LKPD Menentukan Jenis Cerita Fantasi

0
2141

LKPD Menentukan jenis cerita fantasi ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Lembar Kerja Pesera Didik ini dikembangkan berdasarkan:

Kompetensi Dasar

3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar.

Indikator

  • Menentukan jenis cerita fantasi dan menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/didengar.

LKPD 2.2 (Kegiatan Kedua)

Alokasi Waktu:  2 JP (26 Agustus ‘20)

Petunjuk Kegiatan:

  • Peserta didik membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta : Cetakan Ke-4 2017.
  • Peserta didik membaca dan menyimak buku tersebut mulai dari halaman 52 s.d 54 atau yang dikutif pada bahan bacaan pada link yang tersedia.
  • Tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.
  • Melaporkan hasil pada buku tugas atau lembaran fortofolio dengan tulis tangan. Bentuk laporan cukup jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang disediakan.
  • Tulis Laporan LKPD 2.2, Nama, NIS/NISN dan kelas ananda pada LKPD.

〈⇒menu⇐〉⇔⇔〈⇒bacaan⇐〉

Untuk meningkatkan pemahaman kita hal menentukan jenis cerita fantasi dan menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/didengar, selanjutnya mari kerjakan lembar kerja berikut.

Laporan LKPD 2.2

Nama               :  ………………………………

NIS/NISN          :  ………………………………

Kelas               :  ………………………………

Perhatikan cuplikan teks yang menyebutkan nama-nama tokoh binatang seperti berikut!

Seluruh pasukan Nataga sudah siap hari itu. Nataga membagi tugas kepada seluruh panglima dan pasukannya di titik-titik yang sudah ditentukan. Seluruh binatang di Tana Modo tampak gagah dengan keyakinan di dalam hati, mempertahankan milik mereka.

Selesai pertempuran Nataga segera menuju ke atas bukit, bergabung dengan seluruh panglima. Levo, Goros, Lamia, Sikka, dan Mora memandang Nataga dengan haru dan tersenyum mengisyaratkan hormat dan bahagia.

1.  Adakah dalam kehidupan nyata tokoh-tokoh yang disebutkan seperti dalam teks tersebut!

Bacalah teks berikut!

Seluruh binatang di Tana Modo tampak gagah dengan keyakinan di dalam hati, mempertahankan milik mereka.

2.  Nama tempat yang disebut pengarang, apakah ada dalam kehidupan nyata atau hanya rekaan pengarang saja?

Bacalah teks berikut!

Pasukan terdepan dari binatang-binatang hutan segera mengepung para serigala dengan lemparan bola api.

3. Dalam kehidupan nyata dapatkah pasukan binatang berperang melawan siluman serigala?

Jenis cerita fantasi berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan nyata pada cerita fantasi “Kekuatan Ekor Biru Nataga” dikategorikan cerita fantasi total. Mengapa?

Perhatikan cuplikan teks berikut dengan cermat!

Nono, si Anak Rembulan, berangkat sendiri berlibur ke Wlingi, tempat tinggal Mbah Sastro. Ia selalu suka liburan di sana, karena ia bisa bersepeda keliling Wlingi dan bermandi-mandi di Sungai Lekso yang menyegarkan. Tak jarang juga Nono membantu Mbah Mas yang punya warung makan di Stasiun Wlingi. Suatu hari, Nono ditugaskan untuk membeli tahu goreng ke Njari, ke tempat Mbah Pur, kakek buyutnya. Nono pun berangkat dengan sepeda.

4. Apakah nama tokoh, nama tempat yang disebutkan cuplikan cerita tersebut dapat terjadi dalam dunia nyata?

5. Apakah peristiwa seperti yang disebutkan dalam kalimat “Nono pun berangkat dengan sepeda” dapat terjadi di dunia nyata?

6. Jenis cerita fantasi berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan nyata pada cerita fantasi “Anak Rembulan (Negeri Misteri di Balik Pohon Kenari)” dikategorikan cerita fantasi irisan. Mengapa?

Perhatikan cuplikan teks cerita fantasi berikut dengan cermat!

Minggu pagi yang cerah Ardi, Handi, dan Dani berada di Candi Trowulan. Mereka merupakan siswa pilihan dari sebuah SMP yang sedang melakukan tugas pengamatan untuk karya ilmiah remaja. Di tengah keramaian orang yang sedang berwisata, mereka sibuk menyelesaikan laporannya.

“Tolooong,“ tiba-tiba terdengar suara Handi berteriak minta tolong. Dani dan Ardi yang berada tidak jauh dari tempat itu segera berlari menghampiri. Betapa kagetnya mereka berdua melihat Handi berada di sebuah lubang dan hanya kelihatan tangannya. Dengan reflek Ardi dan Dani menarik berusaha menolong Handi. Tapi “Aaahh…! terdengar teriakan keras dan mereka bertiga terseret masuk ke lubang itu.

“Dimana kita??” Ardi bertanya sambil menatap tembok sekelilingnya yang memancarkan kemilau keemasan.

“Tempat apa ini?” Handi dan Dani bertanya hampir bersamaan.

Tiba-tiba, di hadapan mereka, muncul laki-laki bertubuh kekar.

“Kalian bertiga saya panggil untuk menemui leluhurmu!” laki-laki tegap itu berujar dengan penuh wibawa. Ketiga anak itu terbelalak.

“Sii aa .. pa Bapak?” sambil gemetar Handi memberanikan diri untuk bertanya.

“Aku yang berjanji tak akan makan buah palapa sebelum Nusantara bersatu,” jawab laki-laki itu dengan mata tajam menatap ke arah tiga anak yang masih ketakutan itu.

“Gaajah Maada …!” suara ketiganya seperti tercekat.

“Ya benar akulah Gajah Mada yang sejak muda berusaha keras berlatih untuk menjadi orang berguna,” suara laki-laki itu dengan sangat berwibawa.

7. Cerita tersebut dimulai dengan latar Candi …. kemudian tokoh mengalami peristiwa ajaib yang membawa para tokoh ke zaman Kerajaan … dan bertemu dengan Gajah Mada.

8.  Cerita tersebut menggunakan dua latar waktu yang berbeda. Berdasarkan latar cerita yang menggunakan dua latar waktu yang berbeda, maka cerita tersebut dikategorikan cerita fantasi latar ….

9.  Carilah dan tuliskan judul cerita fantasi dengan latar yang digunakan satu masa (fantasi masa kini, fantasi masa lampau, atau fantasi masa yang akan datang/ futuristik).

10.  Simpulkan jenis cerita fantasi berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan nyata dan cerita fantasi berdasarkan latar cerita!

Guru MP

………………………….

Orangtua/Wali

…………………………..

Nilai

……………………….

Bahasa Indonesia Merajut Persatuan Bangsa

.

Artikulli paraprakLembar Tugas Pembelajaran Daring Cerita Fantasi
Artikulli tjetërLembar Kerja Model Pembelajaran Daring Cerita Fantasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini