Menentukan Ciri Umum Teks Deskripsi

0
760

Satu di antara Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) berdasarkan Kompetensi Dasar 3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca adalah menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.

〈⇒Pengantar⇐〉〈⇒Menu⇐〉〈⇒LKPD 1.1⇐〉

Untuk mempelajari unit ini, kita dapat membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta : Cetakan Ke-4 2017 mulai dari halaman 1 s.d 8.

Ada beberapa penjelasan yang dipaparkan dalam buku sumber tersebut, di antaramya:

Apa ciri teks deskripsi dari segi tujuan dan objek yang dideskripsikan?

Ciri Tujuan

  • Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/ melukiskan secara rinci dan penggambaran secara konkret mungkin suatu objek/ suasana/ perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, mengalami apa yang dideskripsikan.

Ciri Objek yang dideskripsikan

  • Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal. Ciri ini tergambar pada judul berisi objek pada konteks tertentu (Si Bagas Kucingku, Ibuku Kebanggaanku). Hal yang dibicarakan khusus kucing bernama Bagas yang kemungkinan memiliki sifat berbeda dengan kucing-kucing yang lain. Demikian juga Ibu yang dideskripsikan memiliki tanggapan khusus sesuai dengan pendapat penulis tentang ibu yang bisa jadi berbeda dengan ibu pada umumnya)

Ciri Isi

  • Isi teks deskripsi diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek
  • Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret (menggambarkan wisata yang indah akan dikonkretkan indahnya seperti apa, menggambarkan ibu yang baik akan dikonkretkan baiknya seperti apa). Dengan demikian, teks deskripsi banyak menggunakan kata khusus (warna dikhususkan pada kata hijau, biru toska, oranye)
  • Isi teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga menggunakan kata-kata dengan emosi kuat (ombak menggempur, kemolekan pantai, ibuku yang tangguh)

Untuk menjelaskan paparan tersebut, pada buku disajikan teks yang berjudul: Parangtritis nan Indah, Ayah, Panutanku, Ibu, Inspirasiku dan Si Bagas, Kelinciku.

Teks tersebut bertemakan keindahan Nusantara, mendeskripsikan orang-orang tercinta, dan kecintaan pada hewan peliharaan. Dengan tema tersebut diharapkan dapat menumbuhkan sikap kepedulian terhadap lingkungan sekitar, kedekatan dengan orang-orang tercinta, dan menumbuhkan rasa nasionalisme.

Objek teks deskripsi bersifat khusus dengan ciri tertentu yang berbeda dengan umumnya. Hal ini dapat dilihat dari hal yang dideskripsikan dari keempat teks tersebut, yaitu:

Teks 1: Objek/Hal yang Dideskripsikan tergambar pada judul, “Parangtritis nan Indah”

Teks 2: Objek/Hal yang Dideskripsikan tergambar pada judul, “Ayah, Panutanku”

Teks 3: Objek/Hal yang Dideskripsikan tergambar pada judul, “Ibu, Inspirasiku”

Teks 4: Objek/Hal yang Dideskripsikan tergambar pada judul, “Si Bagas, Kelinciku”

Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis.

Teks 1: Menggambarkan keindahan Pantai Parangtritis.

Teks 2: Menggambarkan sosok seorang ayah yang menjadi panutan anaknya.

Teks 3: Menggambarkan sosok seorang ibu sebagai sumber inspirasi.

Teks 4: Menggambarkan seekor kucing kesayangan.

Isi teks deskripsi memerinci/ mengonkretkan objek

Teks 1: Memerinci lokasi, pemandangan pantai, kemolekan pantai dan banyaknya wisatawan.

Teks 2: Memerinci postur tubuh, sifat dan sikap.

Teks 3: Memerinci ciri fisik, sifat, dan kesemangatan.

Teks 4: Memerinci ciri fisik, sifat dan perilakunya.

Keempat teks tersebut menggunakan kata-kata dengan emosi kuat, sehingga bagi pembaca dapat menimbulkan perasaan terhadap objek. Perasaan terhadap objek tersebut misalnya:

Teks 1: Bangga dengan keindahan Pantai Parangtritis.

Teks 2: Kekaguman dan kebanggaan.

Teks 3: Kekaguman dan kebanggaan.

Teks 4: Kebanggaan, kesayangan dan kelucuan.

Demikian, semoga ada manfaatnya.

Berita sebelumyaJenis Teks Deskripsi
Berita berikutnyaPengembangan IPK B. Indonesia Kelas IX Semester Genap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here