Keselamatan Itu Dilimpahkan kepada Orang yang Mengikuti Petunjuk

Tafsir Al-Qur’an: Surah Thaahaa ayat 47

0
42

Tafsir Al-Qur’an: Surah Thaahaa ayat 47. Membicarakan tentang perhatian Allah Subhaanahu wa Ta’aala kepada setiap orang yang memikul beban risalah, perintah kepada Nabi Musa ‘alaihis salam dan Nabi Harun ‘alaihis salam untuk menghadap Fir’aun. Dan keselamatan itu dilimpahkan kepada orang yang mengikuti petunjuk. Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

فَأْتِيَاهُ فَقُولا إِنَّا رَسُولا رَبِّكَ فَأَرْسِلْ مَعَنَا بَنِي إِسْرَائِيلَ وَلا تُعَذِّبْهُمْ قَدْ جِئْنَاكَ بِآيَةٍ مِنْ رَبِّكَ وَالسَّلامُ عَلَى مَنِ اتَّبَعَ الْهُدَى (٤٧)

Maka pergilah kamu berdua kepadanya (Fir’aun) dan katakanlah, “Sungguh, kami berdua adalah utusan Tuhanmu, maka lepaskanlah Bani Israil bersama Kami dan janganlah engkau menyiksa mereka. Sungguh, kami datang kepadamu dengan membawa bukti (atas kerasulan kami) dari Tuhanmu. Dan keselamatan itu dilimpahkan kepada orang yang mengikuti petunjuk. (Q.S. Thaahaa : 47)

.

Tafsir Ibnu Abbas

Fa’tiyāhu (maka datangilah dia oleh kalian), yakni datangilah Fir‘aun.

Fa qūlā innā rasūlā rabbika (lalu katakanlah, “Sesungguhnya kami berdua utusan Rabb-mu) kepada kamu.

Fa arsil ma‘anā banī isrā-īlā (karena itu lepaskanlah Bani Israil bersama kami), yakni biarkanlah kami pergi membawa Bani Israil ke negeri mereka.

Wa lā tu‘adzibhum (dan janganlah kamu menyiksa mereka), yakni janganlah memaksa mereka melakukan perkerjaan yang membuat mereka menderita, membunuh anak-anak lelaki mereka, dan memperbudak kaum perempuan mereka, karena mereka semua orang merdeka.

Qad ji’nāka bi āyatin (sungguh kami datang kepadamu membawa suatu ayat), yakni membawa suatu bukti.

Mir rabbik (dari Rabb-mu) berupa tangan (yang putih bersinar). Inilah mukjizat pertama yang Diperlihatkan Allah Ta‘ala kepada Fir‘aun.

Was salāmu ‘alā manittaba‘al hudā (dan keselamatanlah bagi siapa saja yang mengikuti petunjuk), yakni mengikuti tauhīdullāh.

.

Tafsir Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an

  1. Maka pergilah kamu berdua kepadanya (Fir’aun) dan katakanlah, “Sungguh, kami berdua adalah utusan Tuhanmu, maka lepaskanlah Bani Israil[19] bersama Kami[20] dan janganlah engkau menyiksa mereka[21]. Sungguh, kami datang kepadamu dengan membawa bukti (atas kerasulan kami) dari Tuhanmu. Dan keselamatan[22] itu dilimpahkan kepada orang yang mengikuti petunjuk.

[19] Yakni dari jeratanmu dan perbudakanmu wahai Fir’aun agar mereka dapat hidup merdeka dan berkuasa terhadap urusan mereka serta agar Musa dapat menegakkan syari’at Allah dan agama-Nya di tengah-tengah mereka.

[20] Pergi ke Syam.

[21] Bani Israil ketika berada di Mesir di bawah perbudakan Fir’aun. Mereka dipekerjakan untuk mendirikan Bangunan-bangunan yang besar dan kota-kota dengan kerja paksa. Maka Nabi Musa ‘alaihis salam meminta kepada Fir’aun agar mereka dibebaskan.

