Sabtu, Oktober 19, 2019
Beranda Bahasa Indonesia Kebahasaan Kata Ganti ku-, kau-, -ku, -mu, dan –nya

Kata Ganti ku-, kau-, -ku, -mu, dan –nya

0
35

Salam buat ananda generasi gemilang dan sahabat yang baik. Saya berharap, semoga Anda sukses selalu, diberi kesehatan, kelancaran dalam semua urusan, dan semoga pula salam saya melalui postingan ini, dapat membantu kita dalam  memahami penulisan kata ganti ku-, kau-, -ku, -mu, dan –nya sebagai bahan agar kita memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai keperluan dalam kegiatan sosial yang sesungguhnya.

Dan sebelum kepada uraian tentang penulisan kata ganti ku-, kau-, -ku, -mu, dan –nya, di bawah ini terdapat soal-soal yang dapat dijadikan sebagai bahan latihan.

Pilihlah pada jawaban yang paling tepat!

Klik submit untuk mengetahui jumlah jawaban yang dijawab dengan benar!

Welcome to your Kata Ganti ku-,

Penulisan kata ganti yang tepat terdapat dalam kalimat ….

Penulisan kata ganti yang salah terdapat dalam kalimat ….

Kaulah sahabat terbaikku dimana aku selalu ingin melihat akan jaya dirimu. Aku selalu mengharapkan kebahagiaanmu. Dan nanti akulah sahabatmu yang ingin selalu kau kenang.


Kesalahan penulisan kata ganti pada kalimat tersebut terdapat pada kata ….

Seberat apapun hari mu, jangan pernah biarkan seseorang membuat mu merasa bahwa kamu tidak pantas mendapat apa yang kamu inginkan


Alasan kesalahan penulisan kata hari mu dan kata membuat mu pada kalimat tersebut adalah ….

Penulisan kata ganti yang tepat terdapat dalam kalimat ….

Belajar dari orang sukses, jangan melihat bahagia nya dia di masa sekarang, lihatlah perjuangan nya di masa lalu.


Alasan kesalahan penulisan kata bahagia nya dan kata perjuangan nya pada kalimat tersebut adalah ….

Halo teman seperjuanganku, tetaplah jaya dirimu sebagaimana kita di sekolah dulu, tetaplah menjadi orang baik bagi teman-teman barumu. dan yang terpenting…! jangan sampai kau lupakan aku….!


Kesalahan penulisan kata ganti pada kalimat tersebut terdapat pada kata ….

Waktu itu hanya aku yang hebat. Satu-satunya orang yang bisa membuatmu menjadi orang paling bahagia. Namun semuanya menjadi rusak karena perbuatanku juga. Kini aku berdoa semoga kau dapatkan yang lebih baik dari aku!


Alasan kesalahan penulisan kata kau dapatkan pada kalimat tersebut adalah ….

Jangan takut akan perubahan. Kita mungkin kehilangan sesuatu yang baik, namun kita akan memperoleh sesuatu yang lebih baik lagi. Selamat teman! Semoga di SMA mu yang baru kamu akan lebih sukses lagi.


Perbaikan penulisan kata SMA mu pada kalimat tersebut adalah ….

Aku teringat kata-kata melalui SMS nya yang mengatakan, “Usahlah menjadi pemimpi. karena yang terbaik adalah meraih semua hal nyata dengan mempelajarinya dan melakukan tindakan.”


Alasan kesalahan penulisan kata SMS nya pada kalimat tersebut adalah ….


.

Pembahasan

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang mulai berlaku sejak tanggal diundangkan, 30 November 2015. Penulisan kata ganti adalah sebagai berikut:

1.  Kata ganti ku- dan kau- ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya, sedangkan -ku, -mu, dan -nya ditulis serangkai dengan kata yang mendahuluinya.

Misalnya:

  • Rumah itu telah kujual.
  • Majalah ini boleh kaubaca.
  • Bukuku, bukumu, dan bukunya tersimpan di perpustakaan.
  • Rumahnya sedang diperbaiki.

Dan berdasarkan Permen RI Nomor 46 Tahun 2009 menjelaskan bahwa:

2. Kata-kata ganti itu (-ku, -mu, dan -nya) dirangkaikan dengan tanda hubung apabila digabung dengan bentuk yang berupa singkatan atau kata yang diawali dengan huruf kapital.

Misalnya:

  • KTP-mu
  • SIM-nya
  • STNK-ku

3. Kata ganti -ku, -mu, dan –nya merupakan pronomina posesiva atau sebutan lain untuk kata ganti pemilik. Kata ganti ini diletakkan di bagian belakang kata.

4. Penggunaan enklitik –nya selain sebagai kata ganti empunya orang ketiga tunggal (Rumahnya bagus), bentuk enklitik –nya juga digunakan sebagai:

a) Kata ganti orang ketiga tunggal : Kami senang kepadanya.

b) Pembentuk kata benda dari kata sifat : Tali itu sepuluh meter panjangnya.

c) Pemanis bahasa : Bukan main senangnya hati saya.

d) Pemakaian bentuk tetap : seandainya, seharusnya, biasanya, seyogyanya, agaknya, sebenarnya, sebenar-benarnya, sekurang-kurangnya, sepenuhnya, sedikitnya.

Demikian, semoga ada manfaatnya.

Materi terkait: Klik topik di bawah!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/kecilnya/public_html/wp-includes/functions.php on line 3774