Ancaman kepada Orang-orang yang Menindas

Tafsir Al-Qur’an: Surah Al Buruuj ayat 10-11

0
1390

Kajian Tafsir:  Surah Al Buruuj ayat 10-11, ancaman kepada orang-orang yang menindas kaum mukmin, bahwa jika mereka tidak bertobat, maka mereka akan mendapat azab yang membakar, dan balasan untuk kaum mukmin.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

إِنَّ الَّذِينَ فَتَنُوا الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ ثُمَّ لَمْ يَتُوبُوا فَلَهُمْ عَذَابُ جَهَنَّمَ وَلَهُمْ عَذَابُ الْحَرِيقِ -١٠- إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ذَلِكَ الْفَوْزُ الْكَبِيرُ -١١

Sungguh, orang-orang yang mendatangkan cobaan kepada orang-orang yang mukmin laki-laki dan perempuan lalu mereka tidak bertobat, maka mereka akan mendapat azab Jahanam dan mereka akan mendapat azab (neraka) yang membakar. Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka akan mendapat surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, itulah kemenangan yang agung.  (Q.S. Al-Buruj : 10-11)

.

Tafsir Ibnu Abbas

Innal ladzīna fatanul mu’minīna (sesungguhnya orang-orang yang mendatangkan cobaan kepada kaum Mukminin), yakni membakar kaum laki-laki yang bersungguh-sungguh dalam keimanannya.

Wal mu’mināti (dan Mukminat), yakni kaum perempuan yang bersungguh-sungguh dalam keimanannya.

Tsumma lam yatūbū (kemudian mereka tidak bertobat) dari kekafiran dan kemusyrikan mereka.

Fa lahum ‘adzābu jahannama (maka bagi mereka azab neraka Jahannam) di akhirat.

Wa lahum ‘adzābul harīq (dan bagi mereka azab yang membakar), yakni azab yang dahsyat di dalam neraka. Menurut satu pendapat, (bagi mereka azab) di dunia dengan cara dibakar oleh Allah Ta‘ala, dan mereka adalah orang-orang Najran. Ada pula yang mengatakan, mereka adalah penduduk Maushil. Mereka menangkap beberapa orang Mukminin lalu menyiksa mereka dan membunuhnya dengan api. Hal itu mereka lakukan agar orang-orang Mukmin mau kembali kepada agama mereka. Raja mereka bernama Yusuf. Ada pula yang mengatakan, raja mereka bernama Dzun Nawas. Selanjutnya Allah Ta‘ala menerangkan perihal orang-orang Mukmin yang tidak mau kembali dari keimanan walaupun harus menghadapi siksaan, Dia Berfirman:

Innal ladzīna āmanū (sesungguhnya orang-orang yang beriman) kepada Allah Ta‘ala.

Wa ‘amilush shālihāti (dan mengerjakan amal-amal saleh), yakni kebajikan yang berhubungan dengan Rabb-nya.

Lahum jannātun (bagi mereka surga-surga), yakni taman-taman.

Tajrī miη tahtihā (yang mengalir di bawahnya), yakni di bawah pepohonan dan tempat-tempat tinggalnya.

Al-anhāru (sungai-sungai), yaitu sungai madu, sungai susu, sungai air, dan sungai khamar.

Dzālikal fauzul kabīr (itulah kesuksesan yang besar), yakni keberhasilan yang gemilang. Mereka berhasil meraih surga dan selamat dari neraka.


Di sini Link untuk Tafsir Al-Qur’an Juz ‘Amma (Juz ke-30)


Tafsir Jalalain

  1. (Sesungguhnya orang-orang yang mendatangkan cobaan kepada orang-orang yang mukmin laki-laki dan perempuan) yaitu dengan cara membakar mereka hidup-hidup (kemudian mereka tidak bertobat, maka bagi mereka azab Jahanam) disebabkan kekafiran mereka (dan bagi mereka azab pembakaran) sebagai pembalasan dari pembakaran mereka terhadap orang-orang yang beriman, pembalasan itu kelak akan ditimpakan kepada mereka di akhirat. Tetapi menurut suatu pendapat bahwa azab tersebut terjadi di dunia, umpamanya api tersebut keluar dari paritnya dan langsung mengejar dan membakar mereka, sebagaimana keterangan yang disebutkan di atas.
  2. (Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, bagi mereka surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai itulah keberuntungan yang besar.)

.

Hidayatul Insan bi tafsiril Qur’an

  1. [12]Sungguh, orang-orang yang mendatangkan cobaan[13] kepada orang-orang yang mukmin laki-laki dan perempuan lalu mereka tidak bertobat, maka mereka akan mendapat azab Jahanam dan mereka akan mendapat azab (neraka) yang membakar.

[12] Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta’aala mengancam mereka dan menawarkan mereka untuk bertobat. Al Hasan rahimahullah berkata, “Lihatlah kepada kemuliaan dan kemurahan ini; mereka membuuh para wali-Nya dan orang-orang yang menaati-Nya, tetapi Dia (Allah) mengajak mereka bertobat.”

[13] Yang dimaksud dengan mendatangkan cobaan adalah seperti menyiksa, mendatangkan bencana, membunuh dan sebagainya.

  1. [14]Sungguh, orang-orang yang beriman[15] dan mengerjakan kebajikan[16], mereka akan mendapat surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, itulah kemenangan yang agung[17].

[14] Setelah Allah Subhaanahu wa Ta’aala menyebutkan hukuman untuk orang-orang yang zalim, maka Dia menyebutkan pahala orang-orang mukmin.

[15] Dengan hati mereka.

[16] Dengan anggota badan mereka.

[17] Karena mereka memperoleh keridhaan Allah dan surga-Nya.

.

Tafsir Ibnu Katsir

Firman Allah Swt.:

Sesungguhnya orang-orang yang mendatangkan cobaan kepada orang-orang yang mukmin laki-laki dan perempuan. (Al-Buruj: 10)

Yakni yang membakar mereka, menurut Ibnu Abbas, Mujahid, Qatadah, Ad-Dahhak, serta Ibnu Abza.

kemudian mereka tidak bertobat. (Al-Buruj: 10)

Yaitu tidak mau menghentikan perbuatannya yang sewenang-wenang itu dan tidak menyesali apa yang telah mereka lakukan.

maka bagi mereka azab Jahanam dan bagi mereka azab (neraka) yang membakar. (Al-Buruj: 10)

Demikian itu karena pembalasan disesuaikan dengan jenis perbuatan (pelanggaran)nya. Al-Hasan Al-Basri mengatakan bahwa perhatikanlah olehmu kemuliaan dan kemurahan ini, mereka telah membunuh kekasih-kekasih-Nya. Walaupun demikian, Dia menyeru mereka untuk bertobat dan meraih ampunan-Nya.

Allah Swt. menceritakan perihal hamba-hamba-Nya yang beriman, bahwa:

bagi mereka surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. (Al-Buruj: 11)

Berbeda dengan apa yang disediakan-Nya bagi musuh-musuh-Nya, yaitu api yang membakar dan neraka Jahim; karena itulah maka disebutkan dalam firman berikutnya:

Itulah keberuntungan yang besar. (Al-Buruj: 11)

Hanya Allah Yang Maha mengetahui dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

 

Berita sebelumyaSungguh, Azab Tuhanmu Sangat Keras
Berita berikutnyaPeristiwa Parit Terjadi di Negeri Yaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here