LKPD Menjelaskan Struktur Teks Eksposisi

0
723

LKPD menjelaskan struktur teks eksposisi ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Lembar Kegiatan ini dikembangkan berdasarkan:

Kompetensi Dasar

3.6   Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang diperdengarkan atau dibaca.

Indikator

  • Menjelaskan struktur teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang dibaca.

LKPD 3.7 (Kegiatan Ketujuh)

Alokasi Waktu:  2 JP (9 Oktober ‘20)

Petunjuk Kegiatan:

  • Peserta didik membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Cetakan Ke-2.2017. (Edisi Revisi).
  • Peserta didik membaca dan menyimak buku pada halaman 75-80 atau yang dikutif pada bahan bacaan pada link yang tersedia.
  • Tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.
  • Melaporkan hasil pada buku tugas atau lembaran portofolio. Bentuk laporan cukup jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang disediakan.
  • Tulis Laporan LKPD 3.7, Nama, NIS/NISN dan kelas ananda pada LKPD.

Untuk meningkatkan pemahaman kita dalam menjelaskan struktur teks eksposisi, selanjutnya mari kita lakukan kegiatan berikut.

〈⇒menu⇐〉〈⇒bacaan⇐〉〈⇒umpan balik⇐〉

Laporan LKPD 3.7

Nama               :  …….

NIS/NISN          :  ……

Kelas               :  ……

Perhatikan struktur teks eksposisi berikut!

Judul: Dampak Kerusakan Daerah Aliran Sungai

Struktur: Pernyataan pendapat (tesis)

Kalimat:

Daerah aliran sungai di Indonesia kini telah banyak yang mengalami kerusakan. Kerusakan lingkungan pada daerah aliran sungai meliputi kerusakan pada aspek biofisik ataupun kualitas air. Akibatnya, fungsi hidrologis dan peran sungai dalam menjaga keanekaragaman hayati, nilai ekonomi, budaya, transportasi, dan pariwisata akan terganggu.

Struktur: Argumentasi

Kalimat:

Saat ini sebagian Daerah Aliran Sungai di Indonesia mengalami kerusakan sebagai akibat dari perubahan tata guna lahan, pertambahan jumlah penduduk serta kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pelestarian lingkungan DAS. Gejala Kerusakan lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) dapat dilihat dari penyusutan luas hutan dan kerusakan lahan terutama kawasan lindung di sekitar Daerah Aliran Sungai.

Kerusakan daerah aliran sungai yang terjadi mengakibatkan kualitas air yang buruk, keruh, juga kondisi debit air sungai menjadi fluktuatif antara musim penghujan dan kemarau. Selain itu,juga penurunan cadangan air serta tingginya laju sendimentasi dan erosi. Dampak yang dirasakan kemudian adalah terjadinya banjir di musim penghujan dan kekeringan di musim kemarau.

Kerusakan daerah aliran sungai juga mengakibatkan menurunnya kualitas air sungai yang mengalami pencemaran yang diakibatkan oleh erosi dari lahan kritis, limbah rumah tangga, limbah industri, limbah pertanian (perkebunan) dan limbah pertambangan.

Struktur: Penegasan ulang pendapat

Kalimat:

Kerusakan darah aliran sungai di Indonesia telah menjadi masalah yang sangat serius. Kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab akan membawa dampak yang buruk bagi lingkungan. Aliran sungai yang tercemar limbah bukan saja mengakibatkan rusaknya ekosistem sungai, namun akan membawa masalah serius pula pada berbagai sektor kehidupan masyarakat.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

  1. Tentukan struktur teks eksposisi tersebut!
  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tesis?
  3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan rangkaian argumen?
  4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan penegasan kembali?
  5. Tunjukkan gagasan umum bagian rangkaian argumen!

Guru MP

…………..

Orangtua/Wali

…………………..

Nilai

………

 

 

Berita sebelumyaLKPD Mengidentifiksi Struktur Teks Eksposisi
Berita berikutnyaLKPD Jenis-Jenis Paragraf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here