LKPD Pola-Pola Pengembangan Teks Eksposisi

0
872

LKPD pola-pola pengembangan teks eksposisi ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Lembar Kegiatan ini dikembangkan berdasarkan:

Kompetensi Dasar

3.5 Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca.

Indikator

  • Mengidentifikasi pola-pola pengembangan teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang dibaca.

LKPD 3.4 (Kegiatan Keempat)

Alokasi Waktu:  2 JP (2 Oktober ‘20)

Petunjuk Kegiatan:

  • Peserta didik membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Cetakan Ke-2.2017. (Edisi Revisi).
  • Peserta didik membaca dan menyimak buku pada halaman 64-67 atau yang dikutif pada bahan bacaan pada link yang tersedia.
  • Tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.
  • Melaporkan hasil pada buku tugas atau lembaran portofolio. Bentuk laporan cukup jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang disediakan.
  • Tulis Laporan LKPD 3.4, Nama, NIS/NISN dan kelas ananda pada LKPD.

Untuk meningkatkan pemahaman kita mengenai pola-pola pengembangan teks eksposisi, selanjutnya mari kita lakukan kegiatan berikut.

〈⇒menu⇐〉〈⇒bacaan⇐〉〈⇒umpan balik⇐〉

Laporan LKPD 3.4

Nama               :  …….

NIS/NISN          :  ……

Kelas               :  ……

A. Teks manakah yang merupakan bagian dari teks eksposisi? Diskusikan pula alasan-alasannya!

  1. Setelah dituang dari tabung bambu, cairan manis (nira) tersebut disaring; ditampung dalam tempayan lalu direbus sampai mendidih. Dalam waktu lebih kurang dua jam, cairan tersebut akan mengental dan berwarna cokelat. Selanjutnya, diturunkan dan diaduk dengan posisi miring agar menjadi dingin. Lebih kurang dua puluh menit, cairan gula merah tersebut siap dicetak, sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
  2. Ada dua macam sarana pendidikan, yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Pendidikan formal memiliki standar kurikulum yang sudah ditentukan oleh Pemerintah, seperti SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan sejenisnya. Pendidikan nonformal yang lebih dikenal dengan pendidikan luar sekolah, seperti kursus-kursus, biasanya menyusun kurikulum sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan lembaga yang bersangkutan.
  3. Pada momentum Hari Pahlawan ini kami mengimbau para pejabat di jajaran pemerintahan, termasuk BUMN/BUMD, pimpinan DPR dan MPR, serta seluruh anggota dewan agar kembali ke fitrah. Ingatlah perjuangan dan cita-cita para pahlawan kusuma bangsa. Mari, kita berjuang untuk memakmurkan rakyat. Untuk itu, bekerjalah dengan keras, profesional, dan bertanggung jawab.
  4. Dua hari berturut-turut hujan deras mengguyur Ibu Kota Jakarta. Saluran air di mana-mana tidak lancar. Penduduk yang tidak bertanggung jawab membuang sampah di sungai-sungai. Sampah-sampah memenuhi sungai-sungai sehingga tersumbat. Resapan air di daerah yang telah ditentukan kini telah berubah fungsinya sebagai tempat hiburan. Gedung-gedung berdiri kukuh di sana.
  5. Salah satu penyebab terjadinya unjuk rasa karena ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Para pengunjuk rasa tidak dapat melampiaskan rasa ketidakpuasan itu. Tekanan amarah yang tersalurkan akhirnya menjadi amuk massa. Hal-hal tersebut mengakibatkan berbagai unjuk rasa sering berujung pada anarkisme masa jika aspirasi mereka tidak tersalurkan. Mereka ingin reaksi mereka diperhatikan.

Teks 1

Eksposisi: …………………….

Bagian Eksposisi: …………….

Alasan: ………………………..

Teks 2

Eksposisi: ……………………..

Bagian Eksposisi: ……………

Alasan: ……………………….

Teks 3

Eksposisi: …………………….

Bagian Eksposisi: ……………

Alasan: ………………………

Teks 4

Eksposisi: …………………..

Bagian Eksposisi: ………….

Alasan: ……………………..

Teks 5

Eksposisi: ……………………

Bagian Eksposisi: …………..

Alasan: ………………………

B. Buktikanlah bahwa kedua teks di bawah ini bagian dari eksposisi. Tunjukkan gagasan umum, pendapat, dan fakta (jika ada) yang ada di dalam bagian teks tersebut!

  1. Sayangnya, tidak banyak putra-putri bangsa Indonesia yang bisa diteladani karena prestasinya. Lebih banyak yang mementingkan diri sendiri dan golongannya saat sudah berkuasa. Hal itu terlihat sekali dalam jajaran pemerintahan (birokrasi), legislatif, dan yudikatif. Mereka benar-benar memanfaatkan peluang yang ada untuk memperkaya diri. Sementara itu, rakyat yang membutuhkan perhatian malah diabaikan.
  2. Kerja sama kepala sekolah dan guru-guru sekolahku amat baik. Kondisi ini membuat hubungan siswa dan guru juga terjalin harmonis. Guru mata pelajaran, seperti guru agama, bahasa Indonesia, dan olahraga, dapat melaksanakan pembelajaran yang bermutu. Siswa pun dapat belajar dengan aktif dan penuh prestasi.

Teks 1

Ide pokok: ……………………

Pendapat: ……………………….

Fakta: ………………………..

Teks 2

Ide pokok: ……………………

Pendapat: ……………………….

Fakta: ………………………..

C. Jawablah!

  1. Pola umum khusus merupakan satu di antara pola yang dapat digunakan di dalam pengembangan teks eksposisi. Jelaskan apa maksudnya pola umum khusus itu!
  2. Pola khusus umum merupakan satu di antara pola yang dapat digunakan di dalam pengembangan teks eksposisi. Jelaskan apa maksudnya pola khusus umum itu!
  3. Pola ilustrasi merupakan satu di antara pola yang dapat digunakan di dalam pengembangan teks eksposisi. Jelaskan apa maksudnya pola ilustrasi itu!
  4. Pola perbandingan merupakan satu di antara pola yang dapat digunakan di dalam pengembangan teks eksposisi. Jelaskan apa maksudnya pola perbandingan itu!

Guru MP

…………..

Orangtua/Wali

………………….

Nilai

………

 

Artikulli paraprakLKPD Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi
Artikulli tjetërLKPD Gagasan dan Fakta dalam Teks Eksposisi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini