Pertanyaan Tentang Isi Teks LHO

0
849

Pada unit ini kita akan belajar menjawab pertanyaan tentang isi teks LHO. Unit pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar 4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar.

Pembelajaran unit ini, terdapat pada buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta : Cetakan Ke-4 2017 mulai dari halaman 132 s.d  135.

〈⇒Pengantar⇐〉〈⇒Menu⇐〉〈⇒LKPD 4.3⇐〉

Dalam kehidupan sehari-hari diperlukan pengetahuan untuk penambahan wawasan, keilmuan, dan kompetensi. Satu di antara cara yang biasa dilakukan adalah pembacaan teks atau buku pengetahuan. Saat dibaca teks atau buku pengetahuan, akan didapatkan beragam informasi. Namun, tidak semua informasi tersebut bermanfaat atau sesuai kebutuhan. Tidak semua informasi tersebut benar, jelas, dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu, harus diselektif dan disikapi dengan bijak.

Buku atau teks pengetahuan dikembangkan berdasarkan laporan hasil observasi sehingga berita atau informasi yang dibuat berdasarkan pengamatan berupa fakta dan bukan hasil imajinasi. Hal ini menegaskan bahwa yang diungkapkan dalam laporan hasil observasi adalah sesuatu yang terjadi. Hal-hal yang dikemukakannya merupakan fenomena yang bersifat umum.

Pengidentifikasian informasi teks LHO bertujuan untuk menggali fakta yang diungkapkan dalam teks tersebut sekaligus memvalidasi kebenarannya. Hal ini sangat penting dilakukan, terutama untuk menghindari informasi palsu (hoax) yang akhir-akhir ini banyak beredar. Selain itu, melalui proses identifikasi, kita akan dapat menyeleksi kejelasan, kebenaran, dan kebermanfaatan informasi tersebut.

Sementara itu, menyimpulkan atau menginterpretasi berarti memaknai kembali atau menjelaskan ulang teks itu, baik secara lisan maupun tertulis. Penyimpulan isi teks LHO lebih diarahkan kepada keterampilan memaknai informasi secara utuh dari beragam fakta yang disajikan. Hal ini dilatihkan.

Bacalah teks laporan hasil observasi berikut dengan cermat.

Sampah

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh baik alam maupun manusia. Sampah yang dihasilkan di Indonesia mencapai 11.330 ton per hari. Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah bagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik.

Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan atau degradable. Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan lain sebagainya. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau undegradable. Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan lain sebagainya. Sampah anorganik di daur ulang oleh industri rumahan untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai peluang usaha. Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibedakan menjadi sampah padat, cair, alam, konsumsi, manusia dan radioaktif.

Sampah padat adalah sampah yang berwujud padat. Sampah padat dapat berupa sampah rumah tangga misalnya seperti sampah dapur, kebun, plastik, metal, gelas dan lain-lain. Sampah organik dan anorganik termasuk sampah padat. Sampah ini dapat dibedakan berdasarkan kemampuan diurai oleh alam atau biodegrability menjadi sampah padat biodegradable (sampah yang dapat diuraikan oleh proses biologi) dan sampah padat non-biodegradable (tidak dapat diuraikan oleh suatu proses biologi. Sampah padat non-biodegradable ada dua jenis yaitu recyclable (dapat diolah kembali) dan non-recyclable (tidak dapat diolah kembali).

Sampah cair adalah bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan lagi, misalnya seperti limbah. Limbah adalah sampah cair yang dihasikan dari aktivitas industri. Limbah dapat dibagi menjadi dua yaitu limbah hitam dan limbah rumah tangga. Limbah hitam adalah sampah cair yang mengandung patogen berbahaya yang berasal dari toilet, sedangkan limbah rumah tangga adalah sampah cair yang dihasilkan dari dapur, kamar mandi, dan tempat cucian.

Sampah alam adalah sampah yang diproduksi oleh alam dan diuraikan melalui proses daur ulang alami. Contoh dari sampah alam adalah daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Sampah manusia adalah istilah yang digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan manusia, seperti feses dan urin.

Sampah manusia dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia karena dapat dikatakan sebagai sarana perkembangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Sampah konsumsi adalah sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah. Jumlah sampah konsumsi sampai sekarang tidak melebihi jumlah sampah industri. Limbah radioaktif adalah sampah nuklir yang merupakan hasil dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium. Limbah radioaktif berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan manusia karena menghasilkan radiasi yang berdampak buruk terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, sampah nuklir disimpan ditempat-tempat yang tidak berpotensi tinggi untuk melakukan aktivitas, tempat-tempat yang dituju biasanya bekas tambang garam atau dasar laut.

Sumber:http://www.rankingkelas.com/-contoh-teks-laporan-hasilobservasi

Demikian, semoga ada manfaatnya.

Berita sebelumyaGagasan Utama Teks Laporan Hasil Observasi
Berita berikutnyaKalimat Sebagai Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here