LKPD Menemukan Struktur Berita

0
483

LKPD menemukan struktur berita ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Lembar kegiatan ini dikembangkan berdasarkan:

3.2   Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca

Indikator

  • Menelaah struktur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.

LKPD 1.6 (Kegiatan Keenam)

Alokasi Waktu:  2 JP (29 Juli ‘20)

Petunjuk Kegiatan:

  • Peserta didik membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Cetakan Ke-2.2017. (Edisi Revisi).
  • Peserta didik membaca dan menyimak buku tersebut pada halaman 12-15 atau yang dikutif pada bahan bacaan pada link yang tersedia.
  • Tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.
  • Melaporkan hasil pada buku tugas atau lembaran portofolio. Bentuk laporan cukup jawaban yang disertai pernyataan dari pertanyaan yang diajukan.
  • Tulis Laporan LKPD 1.6, Nama, NIS/NISN dan kelas ananda pada LKPD.

Untuk meningkatkan pemahaman kita dalam menelaah struktur teks berita, selanjutnya mari kita lakukan kegiatan berikut.

〈⇒menu⇐〉〈⇒bacaan⇐〉〈⇒umpan balik⇐〉

Laporan LKPD 1.6

Nama               :  …….

NIS/NISN         :  ……

Kelas               :  ……

Perhatikan kembali berita berikut!

Lolos SMP Favorit, Lima Siswa Dapat Hadiah

(1) Program akselerasi prestasi siswa yang diluncurkan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko dinilai cukup memuaskan. Hasil dari pendampingan belajar terhadap siswa kelas VI di tiga sekolah, ada peningkatan nilai ujian nasional sebanyak dua poin dibandingkan pencapaian tahun sebelumnya. Lima murid peserta program ini bahkan berhasil menembus SMP favorit. Mereka yakni dua siswa SD Salakan Lor yang dinyatakan lolos ke SMP 1 Kalasan Sleman, dan tiga siswa SD Sengon 1 Klaten yang masuk ke SMP 1 Prambanan Klaten.

(2) Untuk lebih memotivasi sekaligus bentuk apresiasi, TWC memberikan hadiah berupa notebook kepada lima siswa tersebut. “Program akselerasi ini kami nilai berhasil dan akan berlanjut pada tahun-tahun mendatang,” kata DirekturUtama PT TWC, Edy Setijono, Kamis (12/7).

(3) Lingkup program ini rencananya juga akan diperluas dengan menggandeng instansi BUMN lain. Dijelaskan Edy, program akselerasi prestasi siswa menyasar sekolah yang memiliki keterbatasan fasilitas

(4) Selama ini dengan kondisi yang ada, mereka hanya menerapkan pola pendidikan reguler, sehingga sulit mengejar ketertinggalan dari sekolah-sekolah lain yang fasilitasnya memadai dan metodenya lebih variatif. “Ini yang menjadi dasar kami untuk hadir memberikan pendampingan kepada sekolah yang kurang beruntung itu. Harapannya, siswa sekolah tersebut tetap mendapat kesempatan yang sama untuk bersaing,” papar Edy. Tahun ini ada tiga sekolah yang menjadi pilot project yakni SD Salakan Lor Selomartani Kalasan, SD Perumnas 3 Condongcatur Sleman, dan SD 1 Sengon Prambanan Klaten. Ditargetkan tahun depan jumlahnya bisa bertambah hingga total setidaknya ada 50 sekolah.

(Sumber: Harian Merdeka)

1. Temukanlah bagian kepala, tubuh, dan ekor berita secara berkelompok!

2. Sajikanlah hasil diskusi kelompokmu itu dalam bentuk laporan seperti berikut!

Judul berita     : ……….

Struktur berita

Bagian-bagian berita

  1. Kepala

Paragraf ke-     : ………………………

Paparan Isi      : ……………………….

  1. Tubuh

Paragraf ke-     : ………………………

Paparan Isi      : ……………………….

  1. Ekor

Paragraf ke-     : ………………………

Paparan Isi      : ……………………….

Guru MP

……………

Orangtua/Wali

……………………

Nilai

………

Berita sebelumyaLKPD Membandingkan Struktur Teks Berita
Berita berikutnyaLKPD Tanggapan terhadap Isi Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here