Menyusun Teks Ulasan

0
293

Sobat, Pada pembelajaran sebelumnya, kita telah mengamati beberapa model teks ulasan dari Buku Teks. Dan untuk  materi berikut, semoga kita dapat menyusun teks ulasan dengan langkah-langkah yang benar.

.

A.  Tinjauan

Dalam dunia yang diiringi dengan pesatnya perkembangan digital sekarang ini, teks ulasan atau resensi menjadi hal yang sangat penting. Teks ulasan dapat dijadikan sebagai bahan petimbangan dalam mengambil keputusan. Teks ulasan ini sangat dibutuhkan oleh kita, dan banyak dicari oleh orang lain.

Sebelum memutuskan menonton film atau pertunjukkan, membeli/menjual buku atau suatu produk,  menawarkan jasa atau membutuhkan jasa, seringkali orang melakukan pencarian lewat mesin pencarian.

Misalnya; ketika kita membutuhkan komputer, maka sebelum memutuskan untuk membelinya, tentu timbul pertanyaan-pertanyaan berikut: di mana pusat penjualannya? Merk, spesifikasi dan model apa yang cocok? Apa kelemahan dan kelebihan produk tersebut? berapa harganya? dan lain-lain.

Atau suatu hari, ketika teman-teman di sekitar kita tidak dapat memberikan informasi yang lengkap tentang suatu hotel, maka dengan meningkatnya penggunaan aplikasi, kita dapat membaca ulasan online dari penyedia hotel tersebut atau ulasan positif lainnya dari konsumen, sehingga menjadi referensi sebelum memutuskan memesan kamar hotel tersebut.

Atau ketika kita memiliki suatu produk atau suatu karya cipta dan ingin memasarkan produk tersebut, tentu ulasan sangat diperlukan agar orang mengenal dan tertarik untuk membeli produk kita.

Teks ulasan dapat mempengaruhi keputusan seseorang dan dapat menjadi sarana promosi. Selain itu teks ulasan juga dapat menjadi sarana pengembangan kreativitas. Semakin banyak ulasan yang diperoleh, maka semakin banyak masukan yang bisa dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Dengan memperhatikan pemaparan tersebut dan dalam ragka memberikan manfaat bagi orang lain dalam memperoleh informasi atau gambaran-gambaran tentang objek yang diulas, berlatih menyusun teks ulasan menjadi hal yang mutlak kita kuasai. Dan perlu dipahami bahwa penyusunan teks ulasan selalu ditujukan untuk kepentingan orang lain yang tentunya disampaikan kepada khayalak.

Untuk itu kita perlu menguasai langkah-langkah yang harus dilakukan ketika akan menyusun teks ulasan, langkah-langkah tersebut adalah:

  1. Mencatat identitas buku atau karya yang akan diulas, yang meliputi judul, penulis, nama penerbit, tahun terbit, termasuk ketebalan. Kalau perlu termasuk harga buku.
  2. Mencatat hal-hal menarik/penting dari isi buku.
  3. Menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku.
  4. Merumuskan kesimpulan tentang isi dan kesan-kesan buku itu secara keseluruhan.
  5. Membuat saran-saran untuk pembaca.

Ulasan atau tinjauan tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena akan berpengaruh terhadap respon masyarakat. Dalam menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan harus memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan. Atau dengan kata lain harus memperhatikan kelengkapan unsur-unsur teks ulasan, kejelasan dalam pembahasan, kebenaran isi tanggapan, penggunaan bahasa, dan daya tarik penyajian.

.

B.  Latihan Menyusun Teks Ulasan

  1. Silahkan baca sebuah buku, baik itu buku sastra maupun buku ilmiah populer!
  2. Catatlah identitas buku dan hal-hal lainnya seperti,
Judul buku ….
Penulis ….
Penerbit ….
Tahun terbit ….
Jumlah halaman ….
Informasi penting ….
Kelebihan dan kelemahan
a. Kelebihan ….
b. Kelemahan ….
Simpulan ….
Saran-saran ….
  1. Mintalah saran dari teman-temanmu tentang ketepatan, kelengkapan, dan kejelasan catatan-catatanmu itu!
  2. Bacalah referensi-referensi lainnya di perpustakaan sekolah terkait dengan kepentingan penulisan teks ulasan!
  3. Tuangkan catatan-catatan tersebut ke dalam teks ulasan lengkap!

Berdasarkan catatan-catatan itulah, kita dapat menyusun teks ulasan secara lebih lengkap. Catatan-catatan itu dapat dikembangkan dan dijelaskan kembali dengan memperhatikan struktur teks ulasan yang telah dipahami sebelumnya. Perhatikan pula kaidah kebahasaannya, seperti dalam hal penggunaan konjungsi penyebaban dan temporal, kata-kata penerang, dan pernyataan-pernyataan yang bernada saran.

Tabel di bawah ini, merupakan struktur teks ulasan.

Struktur Teks

Ulasan Penjelasan

a. Identitas buku
b. Orientasi
c. Sinopsis
d. Analisis
e. Evaluasi
  1. Setelah itu, mintalah penilaian/tanggapan dari teman-temanmu dengan menggunakan format berikut!

Aspek

Nilai (1-4)

Tanggapan/Penjelasan

Kelengkapan unsur-unsur teks ulasan
Kejelasan dalam pembahasan
Kebenaran isi tanggapan
Penggunaan bahasa
Daya tarik penyajian
  1. Postinglah hasil karyamu ke websitemu. Atau kirimlah ke media lainnya.

.

C.  Catatan:

  • Hasil pengisian rubrik teks ulasan lengkap dan komentar atau bahkan penilaian atas teks yang dibuat temannya tersebut dapat dimanfaatkan guru di dalam menilai proses kinerja siswa.
  • Guru memberikan penilaian secara komprehensif atas kinerja siswa, baik dalam ranah afektif, kognitif, maupun psikomotor siswa.
  • Penilaian afektif berkenaan dengan kreativitas, kejujuran, dan tanggung jawab siswa dalam menulis teks ulasan.

Demikianlah, semoga ada manfaatnya.

Sumber: Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII Edisi Revisi 2017.

.

Penelusuran yang Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here