Ulangan Harian Teks Ulasan

0
494

Ulangan Harian Teks Ulasan ini merupakan lanjutan dari soal-soal terkait. Disajikan rata-rata dalam setiap postingan 10 soal.

Pilihlah pada jawaban yang paling tepat! Usahakan diisi semua, supaya di kala klik Submit di bawah akan muncul nilai Anda.

Welcome to your Ulangan Harian Teks Ulasan

Teks yang berisi pembahasan ataupun penilaian terhadap suatu buku atau karya-karya lain yang ditujukan untuk kepentingan orang lain disebut ….

Pola teks yang dibangun dengan struktur: identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dengan tambahan boleh adanya rekomendasi, disebut teks ….

Kalimat yang di dalamnya terdapat konjungsi penerang adalah ….

Kalimat yang di dalamnya terdapat konjungsi temporal adalah ….

Kalimat yang di dalamnya terdapat konjungsi penyebab adalah ….

Kalimat yang di dalamnya terdapat pernyataan yang berupa saran atau rekomendasi adalah ….

Yang termasuk ke dalam identitas film adalah ….

Bagian orientasi pada teks ulasan menjelaskan tentang ….

Jangan takut tidak makan, tidak punya uang, tidak punya harta benda. Takutlah ketika tidak punya ilmu. Karena dengan ilmu kamu biasa mendapatkan semua itu.


Pernyataan tersebut merupakan susunan teks ulasan bagian ….

Bacalah kutipan paragraf berikut!


Bagaimana pun keadaannya, film ”Beth” merupakan ungkapan semangat pemberontakan Aria pada sesuatu yang mapan. Dari sana Aria ingin memberi isyarat bahwa sudah waktunya kita mengkritisi idiom-idiom sesat yang kini terlanjur hidup dalam masyarakat kita. Jelasnya, memandang hidup secara lebih jujur adalah sebuah kebutuhan mendesak.


Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ….


[showhide type=”post” more_text=”Kunci Jawaban” less_text=”Show less…”]

  1. Teks yang berisi pembahasan ataupun penilaian terhadap suatu buku atau karya-karya lain yang ditujukan untuk kepentingan orang lain disebut ….

Jawab: teks ulasan

  1. Pola teks yang dibangun dengan struktur: identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dengan tambahan boleh adanya rekomendasi, disebut teks ….

Jawab: resensi

  1. Kalimat yang di dalamnya terdapat konjungsi penerang adalah ….

Jawab: Banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan untuk memilih siapa yang terbaik untuk menjadi pendamping hidup. Sebenarnya itu salah. Hanya satu hal yang terpenting, yakni dia yang mampu menjaga hatimu.

Konjungsi penerang ditandai oleh kata seperti: bahwa, yakni, yaitu. Pada kalimat tersebut terdapat kata yakni.

  1. Kalimat yang di dalamnya terdapat konjungsi temporal adalah ….

Jawab: Dalam hidup, terkadang kita lebih banyak mendapatkan apa yang tidak kita inginkan. Dan ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan, akhirnya kita tahu bahwa yang kita inginkan terkadang tidak dapat membuat hidup kita menjadi lebih bahagia.

Konjungsi temporal ditandai oleh kata seperti: sejak, semenjak, kemudian, akhirnya. Pada kalimat tersebut terdapat kata akhirnya.

  1. Kalimat yang di dalamnya terdapat konjungsi penyebab adalah ….

Jawab: Manusia harus lebih cerdas dalam menghadapi masalah dan diiringi dengan kesabaran hati. Itulah jalan keluar yang tebaik untuk menghadapi masalah tersebut, karena semua mahluk pasti mempunyai masalah.

Konjungsi penyebab ditandai oleh kata seperti: karena, sebab. Pada kalimat tersebut terdapat kata karena.

  1. Kalimat yang di dalamnya terdapat pernyataan yang berupa saran atau rekomendasi adalah ….

Jawab: Tetesan air dapat membentuk sebuah sungai. Kumpulan butiran beras bisa memenuhi lumbung. Jangan meremehkan hati nurani sendiri dan jangan pernah berpikir untuk tidak melakukannya, walau perbuatan itu sangat kecil.

Pernyataan-pernyataan yang berupa saran atau rekomendasi ditandai oleh kata jangan, harus, hendaknya. Pada kalimat tersebut terdapat pernyataan saran yang ditandai oleh kata Jangan.

  1. Yang termasuk ke dalam identitas film adalah ….

Jawab: judul, bintang, sutradara, produser

Identitas film biasanya mencakup:

  • Judul
  • Bintang
  • Sutradara
  • Produser
  • Skenario
  • Fotografi
  • Produksi
  • Durasi
  1. Bagian orientasi pada teks ulasan menjelaskan tentang ….

Jawab: gambaran umum mengenai sebuah karya

Bagian orientasi memaparkan gambaran umum mengenai sebuah karya. Bagian orientasi memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai apa yang akan diulas? Orientasi adalah semacam latar belakang atau pengantar untuk mengenalkan kepada pembaca mengenai objek yang akan diulas sebelum memasuki penjelasan lebih mendalam.

  1. Jangan takut tidak makan, tidak punya uang, tidak punya harta benda. Takutlah ketika tidak punya ilmu. Karena dengan ilmu kamu biasa mendapatkan semua itu.

Pernyataan tersebut merupakan susunan teks ulasan bagian ….

Jawab: rekomendasi

Kalimat yang berupa rekomendasi atau saran biasanya ditandai kata jangan, harus, hendaknya. Dan kalimat tersebut diawali dengan kata jangan.

  1. Bacalah kutipan paragraf berikut!

Bagaimana pun keadaannya, film ”Beth” merupakan ungkapan semangat pemberontakan Aria pada sesuatu yang mapan. Dari sana Aria ingin memberi isyarat bahwa sudah waktunya kita mengkritisi idiom-idiom sesat yang kini terlanjur hidup dalam masyarakat kita. Jelasnya, memandang hidup secara lebih jujur adalah sebuah kebutuhan mendesak.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ….

Jawab: memandang hidup secara lebih jujur adalah sebuah kebutuhan mendesak

Buktinya kalimat tersebut terdapat dalam kalimat terakhir.

[/showhide]

Demikian, semoga ada manfaatnya. Terima kasih.

.

Penelusuran yang terkait: di sini ….

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here