Do’a dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda

0
3389

Inpres Nomor 7 Tahun 1967 menetapkan bahwa pada tanggal 28 Oktober dijadikan sebagai Hari Sumpah Pemuda, yaitu dalam rangka untuk memperingati pembacaan Sumpah Pemuda dalam Kongres Pemuda Indonesia. Berikut ini contoh do’a dalam acara peringatan Hari Sumpah Pemuda.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

السلام علىكم ورحمة الله و بركاته

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

(Innallaha wamalaaikatahu yusholluuna ‘alan-Nabiyi. Yaa ayyuhal-ladziina aamanuu shollu ‘alaihi wasallimu tasliima). Amin ya Allah.

MAHA SUCI ALLAH, SEGALA PUJI BAGI ALLAH, TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH,  ALLAH MAHA BESAR. TIADA DAYA UNTUK MEMPEROLEH MANFAAT DAN TIADA KEMAMPUAN UNTUK MENOLAK BAHAYA KECUALI DENGAN PERTOLONGAN ALLAH YANG MAHA MULIA DAN MAHA AGUNG.

YA ALLAH, DI PAGI YANG CERAH INI, KAMI AGUNGKAN SEGALA KEBESARAN-MU. DENGAN PENUH KETUNDUKKAN, KAMI TADAHKAN TANGAN UNTUK MEMOHON KEPADA-MU. JADIKANLAH ACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA INI SEBAGAI ACARA YANG ENGKAU RIDOI YANG MEMBAWA BAROKAH, RAHMAT, TAUFIQ DAN HIDAYAH-MU.

YA ALLAH, SUMPAH PEMUDA ADALAH SATU TONGGAK UTAMA DALAM SEJARAH PERGERAKAN KEMERDEKAAN NEGARA KAMI. IKRAR INI MENJADI SEMANGAT DALAM MENEGASKAN CITA-CITA BERDIRINYA NEGARA KAMI YANG BERTUMPAH DARAH YANG SATU, TANAH AIR INDONESIA. BERBANGSA YANG SATU, BANGSA INDONESIA DAN MENJUNJUNG BAHASA PERSATUAN BAHASA INDONESIA.

YA TUHAN KAMI, PASTIKANLAH BAHWA SUMPAH YANG TELAH KAMI IKRARKAN DAPAT KAMI TEPATI, SEBAGAIMANA ENGKAU TAK PERNAH INGKAR TERHADAP JANJI-JANJI-MU.

YA ALLAH, KAMI MEMOHON AMPUNAN KEPADA-MU DARI SETIAP SUMPAH YANG TELAH KAMI IKRARKAN, TETAPI KAMI MELANGGARNYA PADAHAL SEHARUSNYA KAMI MENDAPAT HUKUMAN KARENANYA. DAN KAMI MEMOHON AMPUNAN KEPADA-MU WAHAI TUHAN YANG TIADA TUHAN YANG BERHAK DISEMBAH SELAIN ENGKAU. MAHASUCI ENGKAU, SESUGGUHNYA KAMI TERMASUK ORANG-ORANG YANG ANIAYA.

YA ALLAH, MAKLUMILAH KELEMAHAN IBU BAPAK KAMI SEBAGAIMANA MEREKA DAHULU MEMAKLUMI KELEMAHAN KAMI, DAN HARGAILAH USAHA MEREKA UNTUK BERIBADAH KEPADA-MU SEPANJANG WAKTU SEBAGAIMANA MEREKA DAHULU JUGA MENGHARGAI USAHA KAMI UNTUK BERBAKTI KEPADA MEREKA SEPANJANG MASA, DAN KASIHANILAH MEREKA SEBAGAIMANA MEREKA MENGASIHI KAMI SEWAKTU KAMI KECIL.

YA ALLAH, PELIHARALAH RASA CINTA YANG ENGKAU LETAKKAN DALAM HATI MEREKA KASIH SAYANG YANG ENGKAU PENUHI DADA MEREKA DENGANNYA, DAN KELEMBUTAN YANG ENGKAU SIBUKKAN ANGGAUTA TUBUH MEREKA DENGANNYA. KARUNIAILAH MEREKA DENGAN PAHALA ATAS PERJUANGAN MEREKA DAHULU DALAM MENDIDIK KAMI, JANGAN SIA-SIAKAN PERJUANGAN MEREKA TERSEBUT. BALASLAH USAHA MEREKA DALAM MENGHIDUPI DAN MEMELIHARA KAMI DENGAN SEBAIK-BAIK BALASAN YANG ENGKAU BERIKAN KEPADA MEREKA YANG SUKA BERBUAT BAIK DAN MEMBERI NASIHAT.


BACA JUGA : Bab Doa & Dzikir dan Doa-doa Hari Bersejarah


رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على المرسلين وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

(Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wafil-aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar. Subhaana Robbika Robbil-‘izzati ‘amma yashifuun. Wa salaamun ‘alal-mursaliin. Wal-hamdu lillaahi Robbil ‘aalamiin.)

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

 

Berita sebelumyaDo’a pada Peringatan Hari Pahlawan
Berita berikutnyaDo’a pada Peringatan Hari Kartini