Penciptaan Manusia

Tafsir Al-Qur’an: Surah Az-Zumar ayat 6

0
140

Tafsir Al-Qur’an: Surah Az-Zumar ayat 6. Dalil terhadap keesaan Allah Subhaanahu wa Ta’aala dalam penciptaan manusia. Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَأَنْزَلَ لَكُمْ مِنَ الأنْعَامِ ثَمَانِيَةَ أَزْوَاجٍ يَخْلُقُكُمْ فِي بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ خَلْقًا مِنْ بَعْدِ خَلْقٍ فِي ظُلُمَاتٍ ثَلاثٍ ذَلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ فَأَنَّى تُصْرَفُونَ (٦)

Dia menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam) kemudian darinya Dia jadikan pasangannya dan Dia menurunkan delapan pasang hewan ternak untukmu. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang memiliki kerajaan. Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Dia; maka mengapa kamu dapat dipalingkan? (Q.S. Az-Zumar : 6)

.

Tafsir Ibnu Abbas

Khalaqakum min nafsiw wāhidatin (Dia menciptakan kalian dari diri yang satu), yakni dari diri Adam a.s. saja.

Tsumma ja‘ala minhā (kemudian Dia menjadikan darinya), yakni dari diri Adam a.s. itu.

Zaujahā (istrinya), Hawa, yang Dia ciptakan dari salah satu tulang rusuk Adam a.s. yang sebelah kiri.

Wa aηzala (dan Dia menurunkan), yakni Dia menciptakan.

Lakum minal an‘āmi tsamāniyata azwāj (untuk kalian delapan ekor yang berpasangan dari hewan-hewan ternak), yakni jantan dan betina. Sepasang domba jantan dan betina; sepasang kambing jantan dan betina; sepasang unta jantan dan betina; dan sepasang sapi jantan dan betina.

Yakhluqukum fī buthūni ummahātikum khalqam mim ba‘di khalqin (Dia menciptakan kalian dalam perut ibu-ibu kalian kejadian demi kejadian), yakni keadaan demi keadaan: nutfah, segumpal darah, segumpal daging, dan tulang.

Fī zhulumātiη tsalāts (dalam tiga kegelapan), yaitu kegelapan perut, kegelapan rahim, dan kegelapan plasenta.

Dzālikumullāhu rabbukum (itulah Allah, Rabb kalian) yang melakukan semua itu.

Lahul mulk (Kepunyaan-Nya-lah kerajaan) yang langgeng, yang tidak akan pernah lenyap.

Lā ilāha illā huwa (tidak ada tuhan melainkan Dia), tidak ada pencipta dan pemberi bentuk melainkan Dia.

Fa annā tushrafūn (maka bagaimanakah kalian bisa dipalingkan) dengan kebohongan. Bagaimana kalian bisa membuat kebohongan terhadap Allah Ta‘ala, lalu kalian menjadikan sekutu bagi-Nya.

.

Tafsir Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an

  1. [24]Dia menciptakan kamu[25] dari diri yang satu (Adam) kemudian darinya Dia jadikan pasangannya[26] dan Dia menurunkan delapan pasang hewan ternak[27] untukmu. [28]Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian[29] dalam tiga kegelapan[30]. Yang (berbuat) demikian itu[31] adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang memiliki kerajaan. [32]Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Dia; maka mengapa kamu dapat dipalingkan[33]?

[24] Termasuk keperkasaan-Nya pula.

[25] Wahai semua manusia.

[26] Yaitu Hawa dari tulang rusuk Adam, agar Beliau (Adam) merasa tenteram dan tenang dengannya, dan kenikmatan pun menjadi sempurna dengannya.

[27] Yaitu unta, sapi, kambing dan domba, masing-masing ada jantan dan ada betina. Disebutkan hewan ternak secara khusus padahal Dia telah menurunkan berbagai maslahat untuk hamba-hamba-Nya baik berupa hewan maupun lainnya karena banyak manfaat hewan ternak itu, meratanya maslahatnya, dan karena keutamaannya. Di samping itu, hewan ternak itu (unta, sapi dan kambing) dikhususkan dengan hal-hal tertentu, seperti untuk kurban, hadyu, aqiqah, terkena zakat, dan dalam hal diat (denda).

[28] Setelah Dia menyebutkan tentang penciptaan nenek moyang kita (Adam dan Hawa), maka Dia menyebutkan awal penciptaan kita.

[29] Yaitu dari mani menjadi segumpal darah, lalu menjadi segumpal daging. Ketika itu tidak ada tangan manusia yang menyentuh dan tidak ada mata mereka yang melihat, Dia yang mengurus kamu di tempat yang sempit itu.

[30] Tiga kegelapan itu ialah kegelapan dalam perut, kegelapan dalam rahim, dan kegelapan dalam selaput yang menutup anak dalam rahim.

