Sabtu, Oktober 19, 2019
Beranda Bahasa Indonesia Kebahasaan Kata Ganti Tak Tentu

Kata Ganti Tak Tentu

0
50

Salam buat ananda generasi gemilang dan sahabat yang baik. Saya berharap, semoga Anda diberi kesehatan, kelancaran dalam semua urusan, mendapatkan kesuksesan, dan semoga pula salam saya melalui postingan ini, dapat membantu kita lebih memahami penggunaan kata ganti tak tentu sebagai bahan agar kita memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai keperluan dalam kegiatan sosial yang sesungguhnya.

Baiklah, mari kita perhatikan beberapa kalimat berikut!

(1) Barangsiapa yang sabar dan tekun akan mekar seperti bunga, akan indah seperti purnama dan menakjubkan seperti kupu-kupu.

(2) Solusi agar tidak sering terluka adalah menjauhi seseorang yang tidak pernah sadar akan kesalahannya. Baginya, itu hanyalah salahsatu kebiasaan buruk yang tidak bisa dihilangkan.

(3) Mungkin tidak ada seorang pun yang menyatakan bahwa sabar itu mudah. Namun, jika mampu bersabar, maka kita akan mendapati sesuatu yang indah esok hari.

(4) Kecewa pada diri sendiri terkadang bisa dirasakan oleh banyak orang. Terlebih saat melakukan tindakan yang terbilang cukup bodoh.

(5) Semua orang yang pernah terluka akan lebih memilih lengannya yang terluka daripada hati yang terluka.

(6) Terkadang saking sukanya pada sesuatu, seseorang ada yang berani menghabiskan waktu untuk menunggu sesuatu yang tidak pasti. Rasa suka tersebut mampu membuat seseorang untuk terus bertahan demi menanti datangnya keajaiban.

(7) Setelah sadar, barulah kita menyesal. Segala sesuatu pun mondar-mandir dipikirkan dan muncul pertanyaan, kenapa kita bisa terjebak dan membuang waktu untuk tidak bahagia?

(8) Saat kamu sedang dalam keadaan yang sangat terpuruk, mungkin satu kata yang bisa mewakilkan perasaanmu, yaitu patah. Tidak ada satu pun hal baik yang bisa menggambarkan keadaanmu.

Pada kalimat (1) terdapat kata barangsiapa, kalimat (2) terdapat kata seseorang, kalimat (3) terdapat kata seorang pun, kalimat (4) terdapat kata banyak orang, kalimat (5) terdapat kata semua orang, kalimat (6) terdapat kata sesuatu, kalimat (7) terdapat kata segala sesuatu, dan pada kalimat (8) terdapat kata satupun.

Kata-kata yang bergaris miring tersebut hadir untuk menggantikan kata benda atau kata yang dibendakan. Namun kata yang digantinya belum jelas maksud, jumlah, maupun bentuknya.

Kata barangsiapa, seseorang, seorang pun, banyak orang, dan kata semua orang, hadir sebagai pengganti orang. Namun untuk kata barangsiapa dan seseorang ini tidak dikenal atau tidak jelas siapa orang yang dimaksud? Begitu pun kata banyak orang dan semua orang tidak jelas berapa jumlah orangnya dan siapa saja orang-orang tersebut?

Sedangkan untuk kata sesuatu, segala sesuatu, dan kata satu pun hadir sebagai pengganti benda atau hal.  Namun juga barang atau hal yang digantinya tidak tentu atau tidak jelas maksud, jumlah, maupun bentuknya.

Jadi, kata-kata seperti: barangsiapa, seseorang, seorang pun, banyak orang, semua orang, sesuatu, segala sesuatu, satu pun, dan lain-lain yang berfungsi sebagai pengganti orang, barang, atau hal yang tidak diketahui dengan jelas maksud, jumlah, maupun wujudnya, maka jenis kata tersebut disebut dengan kata ganti tak tentu.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Dan sebagai bahan latihan, di bawah ini terdapat soal-soal yang berhubungan dengan kata ganti tak tentu tersebut.

Pilihlah pada jawaban yang paling tepat!

Klik submit untuk mengetahui jumlah jawaban yang dijawab dengan benar!

Welcome to your K Ganti Tak Tentu

Takdir baik sering kali muncul kepada seseorang. Sesuatu yang mengejutkan dan luar biasa tidak disangka-sangka terjadi, tanpa diduga terwujud begitu saja. Bahkan tidak jarang nasib baik tersebut kemudian mengubah jalan hidup anak manusia, tidak terkecuali dalam masalah percintaan.


Kata yang berfungsi untuk mengganti seorang yang tidak dikenal dalam kalimat tersebut adalah ….

Menyesal karena tidak bisa mengendalikan sesuatu memang terkadang bisa berdampak buruk. Salah satu hal yang mungkin suka susah untuk dikendalikan adalah perkataan.


Kata yang berfungsi untuk mengganti barang atau hal yang tidak tentu dalam kalimat tersebut adalah ….

Tidak mungkin seorang manusia menjalani kehidupan tanpa mendapatkan masalah. Semua orang pasti memiliki masalah, hanya saja bedanya ada yang ringan tapi ada juga yang berat.


Kata ganti yang informasinya tidak jelas jumlahnya pada kalimat tersebut adalah ….

Sebagai konsekwensi ketika ingin mendapatkan harta yang banyak, maka harus bekerja sebagai jalan turunnya rezeki. Begitu pun ketika ingin mendapatkan jodoh, maka juga harus berusaha untuk ta’aruf, bukannya hanya bersantai-santai di rumah dan mengharapkan seseorang akan datang meminang kita.


Kata seseorang dalam kalimat tersebut hadir sebagai pengganti yang menyatakan ….

Meski tidak melihat langsung wajahmu saat ini, tetapi aku bisa merasakan teduhnya tatapanmu. Tak satupun rasa gelisah ini terucap selain kepadamu. Terkadang aku pun merasa capek karena ini terlihat semu. Tetapi aku harus bisa melewati semua ini sampai suatu saat nanti, aku dan kamu berbahagia disini.


Kata tak satupun dalam kalimat tersebut hadir sebagai pengganti ….

Aku ingin menjadi orang hebat yang tidak berlebihan menjalani kebahagiaan dan tidak akan terlalu murung saat ada kesulitan, namun akan aku taklukkan segala sesuatu yang ada dihadapanku.


Kata segala sesuatu dalam kalimat tersebut hadir sebagai pengganti ….

Kalimat yang mengandung kata ganti tak tentu adalah ….

Kalimat yang tidak mengandung kata ganti tak tentu adalah ….

Rasa sedih terkadang membuat seseorang terpuruk dan mengingat sesuatu yang seharusnya sudah tidak perlu diinggat lagi. Karena hal itu hanya akan membuat semakin menyesal.


Yang termasuk kata ganti tak tentu dalam kalimat tersebut adalah ….

Kata yang berfungsi sebagai pengganti orang, barang, atau hal yang tidak diketahui dengan jelas maksud, jumlah, maupun wujudnya disebut ….


.

.

Materi terkait: klik topik di bawah!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/kecilnya/public_html/wp-includes/functions.php on line 3774