Memetakan Isi Teks Deskripsi

0
632

Unit ini untuk mendukung LKPD 1.4 dalam rangka pengembangan pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar 4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca. Yang indikatornya: menjawab pertanyaan isi teks deskripsi, memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya) dan membandingkan isi dua teks informasi dalam teks deskripsi tentang objek tempat wisata yang dibaca.

〈⇒Pengantar⇐〉〈⇒Menu⇐〉〈⇒LKPD 1.4⇐〉

Untuk mempelajari unit ini, kita dapat membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta : Cetakan Ke-4 2017 mulai dari halaman 12 s.d 17.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada unit ini didasarkan pada pemahaman peserta didik terhadap isi teks deskripsi.

Teks 1 yang disajikan berjudul  Pesona Pantai Senggigi dan teks 2 berjudul Gebyar Pementasan Tari Kolosal Ariah.

Pada teks 1, penulis membicarakan tentang keindahan pantai Senggigi. Keindahan pantai Senggigi dipaparkan penulis mulai dari: pemandangan bawah laut, angin pantai yang lembut dan udara yang segar, garis pantai, ombak yang tenang, hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih putih bersih, pemandangan bawah laut; terumbu karang yang masih terawat, ikan beraneka warna, taman bawah laut. Selain itu dipaparkan pula pemandangan indah di Pura Batu Bolong. Sungguh pemandangan pantai Senggigi menawarkan sejuta keindahan dan kenyamanan.

Pada teks 2, penulis membicarakan tentang pementasan Tari Kolosal Ariah mulai dari awal pementasan, puncak pementasan, dan akhir pementasan. Pementasan tari kolosal ini dalam rangka hari jadi Kota Jakarta ke- 386. Pertunjukan dimulai pada pukul 20.00. Pertunjukan dibuka dengan nyala api, penonton bersorak-sorai kaget sekaligus terpesona. Penonton disuguhi kemunculan 200 penari yang menjadi inti drama Ariah. Erwin Gutawa mengaransemen lagul-agu Betawi dengan syahdu. Musik menggetarkan suasana. Adegan puncak benar-benar mengaduk-aduk emosi penonton. Beragam suasana hati semakin dirasakan penonton. Puncak ketegangan semakin terasa pada saat para penari laki-laki membawa replika obor yang menggambarkan suasana perlawanan para petani terhadap pemerintah kolonial. Pementasan ditutup dengan peristiwa tragis yang menimpa Ariah.

Pemetaan yang dimaksud pada LKPD 1.3 adalah menggambarkan proses atau cara penulis mendeskripsikan suatu objek. Untuk membuat pemetaan isi teks yang dibaca yaitu dengan cara menuliskan di tengah topik/hal yang dibicarakan.

Misalnya:

Pantai – Pasir – Latar – Ombak- Matahari – Gunung

Pantai – Senggigi – Bawah laut – Ikan – Terumbu – Taman laut

Setiap teks tentu memiliki perbedaan dan persamaan. Perbedaan dan persamaan teks tersebut dapat dilihat misalnya dari:

  • topik utama yang dideskripsikan
  • rincian isi
  • cara mengembangkan isi
  • isi dapat ditangkap dengan penggunaan panca indera
  • pola pengelompokan isi: ada yang dengan pola mengelompokkan bagian-bagian (pantai, bawah laut, pura batu bolong)
  • dan sebagainya.

Demikian, semoga sukses!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here