Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi

0
445

Setelah membaca atau mendengar beberapa cerita fantasi, pada bagian ini kita akan belajar menceritakan kembali isi cerita fantasi. Terkait materi ini berdasarkan berdasarkan Kompetensi Dasar 4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca. Dengan satu di antara Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang ditetapkan yaitu Menceritakan kembali isi cerita fantasi lisan/ tulis.

〈⇒Pengantar⇐〉〈⇒Menu⇐〉〈⇒LKPD 2.5⇐〉

Salah satu buku sumber yang digunakan adalah buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta : Cetakan Ke-4 2017 mulai dari halaman 59.

Andaikan memungkinkan dan kalau dalam situasi normal. Pertemuan pada kegiatan ini adalah menceritakan kembali isi cerita fantasi secara berantai.

Berkelompoklah dan ceritakan isi cerita fantasi dengan bahasamu sendiri.

Menceritakan Isi cerita fantasi. Berdasarkan ringkasan urutan peristiwa cerita fantasi di atas, lakukanlah hal-hal berikut!

  1. Membentuk kelompok yang terdiri atas 4 atau 5 orang satu kelompok!
  2. Tiap kelompok diundi untuk ke depan kelas atau di luar kelas (tiap anggota ditempel kertas bernomor 1-5).
  3. Guru memerintahkan nomor yang disebut untuk memulai menceritakan isi cerita. Guru akan menghentikan dan berpindah pada nomor yang lain untuk melanjutkan isi cerita. Selama satu kelompok tampil, siswa kelompok lain menilai dengan format di bawah!

Tetapi andaikan keadaan masih tidak memungkinkan (mudah-mudahan covid-19 cepat berlalu), LKPD ini sebagai pengganti kegiatan tersebut.

  1. Tulislah judul yang akan kamu ceritakan!
  2. Tulislah nama-nama tokoh dan perwatakannya!
  3. Tulislah latar ceritanya!
  4. Tulislah urutan kejadian yang dialami tokoh-tokohnya!
  5. Pesan apakah yang disampaikan dari cerita tersebut?

Demikian, semoga ada manfaatnya.

Berita sebelumyaMerinci Struktur Cerita Fantasi
Berita berikutnyaMenentukan Unsur Instrinsik Cerita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here