LKPD Tanggapan terhadap Isi Berita

0
945

LKPD tanggapan terhadap isi berita ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Lembar kegiatan ini dikembangkan berdasarkan:

Kompetensi Dasar

4.1 Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.

Indikator

  • Merinci dan memberi tanggapan terhadap isi berita membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar).

LKPD 1.5 (Kegiatan Kelima)

Alokasi Waktu:  2 JP (27 Juli ‘20)

Petunjuk Kegiatan:

  • Peserta didik membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Cetakan Ke-2.2017. (Edisi Revisi).
  • Peserta didik membaca dan menyimak buku tersebut pada halaman 10-12 atau yang dikutif pada bahan bacaan pada link yang tersedia.
  • Tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.
  • Melaporkan hasil pada buku tugas atau lembaran portofolio. Bentuk laporan cukup jawaban yang disertai pernyataan dari pertanyaan yang diajukan.
  • Tulis Laporan LKPD 1.5, Nama, NIS/NISN dan kelas ananda pada LKPD.

Untuk meningkatkan pemahaman kita dalam memberi tanggapan terhadap isi berita, selanjutnya mari kita lakukan kegiatan berikut.

〈⇒menu⇐〉〈⇒bacaan⇐〉〈⇒umpan balik⇐〉

Laporan LKPD 1.5

Nama               :  …….

NIS/NISN         :  ……

Kelas               :  ……

1. Manakah contoh tanggapan yang berkaitan dengan isi suatu pemberitaan? Bubuhkanlah dengan tanda centang [✓]

  • [….] Informasi yang disampaikan berita itu berbelit-belit. Banyak pengulangan kata yang menyebabkan pendengar bingung.
  • [….] Isi pemberitaan itu sudah diberitakan oleh stasiun televisi lainnya. Jadi, isi berita tidak ada yang baru dan layak saya simak lagi.          
  • [….] Berita itu hanya menginformasikan peristiwa negatif. Seolah-olah dunia horor dan  Apa tidak ada informasi lain yang membuat dunia menjadi lebih indah?  
  • [….] Saya kira berita itu tidak pantas disimak oleh kalangan anak-anak karena banyak ungkapan kasar dan vulgar.
  • [….] Kalau disampaikan dengan ungkapan yang sederhana saya kira informasi yang disampaikan tadi malam akan mudah diikuti oleh setiap kalangan. Hanya dipahami oleh kalangan intelektual.

2. Perhatikan kembali berita yang pernah kamu baca! Manakah pernyataan-pernyataan di bawah ini yang merupakan tanggapan atas informasi dalam berita tersebut? Bubuhkanlah dengan tanda centang pada penyataan berikut! [✓]

  • [….] Informasi yang disampaikan itu sangat menyentuh. Informasi berkaitan dengan masalah pendidikan di Indonesia. Semoga masalah tersebut tidak terjadi di sekolah saya.
  • [….] Pemberitaan semacam itu sangat baik. Pemberitaan tersebut bisa menjadi perhatian pemerintah atas berbagai persoalan pendidikan yang terjadi di Indonesia.
  • [….] Sekolah-sekolah itu memang tidak jauh dari tempat tinggal saya. Hanya saja sudah beberapa tahun lamanya saya tidak pernah berkunjung ke tempat itu lagi.
  • [….] Informasi tentang nasib yang menimpa sekolah-sekolah itu  perlu ditindaklanjuti oleh  pihak berwenang sehingga masalahnya bisa cepat diselesaikan.
  • [….] Bahasa yang disampaikan dalam tulisan itu berbelit-belit. Berita banyak istilah pendidikan yang tidak bisa dipahami. Penulis artikel itu tampaknya belum bisa memahami tingkat pengetahuan para pembacanya.

3. Simaklah sebuah berita televisi/radio berkenaan dengan peristiwa alam yang terjadi di  daerahmu. Catatlah pokok-pokok informasinya. Kemudian, tulislah tanggapan Anda berkenaan dengan informasi tersebut, baik itu berkenaan dengan isi/struktur maupun penggunaan  bahasanya. Sajikanlah laporan kegiatanmu dalam format berikut!

Nama stasiun televisi/radio       : ………………………

Nama acara                             : ………………………..

Tanggal                                    : ……………………….

Jam siaran                               : ………………………..                                  

Isi pokok informasi                   : ……………………….

Tanggapan                               : ……………………….

Guru MP

…………..

Orangtua/Wali

……………………

Nilai

………

Berita sebelumyaLKPD Menemukan Struktur Berita
Berita berikutnyaLKPD Menyimpulkan Pokok-pokok Isi Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here