Struktur Teks Iklan

0
495

Setelah mempelajari unit ini, kita diharapkan mampu menelaah struktur teks iklan dari berbagai sumber yang dibaca. Materi ini dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar 3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

Untuk mempelajari unit ini, kita dapat membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Cetakan Ke-2.2017 (Edisi Revisi) halaman 46-47 dan sumber lainnya.

Teks iklan, slogan dan poster disajikan berdasarkan struktur pembangun teks yang tidak baku. Namun secara umum harus memiliki unsur-unsur yang harus terdapat di dalamnya. Pada poal penyajian ini setidaknya terdiri atas judul atau nama produk, penjelasan, dan nama serta alamat pengiklan.

Judul atau Nama Produk

Bagian ini berisi nama produk, jasa, atau kegiatan yang diiklankan. Bagian ini adalah bagian terpenting dari sebuah iklan. Judul atau nama produk tidak selalu terletak pada awal tulisan, tetapi merupakan bagian pertama yang dibaca orang. Melalui bagian ini pembaca dapat mengetahui iklan yang ditawarkan meskipun tidak selalu menggambarkan produk yang ditawarkan secara jelas.

Tubuh iklan

Bagian ini berisi tujuan produk, jasa, atau kegiatan tersebut diiklankan. Bagian ini juga menerangkan penjelasan dan detail iklan tersebut. Aspek-aspek yang ingin disampaikan atau ditawarkan pemasang iklan disampaikan secara terperinci.

Nama dan Alamat Pengiklan

Bagian ini merupakan inforamsi tambahan yang juga penting disajikan, berisi nama orang, alamat, atau nomor telepon yang dapat dihubungi.

Perhatikan kembali iklan-iklan yang tersaji pada pembelajaran sebelumnya. Tampak pada iklan-iklan tersebut bagian-bagian berikut.

Pengenalan produk

Bagian ini dapat pula disebut sebagai judul teks.

Pernyataan persuatif

Berisi pernyataan yang mendorong pembaca atau pendengar berbuat sesuatu. Bagian ini biasanya berupa pernyataan tentang kelebihan produk yang ditawarkan.

Selain itu, dalam iklan sering disajikan pula slogan, gambar-gambar produk, serta nama dan logo perusahaan.

〈⇒menu⇐〉〈⇒LKPD⇐〉〈⇒umpan balik⇐〉

  • Slogan, Misalnya: “Membangun perpustakaan, membangun peradaban utama”.
  • Gambar dan logo perusahaan atau nama produk. Misalnya: Gambar tumpukan buku.

Demikian, semoga bermanfaat.

Berita sebelumyaKaidah Kebahasaan Teks Iklan
Berita berikutnyaPola-pola Penyajian Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here