Jenis Teks Deskripsi

0
1028

Unit ini merupakan kelanjutan dari materi pembelajaran sebelumnya. Untuk itu pahami bahan bacaan yang sudah dipaparkan pada pertemuan awal agar kita dapat menyimpulkan pengertian teks deskripsi berdasarkan informasi dalam teks dan dapat menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.

〈⇒Pengantar⇐〉〈⇒Menu⇐〉〈⇒LKPD 1.2⇐〉

Untuk mempelajari unit ini, kita dapat membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta : Cetakan Ke-4 2017 mulai dari halaman 1 s.d 9.

Selain itu dibawah ini, mari kita simak paparan berikut:

Pengertian Teks Deskripsi

Teks yang isinya menggambarkan atau menginformasikan objek tertentu secara khusus, itulah yang dimaksud dengan teks deskripsi. Hal ini sesuai dengan pendapat Emilia (2016, hlm. 93) bahwa teks deskripsi merupakan teks yang memberikan informasi tentang sesuatu atau seseorang. Teks deskripsi memberi informasi mengenai topik yang dibahas dan informasi tersebut dikelompokkan pada beberapa bagian. Bagian deskripsi ini dapat diurutkan dari bagian yang paling penting sampai pada bagian yang kurang penting atau dari hal yang paling umum sampai pada hal yang khusus atau spesifik.

Oshima dan Hogue (2007, hlm. 61) juga menjelaskan bahwa teks deskripsi merupakan penulisan mengenai bentuk karakteristik hal tertentu. Teks deskripsi menunjukkan hal yang dapat diamati, karena teks deskripsi memaparkan bagaimana tampilan, bau, rasa, dan bunyi sesuatu atau seseorang. Teks deskripsi yang baik adalah teks yang mampu membuat pembaca membayangkan objek, tempat, dan orang yang penulis deskripsikan. Seorang penulis deskripsi diibaratkan seperti seorang seniman yang mampu melukis sebuah gambar yang dapat dilihat secara jelas dalam pikiran pembaca.

Peter Knapp dan Megan Watkins (2005: 97) menjelaskan pula bahwa teks deskripsi menjadi salah satu fungsi dasar dari setiap sistem bahasa dan salah satu keterampilan yang muncul dari setiap penggunaan bahasa.

Dalam teks deskripsi, dimungkinkan adanya kategorisasi atau klasifikasi mengenai pengalaman, hasil observasi dan interaksi yang dilakukan secara objektif atau subjektif, bergantung pada pembelajaran atau maksud penulis.

Pendeskripsian juga digunakan secara luas dalam berbagai jenis teks, seperti teks laporan, teks deskripsi sastra, teks tanggapan, dan pembuatan klasifikasi dan/atau penggambaran tentang suatu proses sebelum bagian penjelasan dalam paragraf awal teks eksplanasi. Pendeskripsian juga menjadi bagian utama dari teks narasi dalam pengembangan karakterisasi, suasana tempat, dan tema utama cerita. Seseorang melakukan pendeskripsian ketika

  1. berbicara atau menulis tentang sebuah foto;
  2. menulis tentang karakter atau tempat dalam sebuah cerita; dan
  3. melaporkan tentang seekor binatang, dll.

Berdasarkan pemaparan tersebut dapatlah disimpulkan bahwa teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan hakikat objek sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Teks deskripsi melukiskan suatu objek secara menyeluruh sehingga pembaca mampu turut melihat, mencium, meraba, mendengar dan merasakan objek yang penulis deskripsikan. Hal-hal yang dapat dideskripsikan dapat meliputi orang, tempat, benda, binatang, tumbuhan, kejadian, suasana, dan lain-lain. Dengan demikian, setiap hal dalam kehidupan manusia dapat dideskripsikan.

Karakteristik Teks Deskripsi

Fungsi Teks Deskripsi

Saudara perhatikan kembali informasi-informasi yang ada pada keempat contoh teks itu. Tampak bahwa pada setiap teks itu dijumpai informasi tentang objek tertentu: tempat, orang, binatang, benda, ataupun yang lainnya. Dengan membaca teks itu, kita sebagai pembaca memperoleh gambaran, informasi, ataupun penjelasan khusus tentang objek itu secara terperinci. Hal ini sesuai dengan pendapat Emi Emilia (2016: 93) mengemukakan bahwa teks deskripsi merupakan teks yang memang bertujuan untuk memberikan informasi tentang sesuatu atau seseorang. Pendapat tersebut didukung oleh Oshima dan Hogue (2007: 61) yang menjelaskan bahwa teks deskripsi dapat menunjukkan hal yang dapat diamati, karena teks deskripsi memaparkan bagaimana tampilan, bau, rasa, dan bunyi sesuatu atau seseorang. Oleh karena itu, teks deskripsi dapat membantu pembaca untuk mengetahui keadaan objek atau suasana berdasarkan gambaran objek yang telah penulis rinci secara subjektif.

Pendapat senada disampaikan pula oleh Titik Harsiati, dkk (2016: 7) yang memaparkan bahwa teks deskripsi bertujuan untuk menggambarkan objek dengan cara merinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis. Tujuan lainnya adalah teks deskripsi berfungsi untuk menggambarkan atau melukiskan secara rinci dan menggambarkan secara konkret suatu objek/suasana/perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, dan mengalami apa yang dideskripsikan oleh penulis.

Berdasarkan pemaparan tersebut, dapatlah disimpulkan bahwa teks deskripsi berfungsi untuk memberikan gambaran secara menyeluruh, rinci, dan konkret perihal suatu objek/suasana/perasaan kepada pembaca berdasarkan sudut pandang penulis. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca.

Tujuan Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki tujuan, yakni memberi penjelasan yang utuh kepada pembacanya supaya mereka dapat memahami apa yang sedang dibicarakan dengan jelas, entah dalam hal bentuk fisik ataupun wujud yang abstrak seperti sikap, rasa dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi mempunyai ciri-ciri yang dapat mempermudah kita dalam mengenal jenis dari sebuah teks deskripsi. Berikut ini adalah ciri-ciri teks deskripsi, yaitu :

  • Menjabarkan atau menggambarkan suatu objek seperti benda, tempat atau suasana tertentu.
  • Melibatkan panca indera (penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman dan perabaan).
  • Memaparkan ciri-ciri fisik dan sifat objek tertentu seperti ukuran, bentuk, warna dan kepribadian secara jelas dan terperinci.
  • Banyak ditemukan kata-kata atau frasa yang bermakna kata sifat atau keadaan.

Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu:

  • Teks deskripsi berdiri sendiri sebagai teks dan,
  • Teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain (cerpen, novel, lagu, iklan, dll).

Lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah merupakan satu di antara lagu-lagu yang di dalamnya terdapat penggambaran objek/ suasana/ perasaan selain bercerita tentang romantisme kisah cinta Aisyah kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Demikian, semoga ada manfaatnya.

Berita sebelumyaCiri Teks Deskripsi dari Aspek Kebahasaan
Berita berikutnyaMenentukan Ciri Umum Teks Deskripsi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here