LKPD Melengkapi Kebahasaan dari Teks Deskripsi

0
675

LKPD Melengkapi kebahasaan dari teks deskripsi ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Lembar Kerja Pesera Didik ini dikembangkan berdasarkan:

Kompetensi Dasar

 3.2 Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.

Indikator

  • Melengkapi kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.

LKPD 1.9 (Kegiatan Kesembilan)

Alokasi Waktu:  2 JP (7 Agustus ‘20)

Petunjuk Kegiatan:

  • Peserta didik membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta : Cetakan Ke-4 2017.
  • Peserta didik membaca dan menyimak buku tersebut mulai dari halaman 28 s.d 30 atau yang dikutif pada bahan bacaan pada link yang tersedia.
  • Tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.
  • Melaporkan hasil pada buku tugas atau lembaran fortofolio dengan tulis tangan. Bentuk laporan cukup jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang disediakan.
  • Tulis Laporan LKPD 1.9, Nama, NIS/NISN dan kelas ananda pada LKPD.

〈⇒menu⇐〉⇔⇔〈⇒bacaan⇐〉

Untuk meningkatkan pemahaman kita dalam hal melengkapi kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek, selanjutnya mari ikuti kegiatan berikut.

Laporan LKPD 1.9

Nama               :  ………………………………

NIS/NISN          :  ………………………………

Kelas               :  ………………………………

Latihan Melengkapi dan Menelaah Teks Deskripsi

1. Ubah dan lanjutkan deskripsi berikut sesuai dengan kondisi sekolahmu!

SMPN Merdeka merupakan salah satu sekolah kebanggaan di daerahku. Sekolahku terletak di pinggir kota Malang. Tepatnya, sekolahku berlokasi di Jalan Sukarno 28. Sekolah kebanggaanku ini mempunyai fasilitas yang lengkap. Sekolahku sangat asri dan nyaman.

……………………………………………………………………….

……………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

2. Latihan Melengkapi Deskripsi Pohon-pohonan dalam Suasana Hujan

Dari balik tirai hujan sore hari pohon-pohon kelapa di seberang lembah itu seperti penari yang sedang memainkan tubuhnya dengan lincah. Pelepahpelepah yang kuyup menambah keunikan gerakan sang penari. Batangbatang yang ramping dan meliuk-liuk oleh hembusan angin seperti   …………………………………………….

Ketika angin tiba-tiba bertiup lebih kencang, pelepah-pelepah serempak terjulur sejajar satu arah, seperti ………………………………………………

Pohon-pohon kelapa itu, tumbuh di tanah lereng di antara pepohonan lain yang rapat dan rimbun. Kemiringan lereng membuat pemandangan seberang lembah itu seperti lukisan ………………………………………………………… …………

Selain pohon kelapa yang memberi kesan lembut, batang sengon yang kurus dan langsing menjadi garis-garis tegak berwarna putih dan kuat. Ada beberapa pohon aren dengan daun mudanya mulai mekar, kuning, dan segar. Ada pucuk pohon jengkol yang bewarna cokelat kemerahan. Ada bunga bungur yang ungu berdekatan dengan pohon dadap dengan kembangnya yang berwarna merah. Dan batang-batang jambe rowe, sejenis pinang dengan buahnya yang bulat dan lebih besar, memberi kesan purba pada lukisan yang terpajang di sana.

3. Lengkapilah bagian yang rumpang sehingga menjadi teks deskripsi yang padu!

Rumah Makan Nyampleng

Rumah makan “ Nyampleng” ………….. di sebelah selatan alun-alun Kota Malang. Rumah makan ini ………………. dengan masakan tradisionalnya. Nama rumah makan ini ……………. dari bahasa Jawa yaitu nyamleng yang berarti enak sekali. Sesuai dengan namanya rumah makan ini menyediakan masakan Jawa dengan cita rasa tinggi. Bangunan rumah makan ini beraksitektur Jawa. …………… semua peralatan dan ornamen di rumah makan ini ………….. dengan nuansa Jawa.

Memasuki rumah makan ini, kita disambut gapura bernuansa Jawa yang berdiri kokoh di pintu masuk. Di bagian ……… rumah makan ini terpasang gapura yang indah bertuliskan huruf Jawa dengan warna alami. Begitu memasuki pintu utama kita akan disambut ruangan yang sejuk dengan estetika tinggi. Lantai rumah makan ini terbuat dari kayu berwarna cok lat tua. Dinding berwarna putih bersih. Hiasan etnik Jawa ditata melengkung …………. di ………. dinding ruangan. Warna keemasan dipilih untuk menunjukkan kebesaran tempat ini. Hiasan batik sogan yang ……. pada bagian ……… dinding menambah kekentalan suasana tradisi Jawa.

Di ……………………. rumah makan ini diletakkan gamelan Jawa yang tertata rapi lengkap dengan niyaganya. Warna gamelan keemasan dengan bingkai kayu warna coklat gelap sangat ………….dan ………. Di samping gamelan di tata meja kursi antik dengan warna legam. Di pojok ruangan diletakkan lampu hias cok lat dengan ornamen kuning keemasan.

Di bagian ……….. terdapat kolam ikan nila. Warna merah yang mendominasi kolam nampak seperti kain indah yang sedang dimainkan seorang penari. Kolam itu tidak terlalu luas, tetapi …………. Di pinggir kolam dihias beragam bunga. Warna warni bunga dengan ………. wanginya menambah keasrian rumah makan ini. Aroma gorengan tempe merambah semua ruangan. Gurihnya aroma tempe tergambar dari bau yang ditimbulkannya. …… sambal terasinya juga merangsang orang segera mencicipinya. Alunan lagu Jawa yang syahdu menambah …….. penyet tempe yang telah dihidangkan di atas meja.

Guru MP

………………………….

Orangtua/Wali

…………………………..

Nilai

……………………….

Bahasa Indonesia Merajut Persatuan Bangsa

.

Berita sebelumyaLKPD Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Kata
Berita berikutnyaLKPD Menentukan Kebahasaan Teks Deskripsi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here