Founder & writter

II Syamsul Farid

Web Developer

Syahrizal Farid

Hallo! Kami Kecilnyaaku.com

Mengawai kehadiran kecilnyaaku.com. didasari pada diskusi kecil keluarga: Saya, Ii Syamsul Farid dengan ananda tercinta, Syahrizal Farid dan Den Reza Alfian Farid. Bahwa sepengetahuan kami teknologi informasi masa kini sudah begitu luar biasa majunya. Semua lapisan masyarakat begitu akrab dengan internet. Rasanya, andai tiada internet dunia pun sepi, peristiwa penting terkubur, Ilmu pengetahuan terbenam, dan peradaban terputus.

Membaca pengantar pembuat ebook Bulughul Maram yang menuliskan suatu surat  dari Umar bin Abdul Aziz yang dikirim kepada Abu Bakar Ibnu Hazm. Salah satu isinya mengemukakan, “Ilmu itu tidak akan binasa (lenyap) kecuali kalau ia dibiarkan.”

Saya membenarkan pernyataan tersebut. Banyak contoh yang saya alami. Saya berprofesi sebagai guru, memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Mulai dari mempelajari kurikulum yang berlaku, menelaah silabus, menyusun program tahunan, program semester, menyusun RPP, menentukan nilai KKM, menyiapkan materi dan strategi pembelajaran, menyusun soal, memeriksa hasil kerja peserta didik, dan sebagainya. Saya melakukan tugas-tugas tersebut sejak dari ditulis tangan, ditik dengan mesin tik, sampai sekarang zamannya komputer.

Suatu waktu, tatkala membutuhkan beberapa dokumen seperti dokumen soal yang pernah disusun dua tahun lalu. Saya harus mengobrak abrik lagi tumpukan berkas yang kadang-kadang berkas yang dibutuhkan tidak ditemukan. Kami berpikir, kami harus bisa mengambil manfaat dari kemajuan teknologi. Secercah harapan kecilnyaaku.com dapat menjadi wadah dan arsip bagi perangkat pembelajaran.

Kami merasa sayang terhadap pekerjaan dan tugas anak-anak kami lenyap begitu saja. Karya-karya peserta didik yang bermakna hilang tanpa jejak. Tumpukan lembaran soal setelah ulangan atau ujian hanya tinggal menjadi bungkusan jajanan yang tak layak dibaca kembali. Mengingat hal tersebut, kehadiran kecilnyaaku.com juga dapat didekasikan untuk meminimalisir hal-hal yang sebenarnya bisa dijadikan acuan bagi pembelajaran generasi berikutnya.

Sebagai wujud rasa syukur atas nikmat iman, islam, dan sehat. kecilnyaaku.com juga melek Al-Qur’an, hadits, dan yang lainnya. Semoga dapat membimbing kami ke arah hidup yang lebih baik, selamat dunia dan akhirat di bawah nungan rahmat Allah Rabbul ‘alamiin. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda, “Ya Allah, rahmatilah khalifah-khalifahku!” Para sahabat lalu bertanya, “Ya Rasulullah, siapakah khalifah-khalifahmu!” beliau menjawab, “Orang-orang yang datang sesudahku mengulang-ulang pelajaran hadits-hadits dan sunahku dan mengajarkannya kepada orang-orang sesudahku.” (HR. Ar-Ridha).

Keinginan kami begitu besar untuk ilmu dan amal. Tetapi kami pun sadar bahwa Kami begitu kecil. Tiada daya tiada upaya, kecuali atas izin dan pertolongan-Nya. Dan ibarat suatu peribahasa yang mengatakan, “Tak ada gading yang retak.” Walau demikian, sekecil apa pun kami, semoga ada manfaatnya.

Kami berterima kasih kepada semua pihak yang dengan ilmunya, kecilnyaaku.com dapat berdiri. Semoga dijadikan sebagai amal shaleh, hingga hari-hari kita penuh dengan keberkahan.

Ya Allah Engkau sumber keselamatan dan dari-Mulah datangnya keselamatan dan kepada-Mu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlah kami wahai Tuhan, dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami ke dalam surga negeri keselamatan. Maha banyak anugrah-Mu dan Maha tinggi Engkau. Wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan.

Home About Kontak privacy policy TOS Daftar isi

- Copyright © Kecilnyaaku.com | Berbagi Makna All Right Reserved -

Facebook Comments