[31] Yakni yang telah menciptakan langit dan bumi, dan telah menundukkan matahari dan bulan, demikian pula telah menciptakan kamu dan menciptakan hewan ternak serta berbagai kenikmatan untukmu.

[32] Oleh karena tidak ada sekutu dalam rububiyyah-Nya (Dia sendiri yang mengatur alam semesta), maka tidak ada sekutu pula dalam uluhiyyah-Nya (Dia saja yang berhak diibadahi).

[33] Dari beribadah hanya kepada-Nya menuju beribadah kepada selain-Nya.

.

Tafsir Jalalain

  1. (Dia menciptakan kalian dari seorang diri) yaitu dari Nabi Adam (kemudian Dia jadikan daripadanya istrinya) yaitu Siti Hawa (dan Dia menurunkan untuk kalian binatang ternak) yakni unta, sapi, kambing, domba dan biri-biri (sebanyak delapan ekor yang berpasang-pasangan) yakni dari setiap jenis sepasang, yaitu jantan dan betina sebagaimana yang telah dijelaskan dalam surah Al-An’am (Dia menjadikan kalian dalam perut ibu kalian kejadian demi kejadian) yaitu mulai dari air mani, kemudian menjadi segumpal darah, lalu menjadi segumpal daging (dalam tiga kegelapan) yaitu gelapnya perut, gelapnya rahim dan gelapnya selaput pelindung bayi. (Yang berbuat demikian itu adalah Allah, Rabb kalian, Rabb Yang mempunyai kerajaan; tidak ada Tuhan selain Dia, maka bagaimanakah kalian dapat dipalingkan?) dari menyembah kepada-Nya, kemudian kalian menyembah yang lain-Nya.

.

Tafsir Ibnu Katsir

Firman Allah Swt.:

Dia menciptakan kalian dari seorang diri. (Az-Zumar: 6)

Yaitu menciptakan kalian dengan berbagai macam jenis, bahasa, warna kulit kalian dari seorang diri, yaitu Adam a.s.

kemudian Dia jadikan darinya istrinya. (Az-Zumar: 6)

Yakni Siti Hawa a.s. Semakna dengan apa yang disebutkan dalam ayat lain melalui firman-Nya:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالا كَثِيرًا وَنِسَاءً

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan dari padanya Allah menciptakan istrinya; dan dari keduanya Allah memperkembang-biakan laki-laki dan perempuan yang banyak. (An-Nisa: 1)

Adapun firman Allah Swt.:

dan Dia menurunkan untuk kalian delapan ekor yang berpasang-pasangan dari binatang ternak. (Az-Zumar: 6)

Maksudnya, Dia telah menciptakan bagi kalian dari binatang ternak delapan ekor yang berpasang-pasangan, seperti yang disebutkan di dalam surat Al-An’am dengan istilah samaniyata azwaj, yaitu sepasang dari domba, sepasang dari kambing, sepasang dari unta, dan sepasang lagi dari sapi.

Firman Allah Swt.:

Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu. (Az-Zumar: 6)

Yakni menetapkan kejadianmu dalam perut ibumu.

kejadian demi kejadian. (Az-Zumar: 6)

Kejadian seseorang dari kalian pada mulanya berbentuk nutfah, kemudian beralih bentuk menjadi ‘alaqah, lalu menjadi segumpal daging, kemudian memberi bentuk dalam rupa daging, tulang, dan otot-otot serta urat-urat, lalu ditiupkan roh ke dalam tubuhnya sehingga jadilah ia makhluk yang berbentuk lain.

فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta yang paling baik, (Al-Mu-minun: 14)

Firman Allah Swt.:

dalam tiga kegelapan. (Az-Zumar: 6)

Yaitu kegelapan rahim, kegelapan pelapis ari-ari yang menjaga bayi, dan kegelapan perut ibu. Demikianlah menurut apa yang dikatakan oleh Ibnu Abbas r.a. Mujahid, Ikrimah, Abu Malik, Ad-Dahhak, Qatadah, As-Saddi, dan Ibnu Zaid.

Firman Allah Swt.:

Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah Tuhan kamu. (Az-Zumar: 6)

Yakni Yang menciptakan langit, bumi, dan segala sesuatu yang ada di antara keduanya, dan yang menciptakan kalian dan bapak moyang kalian adalah Allah, Tuhan Yang memiliki dan Yang mengatur kesemuanya itu.

Tidak ada Tuhan (yang wajib disembah) selain Dia. (Az-Zumar: 6)

Artinya, ibadah itu hanyalah ditujukan kepada-Nya semata, tiada sekutu bagi-Nya.

maka bagaimanakah kamu dapat dipalingkan (Az-Zumar: 6)

Yakni mengapa kalian menyembah selain-Nya di samping menyembah Dia? Lalu kalian ke manakan akal sehat kalian?

Wallahu a’lam dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

.

««««« juz 22 ««««      «««« juz 23 ««««      «««« juz 24 «««««