Setiap Jiwa Diberi Balasan

Tafsir Al-Qur’an: Surah Al-Mu’min ayat 17

0
728

Kajian Tafsir: Surah Al-Mu’min ayat 17. Penampakkan nikmat-nikmat Allah Yang Maha mengalahkan makhluk-Nya dengan kematian dan keadaan pada hari Kiamat. Pada hari ini setiap jiwa diberi balasan sesuai dengan apa yang telah dikerjakannya.  Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

الْيَوْمَ تُجْزَى كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ لا ظُلْمَ الْيَوْمَ إِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ (١٧)

Pada hari ini setiap jiwa diberi balasan sesuai dengan apa yang telah dikerjakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sungguh, Allah sangat cepat hisab-Nya. (Q.S. Al-Mu’min : 17)

.

Tafsir Ibnu Abbas

Al-yauma (pada hari ini), yakni pada hari kiamat.

Tujzā kullu nafsin (setiap jiwa akan diberi balasan), baik yang saleh maupun yang durhaka.

Bi mā kasabat (atas apa yang telah dilakukannya), yakni atas kebaikan dan keburukan yang telah dilakukannya.

Lā zhulmal yaum (tak ada kezaliman pada hari itu) terhadap seorang pun. Kebaikan-kebaikan mereka tidak akan dikurangi dan keburukan-keburukan mereka tidak akan ditambah.

Innallāha sarī‘ul hisāb (sesungguhnya Allah teramat cepat Penghisaban-Nya) manakala Dia menghisab. Menurut satu pendapat, teramat keras Siksaan-Nya manakala Dia menyiksa.


Link untuk Kajian Tafsir Al-Qur’an Juz Ke-24

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an

  1. Pada hari ini setiap jiwa diberi balasan sesuai dengan apa yang telah dikerjakannya[20]. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini[21]. Sungguh, Allah sangat cepat hisab-Nya[22].

[20] Di dunia, baik atau buruk.

[21] Dengan ditambah keburukannya atau dikurangi kebaikannya.

[22] Hal itu karena ilmu-Nya yang meliputi segala sesuatu dan sempurna kekuasaan-Nya.

.

Tafsir Jalalain

  1. (Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisab-Nya) Dia menghisab semua makhluk hanya dalam waktu setengah hari dunia, demikianlah menurut keterangan hadis.

.

Tafsir Ibnu Katsir

Adapun firman Allah Swt.:

Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya. (Al-Mu’min: 17)

Allah Swt. menceritakan tentang keadilan-Nya dalam keputusan hukum di antara makhluk-Nya, bahwa Dia tidak merugikan barang sekecil apa pun dari kebaikan atau keburukan seseorang. Bahkan Dia membalas suatu kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya, dan membalas satu keburukan dengan balasan satu keburukan. Karena itulah disebutkan dalam firman-Nya:

Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. (Al-Mu’min: 17)

Seperti apa yang disebutkan di dalam kitab Sahih Muslim melalui Abu Zar, dari Rasulullah ﷺ yang menceritakan firman Tuhannya, bahwa Allah Swt. telah befirman (di dalam hadis qudsi):

يَا عِبَادِي، إِنِّي حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِي وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّمًا فَلَا تَظَالَمُوا إِلَى أَنْ قَالَ: يَا عِبَادِي، إِنَّمَا هِيَ أَعْمَالُكُمْ أُحْصِيهَا عَلَيْكُمْ ثُمَّ أُوَفِّيكُمْ إِيَّاهَا، فَمَنْ وَجَدَ خَيْرًا فَلْيَحْمَدِ اللَّهَ، ومن وجد غير ذلك فلا يلومن إلا نَفْسَهُ

Hai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya Aku telah mengharamkan perbuatan aniaya terhadap diri-Ku, dan Aku jadikan pula perbuatan itu haram di antara sesama kalian, maka janganlah kalian saling menganiaya. Hingga akhirnya disebutkan: Hai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya balasan ini hanyalah berdasarkan amal perbuatan kalian yang telah Kucatat untuk kalian, lalu aku menunaikannya kepada kalian. Maka barang siapa yang menjumpai kebaikan, hendaklah ia memuji kepada Allah Swt. Dan barang siapa yang menjumpai selain dari itu, maka jangan sekali-kali ia mencela kecuali terhadap dirinya sendiri.

Firman Allah Swt.:

Sesungguhnya Allah amat cepat hisab-Nya. (Al-Mu’min: 17)

Yakni Dia menghisab semua makhluk sebagaimana Dia menghisab seorang diri. Semakna dengan apa yang disebutkan oleh firman-Nya:

مَا خَلْقُكُمْ وَلا بَعْثُكُمْ إِلا كَنَفْسٍ وَاحِدَةٍ

Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu (dari dalam kubur) itu, melainkan hanyalah seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa saja. (Luqman: 28)

Dan firman Allah Swt.:

وَمَا أَمْرُنَا إِلا وَاحِدَةٌ كَلَمْحٍ بِالْبَصَرِ

Dan perintah Kami hanyalah satu perkataan seperti kejapan mata. (Al-Qamar: 50)

Wallahu a’lam dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

 

Berita sebelumyaKetika Hati Menyesak Sampai di Kerongkongan
Berita berikutnyaHari Ketika Mereka Keluar dari Kubur