Unsur-unsur Teks Eksposisi

0
1459

Setelah mempelajari unit ini, kita diharapkan mampu mengidentifikasi informasi teks eksposisi dan mengenali unsur-unsur teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca.

Materi ini dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar 3.5 mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca.

Untuk mempelajari unit ini, kita dapat membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Cetakan Ke-2.2017 (Edisi Revisi) halaman 60-64 dan sumber lainnya.

Untuk membelajarkan teks eksposisi kepada peserta didik disajikan kedalam aktivitas pembelajaran. Aktivitas pembelajaran dilakukan berdasarkan hasil analisis KD. Setiap aktivitas pembelajaran terdiri atas sepasang KD (pengetahuan dan keterampilan). Pada unit ini, aktivitas pembelajarannya adalah mengidentifikasi dan menyimpulkan teks eksposisi.

Melengkapi unit ini, maka disajikan lembar kegiatan peserta didik (LKPD 3.2 dan LKPD 3.3). LKPD merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat meningkatkan aktifitas peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar. LKPD tersebut dikembangkan berdasarkan indikator pencapaian kompetensi yang telah dirumuskan.

Indikator pencapaian kompetensi (IPK) kunci merupakan kompetensi minimal yang terdapat dalam KD. Indikator pendukung merupakan indikator yang perlu dikuasai peserta didik sebelum mampu memahami indikator kunci. IPK pendukung membantu peserta didik dalam memahami indikator kunci. Indikator pengayaan merupakan indikator yang dirumuskan melebihi tuntutan standar minimal kompetensi dasar. Indikator ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan dan mengayakan potensi peserta didik.

Gagasan dan Fakta dalam Teks Eksposisi

Perhatikan teks yang berjudul “Mengolah Sampah Rumah Tangga.” pada LKPD. Teks tersebut tergolong ke dalam jenis teks eksposisi. Teks tersebut mengemukakan sejumlah pendapat disertai fakta tentang kondisi sampah rumah tangga. Teks eksposisi memuat penilaian, dorongan, atau ajakan-ajakan tertentu kepada khalayak. Bentuk teks eksposisi, terutama di dalam media massa, dapat berupa esai, tajuk rencana (editorial), ataupun tanggapan kritis.

Sebagaimana yang terdapat pada contoh sebelumnya bahwa bagian-bagian teks eksposisi dibentuk oleh dua unsur utama, yaitu gagasan dan fakta.

Gagasan disebut juga ide ataupun pendapat. Isinya berupa pernyataan yang mungkin berupa komentar, penilaian, saran, dorongan, dan bujukan.

Contoh:

  • Jika Pemerintah tidak cepat bertindak dalam sepuluh tahun mendatang, hutan Sumatra akan musnah dan diikuti oleh musnahnya hutan Kalimantan.
  • Pengelolaan hutan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Fakta adalah (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi.

Dalam teks eksposisi, fakta berfungsi untuk memperkuat gagasan sehingga diharapkan lebih meyakinkan khalayak.

〈⇒menu⇐〉〈⇒LKPD 3.2⇐〉〈⇒LKPD 3.3⇐〉

Contoh:

  • Selama bulan Januari-Oktober, 45% dari keseluruhan titik kebakaran terkonsentrasi di Provinsi Riau.
  • Kemudian pada bulan Oktober terjadi kenaikan jumlah titik kebakaran yang cukup signifikan di Provinsi Riau, Sumatra Barat, dan Jambi.

Demikian, semoga bermanfaat.

Berita sebelumyaPola-Pola Pengembangan Teks Eksposisi
Berita berikutnyaApakah Teks Eksposisi Itu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here