[22] Yakni dari azab di dunia dan akhirat.

.

Tafsir Jalalain

  1. (Maka datanglah kamu berdua kepadanya dan katakanlah, ” Sesungguhnya kami berdua adalah utusan Rabbmu, maka lepaskanlah Bani Israel bersama kami) untuk berangkat ke negeri Syam (dan janganlah kamu menyiksa mereka) lepaskanlah mereka dari perbudakanmu yang telah kamu pekerjakan dengan kerja-kerja yang berat seperti menggali, membangun bangunan dan mengangkat barang-barang yang berat. (Sesungguhnya kami telah datang kepadamu dengan membawa bukti) yakni hujah (dari Rabbmu) yang membenarkan kerasulan kami. (Dan keselamatan itu dilimpahkan kepada orang yang mengikuti petunjuk) keselamatan dari azab bagi orang yang mengikutinya.

.

Tafsir Ibnu Katsir

Maka datanglah kamu berdua kepadanya (Fir’aun) dan katakanlah, “Sesungguhnya kami berdua adalah utusan Tuhanmu.” (Thaha: 47)

Dalam hadis yang menceritakan tentang fitnah-fitnah yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas telah disebutkan bahwa Musa dan Harun tinggal beberapa lama di depan pintu istana Fir’aun tanpa diberi izin untuk masuk, sesudah itu keduanya diperbolehkan masuk setelah melewati berbagai macam rintangan yang keras.

Muhammad ibnu Ishaq ibnu Yasar mengatakan bahwa Musa dan saudaranya Harun berangkat menemui Fir’aun, lalu keduanya berhenti di depan pintu istana Fir’aun untuk meminta izin agar keduanya di¬perbolehkan masuk menemuinya. Keduanya mengatakan, “Sesungguhnya kami adalah utusan Tuhan semesta alam, maka izinkanlah kami masuk untuk menemui Fir’aun.”

Menurut berita yang sampai kepadaku, keduanya tinggal selama dua tahun pulang dan pergi ke pintu istana tanpa diberi izin untuk masuk. Tiada seorang pun dari kalangan penjaga pintu istananya yang berani melapor kepada Fir’aun tentang kedatangan keduanya.

Sehingga akhirnya masuklah menemui Fir’aun seorang pelawak yang selalu menghiburnya dan membuatnya tertawa, lalu pelawak itu berkata kepadanya, “Wahai Raja, sesungguhnya di depan pintu istanamu terdapat seorang lelaki yang mengatakan kalimat-kalimat yang menakjubkan. Dia menduga bahwa dirinya mempunyai Tuhan selain engkau yang menyuruhnya untuk menghadap kepadamu.” Fir’aun berkata, meminta ketegasan, “Apakah benar ia telah berada di depan pintu istanaku?” Si pelawak menjawab, “Ya (tadi saya melihatnya ketika masuk).” Maka Fir’aun berkata memberikan perintah, “Izinkanlah dia masuk.”

Maka masuklah Musa bersama Harun ke dalam istana. Musa saat itu memegang tongkatnya. Setelah keduanya berdiri di hadapan Fir’aun, Musa berkata membuka pembicaraan, “Sesungguhnya aku adalah utusan Tuhan semesta alam,” maka Fir’aun mengenalinya.

As-Saddi menceritakan bahwa ketika Musa tiba di negeri Mesir, terlebih dahulu ia bertamu ke rumah ibunya dan saudaranya, sedangkan keduanya tidak mengenalinya. Hidangan makan keduanya pada malam itu adalah makanan taf’i, kemudian keduanya mengenalinya, lalu menyalaminya. Musa berkata kepada saudaranya, “Hai Harun, sesungguhnya Tuhanku telah memerintahkan kepadaku agar mendatangi Fir’aun ini, lalu menyerunya untuk menyembah Allah, dan Allah memerintahkan kepadaku agar kamu membantuku.”

