RPP Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017: 1.1.5

0
2230

Berikut ini contoh RPP Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017: 1.1.5  Tema 1: Diriku. Subtema 1: Aku dan Teman Baru. Pembelajaran 5.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

TEMATIK TERPADU

(RPP 1.1.5)

Sekolah                       :  SDN Cikaro 1

Kelas/Semester            :  I/1 (Satu)

Tema                           :  1. Diriku

Subtema:                     :  1.1 Aku dan Teman Baru

Pembelajaran               :  5 (Lima)

Alokasi Waktu            :  5 X 35 menit (1 kali pertemuan)

A.   Kompetensi Inti (KI)

  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia

3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal  dan konsonan dalam kata bahasa  Indonesia atau bahasa daerahatau bahasa daerah.

4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

·•     mengidentifikasi dan melafalkan huruf konsinan yang hilang dari nama temannya
Matematika

3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.

4.2 Menuliskan lambing bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.

·•     mengidentifikasi bilangan 1 sampai 10

·•     menulis bilangan 1 sampai 10

 

C.   Tujuan Pembelajaran

  1. Dengan bermain kartu bilangan siswa dapat mengidentifikasi bilangan 1 sampai 10 dengan tepat.
  2. Setelah bermain kartu bilangan dan berlatih, siswa dapat menulis bilangan 1 sampai 10 dengan rapih
  3. Dengan bermain kartu huruf, siswa dapat mengidentifikasi dan melafalkan huruf konsinan yang hilang dari nama temannya dengan benar

 

D.   Materi Pembelajaran

  • Bilangan 1 sampai 10
  • Huruf konsinan yang hilang dari nama teman
  • Teman baruku banyak
  • Bermain sambil Mengenal Lambang Bilangan
  • Memasangkan gambar dengan lambing bilangannya
  • Melingkari lambang bilangan yang sesuai
  • Bermain sambil Mengenal Huruf
  • Melingkari huruf yang hilang dari nama teman

E.   Metode Pembelajaran

  • Tanya jawab
  • Demontrasi
  • Permainan
  • Penugasan
  • Latihan

F.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

  1. Kegiatan Pembuka
  • Guru memberikan salam pembuka di awal pelajaran.
  • Guru mengajak siswa berdoa sebelum melakukan kegiatan. Guru mengingatkan kembali tujuan berdoa sebelum kegiatan dimulai.
  • Siswa berdoa berdasarkan keyakinan masing-masing. Guru memimpin doa sebelum kegiatan.
  • Setelah berdoa, kegiatan pun dimulai.
  • Guru meminta siswa mengamati benda-benda di sekitar kelas, lalu minta siswa menghitungnya. Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung banyaknya benda di kelas?
  • Kemudian minta siswa mengamati gambar di halaman 22 dan menjawab pertanyaan dari gambar tersebut.
  • Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar konsep bilangan 1 sampai dengan 10 dan mengenal lambang bilangan sambil bermain kartu bilangan.
  1. Kegiatan Inti
  • Guru meminta siswa mengamati benda-benda di sekitar kelas, lalu minta siswa menghitungnya. Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung banyaknya benda di kelas?
  • Kemudian, minta siswa mengamati gambar di halaman 22 dan menjawab pertanyaan dari gambar tersebut.
  • Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar konsep bilangan 1 sampai dengan 10 dan mengenal lambang bilangan sambil bermain kartu bilangan.
  • Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10. Setiap kelompok duduk membentuk lingkaran.
  • Guru menjelaskan aturan bermain. Ada kelompok siswa yang memberi soal, ada kelompok yang akan menjawab soal itu.
    • Guru akan mengundi kelompok mana yang memberi soal dan yang menjawab soal. Apabila kelompok yang mendapat kesempatan untuk menjawab soal tidak bisa, kelompok lain akan berlomba untuk menjawab soal tersebut (rebutan).Setiap kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.
    • Oleh karena itu, setiap kelompok diminta untuk menyiapkan/membuat/merancang soal.
    • Soal yang dimaksud adalah setiap kelompok menyediakan/menunjuk/ membawa beberapa jenis benda yang tertentu banyaknya.
    • Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 meminta kelompok 2 untuk membilang benda yang disediakan/ditunjuk/dibawa. Setelah membilang, kelompok 2 memilih lambang bilangan yang sesuai dan mengangkat kartunya. (lihat buku siswa halaman 23)
    • Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.
  • Guru lalu mengulang kembali kegiatan belajar nomor 10 dan 11. Pada kesempatan ini siswa diminta untuk menuliskan lambang bilangannya di atas kertas yang telah disediakan.
  • Guru mengambil kembali kartu lambang bilangan dari setiap kelompok dan membagikan 2 jenis kartu yang lain. Kartu apakah itu?
  • Guru membagikan 3 kartu nama yang tidak lengkap hurufnya (kartu nama yang dibagikan sesuai dengan nama anggota kelompok) dan 1 set kartu huruf a-z ke masing-masing kelompok.
  • Aturan permainan sama dengan permainan tebak lambang bilangan, yaitu setiap kelompok akan mendapat giliran untuk memberi soal dan menjawab soal dengan cara diundi.
  • Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 mengalungkan kartu nama yang sesuai kepada 3 siswa anggotanya.
  • Kelompok 2 menyebutkan nama pemilik kartu, menebak huruf yang hilang, dan mengangkat kartu huruf sesuai huruf yang hilang dari kartu nama tersebut. (lihat Buku Siswa halaman 26)
  • Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.
  • Untuk menguatkan siswa tentang konsep bilangan dan lambangnya, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 24-25.
  • Untuk menguatkan siswa tentang huruf, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 27.
  1. Kegiatan Penutup
  • Kegiatan ditutup dengan kegiatan refleksi.
  • siswa dan guru berbicara tentang bagian yang mudah dan sulit saat belajar dan bermain lambang bilangan.
  • siswa dan guru berbicara tentang bagian yang mudah dan sulit saat identifikasi huruf untuk menebak huruf yang hilang dari nama teman menyebutkan huruf konsonan dari dua nama teman di kelas (sebagai contoh) dan mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai dengan 10.
  • Setelah selesai kegiatan refleksi selesai, siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.

