistik atau ilmu persuratkabaran, pokok-pokok informasi terangkum dalam rumus 5W + 1H. Dalam bahasa Indonesia, pokok-pokok informasi itu dapat pula disingkat dengan ADIKSIMBA (Apa, DI mana, SIapa, Mengapa, BAgaimana) .

Perhatikan kembali cuplikan teks berikut!

Pelabuhan Merak dipadati oleh truk-truk pengangkut barang nonsembako pada sepuluh hari   menjelang Lebaran, Sabtu (15/11). Kondisi tersebut disebabkan adanya larangan melintas bagi  truk nonsembako pada tanggal  21-25 November.

Teks tersebut merupakan ringkasan dari berita tentang kondisi Pelabuhan Merak menjelang  Lebaran.

Berikut teks aslinya.

Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai    dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang  nonsembilan bahan pokok (non sembako).

Tingginya arus truk dalam dua  hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi  truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21-25 November. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer.

Penumpukan  truk  bersumbu  dua  tersebut  seperti  di  Pelabuhan  Merak  menyebabkan antrean truk sekitar 100 meter dari pintu masuk kapal. Antrean terjadi  di dermaga satu hingga dermaga  empat.  Tetapi,  antrean  tersebut  masih  dalam  batas  normal.  Antrean  belum  membeludak  ke  luar area parkir pelabuhan. Akan akibat penumpukan truk itu, beberapa sopir truk mengaku harus  menunggu sekitar dua hingga empat hari untuk bisa masuk kapal.

〈⇒menu⇐〉〈⇒LKPD⇐〉〈⇒umpan balik⇐〉

Teks tersebut disusun berdasarkan unsur-unsur pokoknya. Sebagaimana yang telah kita ketahui  bahwa unsur-unsur berita dapat kita pahami dengan cara mengajukan enam pertanyaan: apa, siapa, kapan, di mana, bagaimana, dan mengapa. Keenam kata tanya itulah yang dapat memadu kita di dalam menemukan unsur-unsur berita  tersebut. Pentingnya mengetahui unsur-unsur berita itu akan memudahkan saat meringkas berita.

Demikian, semoga ada manfaatnya.

Berita sebelumyaMenyimpulkan Pokok-pokok Isi Berita
Berita berikutnyaUnsur-unsur Teks Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here