Harun menjawab, “Kerjakanlah apa yang telah diperintahkan oleh Tuhanmu.” Maka keduanya berangkat, saat itu hari telah malam, lalu Musa mengetuk pintu istana Fir’aun dengan tongkatnya, dan Fir’aun mendengarnya (karena suaranya sangat keras). Fir’aun sangat marah, lalu berkata, “Siapakah orang yang berani melakukan perbuatan yang kurang ajar ini terhadap diriku?” Maka para penjaga pintu istana melaporkan bahwa di depan pintu terdapat seorang lelaki yang gila, mengatakan bahwa dirinya adalah utusan Allah. Maka Fir’aun memerintahkan agar Musa dibawa menghadap kepadanya. Setelah Musa berada di hadapan Fir’aun, maka Musa dan saudaranya (Harun) mengatakan kepada Fir’aun hal-hal yang telah disebutkan oleh Allah di dalam Kitab-Nya.

Firman Allah Swt.:

Sesungguhnya kami telah datang kepadamu dengan membawa bukti (atas kerasulan kami) dari Tuhanmu. (Thaha : 47)

Yakni bukti dan mukjizat dari Tuhanmu yang membenarkan kerasulan kami.

Dan keselamatan itu dilimpahkan kepada orang yang mengikuti petunjuk. (Thaha: 47)

Maksudnya, keselamatan semoga dilimpahkan kepadamu jika kamu mengikuti petunjuk. Karena itulah ketika Rasulullah ﷺ berkirim surat kepada Heraklius (Kaisar Romawi), di permulaan suratnya beliau menyebutkan:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، مِنْ مُحَمَّدٍ رَسُولِ اللَّهِ إِلَى هِرَقْلَ عَظِيمِ الرُّومِ سَلَامٌ عَلَى مَنِ اتَّبَعَ الْهُدَى. أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أَدْعُوكَ بِدَعَايَةِ الْإِسْلَامِ فَأَسْلِمْ تَسْلَمْ يُؤْتِكَ اللَّهُ أَجْرَكَ مَرَّتَيْنِ

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dari Muhammad, utusan Allah, ditujukan kepada Heraklius (pembesar Romawi) “Kesejahteraan semoga terlimpahkan kepada orang yang mengikuti petunjuk. Amma Ba’du, sesungguhnya aku mengajakmu kepada seruan Islam, masuk Islamlah, niscaya engkau selamat. Allah pasti memberimu pahala dua kali lipat.”

Begitu pula ketika Musailamah berkirim surat kepada Rasulullah ﷺ yang teksnya berbunyi seperti berikut, “Dari Musailamah kepada Rasulullah, semoga keselamatan terlimpahkan kepadamu. Amma Ba’du, sesungguhnya aku menyaingimu dalam urusan ini. Maka bagimu adalah daerah perkotaan, sedangkan bagiku adalah daerah perkampungan (pedalaman), tetapi orang-orang Quraisy adalah kaum yang melampaui batas.” Maka Rasulullah ﷺ menjawab suratnya yang isinya seperti berikut:

مِنْ مُحَمَّدٍ رَسُولِ اللَّهِ إِلَى مُسَيْلِمَةَ الْكَذَّابِ، سَلَامٌ عَلَى مَنِ اتَّبَعَ الْهُدَى، أَمَّا بَعْدُ، فَإِنَّ الْأَرْضَ لِلَّهِ يُورِثُهَا مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِينَ

Dari Muhammad, utusan Allah, ditujukan kepada Musailamah Al-Kazzab, semoga kesejahteraan terlimpahkan kepada orang-orang yang mengikuti petunjuk. Amma Ba’du, sesungguhnya bumi itu adalah milik Allah, Dia mewariskannya (memberikannya) kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya, dan akibat yang terpuji itu hanyalah bagi orang-orang yang bertakwa.

Hanya Allah Yang Maha mengetahui dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

.

«««« juz 15 ««««      «««« juz 16 ««««      «««« juz 17 ««««