G.   Penilaian Pembelajaran

Penilaian Sikap: Observasi selama kegiatan berlangsung (lihat pedoman penilaian sikap).

Penilaian Pengetahuan

– Tes tertulis

(Guru bisa mengambil nilai tes tertulis dari latihan yang dikerjakan siswa di buku siswa halaman 24-25 dan 27).

Penilaian Keterampilan

  1. Penilaian Unjuk kerja: identifikasi lambang bilangan
No. Nama Siswa

Kriteria

Predikat

Membilang banyak benda.

Menyebutkan bilangan

Mengidentifikasi lambang bilangan dengan mengangkat kartu bilangannya.

Mengikuti aturan permainan dengan tertib.

  1. Penilaian: Unjuk kerja: menebak huruf konsonan yang hilang dan mengidentifikasi huruf konsonan.
No.

Nama Siswa

Kriteria

Predikat

Menyebutkan nama teman pemilik kartu nama.

Menebak huruf yang hilang dari kartu nama teman.

Mengidentifikasi huruf yang hilang dengan mengangkat kartu hurufnya.

Mengikuti aturan permainan dengan tertib.

H.   Media dan Alat Pembelajaran

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Buku siswa SD/MI Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1 Halaman 22-28.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas I. Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1 Halaman 30-36.
  • Kartu-kartu huruf dari a-z minimal sebanyak 3 set (atau disesuaikan dengan jumlah kelompok yang dibentuk).
  • Kartu-kartu nama teman dengan huruf yang tidak lengkap (huruf konsonan dihilangkan) dan bisa dikalungkan di leher.
  • Kartu lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10 sebanyak 2 set
Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 ………………………………

NIP. …………………………

  Bandung,       Juli  2017

Guru Mata Pelajaran

 

 

Ii Syamsul Farid, S.Pd.

NIP. 19680514 199301 1 001

 

Buka RPP 1.1.6 Tematik Terpadu Kelas 1 : di sini ….
Daftar RPP Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Sumber:

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Buku siswa SD/MI Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas I. Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Hands-Out Bahan Pelatihan Materi Umum Materi Pokok Sekolah Dasar.

 

Berita sebelumyaRPP Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017: 1.1.6
Berita berikutnyaRPP Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017: 1.1.4

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here