Pentingnya Belajar Teks Deskripsi

0
846

Hallo generasi Indonesia…! Pada unit ini, kita akan mempelajari tentang teks deskripsi. Namun sebelum melanjutkan ke pembelajaran, ada beberapa hal yang perlu kita renungkan terutama mengapa kita perlu memahami teks deskripsi? Apa sih pentingnya belajar teks deskripsi itu?

Untuk memperoleh pemahaman tentang materi ini, mari kita awali dengan memahami apa yang disebut dengan teks dan apa teks deskripsi itu?

Teks adalah satuan bahasa yang utuh baik berbentuk tertulis atau lisan dengan tata organisasi tertentu untuk mengungkapkan tujuan/ makna dalam konteks tertentu. Teks dapat muncul dalam bentuk lisan maupu tulisan yang tidak terlepas dari sistem bahasa pada konteksnya.

Teks deskripsi adalah teks yang berisi tanggapan deskriptif dan personal terhadap objek.

Teks deskripsi memaparkan atau menggambarkan dengan kata-kata secara jelas dan terperinci dari sudut pandang subjektif penulisnya. Hal-hal yang dideskripsikan dipilih dari sudut pandang penulis sendiri. Teks deskripsi disebut juga teks tanggapan deskriptif.

Setelah memahami pengertian teks deskripsi, mari kita jawab pertanyaan judul postingan ini. Apa sih pentingnya belajar teks deskripsi itu?

Setidaknya ada beberapa alasan yang mendorong kita agar dapat memahami teks deskripsi. Dalam tulisan ini, mari kita mengingat kembali hal-hal yang telah dijelaskan dalam berbagai sumber bahwa:

Kebijakan Kurikulum 2013 yang mempertahankan bahasa Indonesia berada dalam daftar pelajaran di sekolah.

Pembelajaran teks deskripsi adalah salah satu teks yang wajib dipelajari peserta didik pada kelas VII. Sudah tentu, kita diharapkan dapat menguasai tuntutan Kompetensi Dasar yang dipastikan materi ini akan diberikan dalam proses pembelajaran dan akan menjadi tuntutan dalam berbagai kegiatan assasment.

Dan yang penting lagi, dengan belajar teks deskripsi, kita diharapkan dapat menjadi generasi Indonesia yang memiliki minat baca dan minat menulis yang tinggi. Kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, nasionalisme, dan kecerdasan sosial ditumbuhkan demi menyongsong dunia literasi agar menjadi generasi hebat di masa mendatang.

Indonesia menjadi negara alami paling indah di dunia. Beberapa tempat wisata di wilayah Indonesia memiliki keindahan alam yang natural Selain alamnya yang indah juga beberapa jenis hewan dan tumbuhan langka yang melengkapi beberapa tempat wisata alami yang indah. Untuk menuangkan keindahan alam tersebut ke dalam tulisan maka digunakan teks deskripsi.

Sebagai teks yang menggambarkan objek tertentu, maka deskripsi mudah dijumpai dalam mata pelajaran IPA dan IPS. Dalam mata pelajaran IPA bisa dibahas karakteristik, keadaan, dan sifat dari suatu objek. Selain itu dalam mata pelajaran IPS dapat dibahas mengenai para pahlawan atau yang lainnya.

Penggunaan teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari pun sering kita gunakan. Kita sering melontarkan ungkapan yang menggambarkan rasa kagum karena melihat keindahan alam misalnya hamparan sawah yang menghijau, deburan ombak yang disertai dengan beningnya air. Hal tersebut bisa dikatan dengan “Wow indahnya”, Atau kita mengatakan “Wow cantiknya”, ketika mengekspresikan kekaguman dan memuji penampilan teman. Atau kita mengucapkan. “Wah lemari ini sangat berat, mungkin bahannya terbuat dari pohon jati”. Dan banyak lagi ungkapan lain yang biasa kita lakukan baik itu ketika melihat penomena alam, kekaguman kepada teman atau kerabat, menilai atau menanggapi hal yang menggambarkan suatu keadaan.

Jadi, secara sederhana sebenarnya teks deskripsi bukan merupakan suatu yang asing bagi kita. Banyak pernyataan yang digunakan dalam komunikasi sehari-hari yang merupakan pendeskripsian suatu objek. Walau demikian, tentunya sebagai suatu teks, teks deskripsi mempunyai ciri tertentu yang insya Allah akan dipaparkan melalui kegiatan-kegiatan berikutnya.

Melalui unit-unit pembelajaran ini, kami mengucapkan selamat berlatih untuk menjadi generasi hebat di masa depan. Cintai dan syukuri Bahasa Indonesia sebagai sarana merajut Indonesia. Bahasa Indonesia anugerah Tuhan yang patut kita syukuri bersama. Selamat menyongsong dunia literasi dengan Bahasa Indonesia sebagai penghela pengetahuan dan pendorong kearifan.

Terima kasih.

〈⇒Menu⇐〉⇔⇔〈⇒LKPD 1.1⇐〉

Berita sebelumyaLKPD Menentukan Ciri Umum Teks Deskripsi
Berita berikutnyaMenyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here